UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis green brand awareness starbucks studi persepsi green marketing = Starbucks green brand awareness analysis studies of green marketing perception

(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

[Green marketing is one of marketing sciences part which currently developing.
This study is a quantitative research that aims to measure the famous coffee
shop’s green brand awareness level in Indonesia, in order to understand the
green marketing from its consumer’s perspective. One of the reasons that
encourage the development of green marketing is, because of the demand from
the consumers to companies’ environmental responsibility. Those companies,
which implement this green marketing strategy are also known as green
company/green brand. By using brand awareness indicators that have been
developed with green marketing theory, this study tries to measure the Starbucks’
green brand awareness level in Indonesia. This study involve, 107 respondents
who are part of University of Indonesia students. These respondents are selected
with non-probability method by using purposive technique. The results of this
study showed that, the students’ green brand awareness level to research object,
is relatively low. From 11 indicators, six of which (indeed) have a high mean
values i.e. above 3,40. Meanwhile, five other indicators, have mean values that
fall into category of “moderate” (2,60 to 3,40). However, if we take a closer look
the results in detail, there are so many respondents who actually “hesitate” or
even “disagree” with the indicator which are referred to Starbucks as a green
brand., Green marketing merupakan salah satu bentuk ilmu pemasaran yang dewasa ini
sedang berkembang pesat. Penelitian skripsi ini adalah penelitian kuantitatif yang
bertujuan untuk mengukur tingkatan green brand awareness sebuah kedai kopi
ternama di Indonesia, guna memahami green marketing dari sudut pandang
konsumennya. Adapun alasan yang mendorong perkembangan green marketing
ini adalah, karena adanya permintaan (demand) dari konsumen kepada
perusahaan, atas pelestarian lingkungan hidup. Perusahaan yang menerapkan
strategi green marketing ini, disebut juga dengan green company/green brand.
Dengan menggunakan indikator-indikator brand awareness yang sudah
dikembangkan dengan teori green marketing, penelitian ini mencoba mengukur
tingkat green brand awareness Starbucks di Indonesia. Penelitian ini melibatkan
107 responden yang dibatasi pada mahasiswa Universitas Indonesia. Pemilihan
responden dipilih dengan metode non probabilita sampling dengan teknik
purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, green brand awareness
mahasiswa terhadap objek penelitian, terbilang rendah. Dari 11 indikator
penelitian, enam diantaranya memang memiliki nilai mean yang tinggi, yakni di
atas 3,40. Sementara itu, lima indikator lainnya, memiliki nilai mean yang
termasuk ke dalam kategori “cukup” (2,60-3,40). Kendati demikian, jika dilihat
lebih rinci berdasarkan persebaran jawabannya, banyak responden yang memilih
“ragu-ragu” atau bahkan “tidak setuju” terhadap indikator yang dimaksudkan
kepada Starbucks, sebagai “green brand”.]

 File Digital: 1

Shelf
 Yuliansyah Agung Pratama.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-Pdf
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 82 hlm. : ill. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20367462
Cover