ABSTRACTPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan individual keseluruhan terhadap sistem e-recruitment pada sebuah job board online, yang dalam hal ini adalah Jobstreet Indonesia. Untuk tidak menimbulkan kebingungan, istilah kepuasan (satisfaction), reaksi (reaction), maupun persepsi (perception) diklarifikasi memiliki makna yang sama di penelitian ini. Sylva dan Mol (2009) menggunakan ketiga istilah ini untuk mendeskripsikan konstruk yang sebenarnya sama, dengan demikian ketiga istilah itu dapat digunakan bergantian tanpa mengubah maksudnya. Responden adalah 101 orang yang pernah melamar pekerjaan yang dicantumkan di situs tersebut. Hasil menunjukkan bahwa keadilan yang dipersepsikan dan imej seleksi dengan internet mempengaruhi kepuasan individual keseluruhan. Selain itu, ditemukan juga bahwa terdapat perbedaan persepsi terkait ketersediaan informasi di antara mereka yang tidak pernah melamar dengan mereka yang pernah melamar pekerjaan melalui Jobstreet Indonesia setidaknya sekali sebelumnya. Hasil penelitian dibahas dan beberapa saran diberikan berdasarkan temuan-temuan tersebut.
ABSTRACTThis study aims to analyze factors influencing individual overall satisfaction regarding e-recruitment system in a job board online, which is Jobstreet Indonesia. To null confusion, it is clarified that satisfaction, reaction, and perception have same meaning in this study. Sylva and Mol (2009) used these terms to describe same construct, so those three terms can be used interchangably. The respondents were 101 of those ever applied job vacancies posted in the website. The results showed that fairness perception and internet selection image influences the individual overall satisfaction. Also, it was found that there is different perception regarding information provision between those who never applied and those ever applied to job vacancies through Jobstreet Indonesia for at least once before. The results is discussed further and advices are given based on the findings.