ABSTRAKBisnis perhotelan saat ini menjadi bisnis yang sangat maju dalam mendukung pariwisata, dapat terlihat dari persaingan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana pemasaran dan strategi pemasaran untuk Alila Villa Uluwatu dalam mendukung ecotourism di Bali. Proses perencanaan pemasaran untuk industri service terdiri atas penentuan tujuan, kajian kondisi yang ada, membangun strategi, dan implementasi. Dalam melakukan pemasaran untuk produk ecotourism seperti hotel dan resort, strategi diciptakan untuk memberikan kenyamanan melalui pengalaman yang dinikmati konsumen. Analisis terhadap kompetitor dan konsumen dilakukan untuk menentukan positioning. Usulan segmentasi, target dan positioning villa menjadi dasar dikembangkannya strategi marketing. Strategi marketing tersebut diaplikasikan melalui bauran pemasaran.
ABSTRACTHospitality business today become one of the fastest growing business to support tourism, hence it is viewed by the competition. The objective of this research is to develop marketing plan and marketing strategy for Alila Villas Uluwatu to support ecotourism in Bali. The marketing planning process for service industry consist of goal setting, situation review, strategy formulation, and implementation. In marketing ecotourism products such as resort and hotel, marketing strategy is designed to deliver the feeling of enjoying way of living through experiences. Analysis of competitors and customers are conducted to define positioning. The propose segmenting, targeting, and positioning of the villa become a basis to establish marketing strategy. The marketing strategy applied through the marketing mix.