ABSTRAKBerkembangnya gaya hidup vegetarian secara global termasuk di
Indonesia membuka peluang bagi munculnya restoran-restoran baru yang khusus
menawarkan menu vegan ataupun vegetarian. Namun, seperti usaha kecil dan
menengah umumnya, restoran seperti ini belum memiliki perencanaan bisnis yang
matang. Dalam industri jasa, pemasaran adalah aspek yang sangat penting dan hal
inipun belum menjadi perhatian mereka. Tesis ini berusaha memecahkan
permasalahan tersebut dengan mengambil studi kasus Loving Hut Express Binus
(LHEB), sebuah restoran vegetarian berkapasitas menengah yang terletak di area
Universitas Bina Nusantara. Metodologi penelitian yang dipakai berdasarkan
perencanaan pemasaran strategis yang dikemukakan oleh Malcolm McDonald.
Proses perencanaan dimulai dari penentuan tujuan perusahaan sampai penyusunan
taktik pemasaran termasuk audit pemasaran. Hasil dari perencanaan ini adalah
rencana pemasaran LHEB dan berdasarkan audit pemasaran, kelima elemen
Porter’s 5 Forces, kecuali kekuatan penyuplai, memiliki pengaruh yang kuat.
Turut ditemukan bahwa harga dan kualitas pelayanan merupakan kunci
kesuksesan utama.
ABSTRACTThe thriving of vegetarian lifestyle globally including Indonesia has
opened the opportunity of the emerging of new restaurants that specialize in
vegetarian or vegan menu. However, similar to other typical small medium
enterprises, usually this kind of establishments have not had a reliable business
plan. Marketing, which has a very important role in service industry, has not also
been their main concern. This thesis tries to provide solution to that matter by
taking a case study of Loving Hut Express Binus (LHEB), a medium-sized
vegetarian restaurant which located in Bina Nusantara University area. The
methodology is based on Malcolm McDonald’s strategic marketing planning for
services. The planning process starts from corporate objectives determination until
marketing tactics development and also includes marketing audit. The result of
this planning process is a marketing plan of LHEB while the marketing audit
shows that all 5 forces elements, except supplier power, are strong. It is also found
out that price and service quality are key success factors.