ABSTRAKTesis ini membahas hubungan efektivitas iklan dengan ekuitas merek, studi kasus
pada iklan televisi produk Axe. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain eksplanatif, responden mahasiswa komunikasi Universitas Indonesia
berjenis kelamin pria yang berusia 17-30 tahun, berjumlah 131 orang. Metode
analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural
Equation Modelling (SEM) untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi iklan yang paling dominan dalam
menjelaskan efektivitas iklan adalah dimensi persuasi, dimensi ekuitas merek
yang paling dominan dalam membentuk ekuitas merek adalah dimensi persepsi
kualitas dan ada hubungan yang signifikan yang positif antara efektivitas iklan
dengan ekuitas merek.
ABSTRACTThis thesis disscusses about relationship between advertising effectiveness and
brand equity. This research use quantitative explanatory design, respondent are
communication college student of University Indonesia with man gender, 17-30
years, total respondent 131 person. Data analysis method are descriptive statistical
analysis and Structural Equation Modelling (SEM) to prove hypothesizing in
this research. Result from research are: persuation is dominant dimension that
forms advertising effectiveness, perceived quality is dominant dimension that
forms brand equity and there is relationship which significant positive between
advertising effectiveness and brand equity.