ABSTRAK Tesis ini menganalisis pengaruh sensualitas iklan, asal model dalam iklan
khususnya model yang berasal dari negara Indonesia, Amerika dan Korea Selatan
serta tingkat etnosentrisme pada konsumen, selanjutnya akan dilihat pengaruhnya
pada sikap konsumen terhadap iklan (attitude toward the ad), sikap konsumen
terhadap merk (attitude toward the brand) serta niat pembelian (purchase
intention) dari konsumen. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan merupakan riset
konklusif yang bersifat kausal dimana bertujuan untuk menguji hipotesis dan
khususnya untuk memeriksa hubungan antara variabel-variabel dependen dan
independen yang diuji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat
pengaruh yang signifikan antara penggunaan sensualitas iklan, asal model dalam
iklan dengan tingkat etnosentrisme konsumen pada attitude toward the ad,
attitude toward the brand baik pada iklan yang menggunakan model dari
Indonesia, Amerika maupun Korea Selatan. Namun pada purchase intention,
terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan sensualitas iklan, asal model
dalam iklan dengan tingkat etnosentrisme konsumen.
ABSTRACT This thesis analyzes the influence of sex in advertising, model’s country of origin
especially the origin of the model in the ad derived from Indonesia, the United
States and Korea as well as the level of consumer’s ethnocentrism, on consumer
attitudes toward the ad, attitude toward the brand and purchase intention. This
study used quantitative methods and was a conclusive research with causal type,
which its objective was to test the hypothesis and especially to verify the
relationship between its independent and dependent variables. The results of this
study indicate that there is no significant relationship between the use of sex in
advertising, model’s country of origin and consumer ethnocentrism on attitude
toward the ad, attitude toward the brand on the advertisement that use the model
from Indonesia, United States and South Korea. But in the purchase intention,
there is a significant influence in the use of sex in advertising, model’s country of
origin and consumer ethnocentrism