UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh manfaat hubungan relasional dan kepuasan informasi terhadap komitmen situs : penelitian pada airasia.com

Ahmad Reza Hidayat; Ignasius Heruwasto, supervisor; Sofjan Assauri, examiner; Ignatius Heruwasto, examiner; Tengku Ezni Balqiah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Studi ini menginvestigasi penentu potensial dari komitmen pengunjung situs belanja online. Sccara khusus, penelitian ini ingin menguji hubungan antara ma.n&at relasional dengan komitmen pengunjung situs. Hubungan antara kepuasan informasi dengan kominmen pengunjung dan hubungan antara manfaat relasional dengan kepuasan informasi diuji dalam studi ini. Penelitian ini juga menginvestigasi faktor-ihktor penting dari manfaat relasional.
Data berasal dari survei 100 pengunjung Airasia.com baik secara online maupun secara offline. Data yang terkumpul dan dianalisis dengan analisis faktor dan analisis regresi. Melalui analisis regresi, komitmen pengunjung didukung oleh manfaat relasional dan kepuasan informasi. Hasil penelitian juga menunjukkan dampak positif dari informasi produk, infoxmasi jasa, dan persepsi keamanan terhadap manfaat relasional.
Temuan ini memiliki implikasi bahwa lconsep pemasaran relasional dapat diaplikasikfm dalam pemasaran digital. Implikasi dari smdi ini adalah pengurangan biaya pencarian sebagai refleksi maniizat reiasional menjadi hktor kmmci terhadap komitrnen konsumen. Temuan dari penelitian ini memberikau masukan bahwa inforrnasi produkéasa, kualitas intermse pengguna, dan pelsepsi keamanan sebagai hal yang penting dalam membangun situs.

Study investigates the potential determinants of consumers commitment to online shopping. Specyically, this research seeks to examine the relationshqn between relational benefit and consumers commitmen. Ute relationship between injzrmation satts_t2tction with consumer is commitment and relarionshnis between relational benefit with information satisfaction are examined in this study. This research also investigate important factors of rehtional benefit.
Data Results #om survey with 100 Airasiacom consumers by online and Qi7line. The collected data was analyzed using _itctor analysis and regression analysis. By regression analysis, consumers commitment is suported by relational benefit and inkarmation staisjézction. Results also show a positive tnqmact of product tnjbrmatton, service information, and security perception toward relational benqin.
The findings imply the relationship marketing concept can be applied in digital marketing. Implioation in this study supports reducing searching cost as rejlectton of relational benefit become key factor of consumer Lv commitment. The findings also impbt importance of product/service information, user bttedzce and security perception in building web site

 File Digital: 1

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Open
No. Panggil : T32106
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 77 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32106 15-19-761917802 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332827
Cover