ABSTRAKTesis ini membahas bagaimana pengaruh logo Aku Cinta Indonesia dalam kategori
produk high-tech dan low-tech produksi lokal dengan perbandingan kondisi ACI, non-
ACI dan Foreign. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kategori produk high-tech, ACI
memberikan pengaruh positif yang signifikan pada sikap terhadap produk sedangkan
pada intensi pembelian pengaruh tersebut tidak selalu siginifikan. Faktor lain yang
mempengaruhi intensi pembelian pada kategori high-techi adalah pengetahuan konsumen
mengenai produk lokal. Pada kategori produk low-tech, ACI tidak memberikan pengaruh
yang signifikan, tetapi tetap menunjukkan adanya sikap terhdap produk yang lebih baik.
Faktor lain yang mempengaruhi intensi pembelian pada kategori high-tech adalah
pengalaman konsumen dalam menggunakan produk lokal.
ABSTRACTThis thesis discusses how the influence of the logo I Love Indonesia in the category of
high-tech and low-tech local production to compare the ACI, non-ACI and Foreign. The
study was a 2x3 factorial experimental design. The results of this study showed that the
category of high-tech products, ACI provides a significant positive effect on attitudes
toward the product, while the effect of purchase intentions are not always significant.
Another factor affecting the purchase intention in the category of high-techi is consumer
knowledge about the local products. In the category of low-tech products, ACI does not
have a significant influence, but still shows the attitude terhdap better product. Another
factor affecting the purchase intention in the category of high-tech is the consumer
experience in using local produce.