ABSTRAKPenelitian ini menjelaskan pengaruh pioneer status, customer value dan brand
image terhadap brand attitude yang terjadi pada merek minyak angin aromatherapy
Freshcare dan Safecare. Penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan desain
eksplanatif. Penelitian ini dilakukan dengan survey kepada 124 pengguna minyak
angin aromatherapy sebagai data kuantitatif dan wawancara kepada 16 pengguna
minyak angin aromatherapy sebagai data kualitaif tambahan. Hasil penelitian ini
menunjukan terdapat pengaruh antara customer value dan brand image terhadap
brand attitude pada kedua merek Freshcare dan Safecare. Bagi pihak Freshcare yang
paling mempengaruhi brand attitude adalah Customer value dan bagi pihak Safecare
yang paling mempengaruhi brand attitude adalah brand image.
ABSTRACTThe focus of this study is to explain the influence of pioneer status, customer
value and brand image towards brand attitude that occur on aromatherapy medicated
oil Freshcare and Safecare. This research is mixed method with explanatory design.
The data is collect by survey to 124 users of aromatherapy medicated oil as
quantitative data and interview to 16 users of aromatherapy medicated oil as
qualitative data addition. The results shows there is influence between customer
value, and brand image against brand attitude on both brand. In Freshcare side,
cutomer value is the most influencing variable toward brand attitude and in Safecare
side, brand image is the most influencing variable toward brand attitude.