Tesis ini membahas hubungan faktor-faktor positioning surat kabar dengan
keputusan pembelian, studi pada surat kabar cetak dan online Kompas. Penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden mahasiswa
pascasarjana komunikasi Universitas Indonesia, berjumlah 170 orang. Metode
analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural
Equation Modeling (SEM) untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi yang paling dominan dalam menjelaskan
faktor-faktor positioning surat kabar cetak dan online adalah dimensi citra produk,
dimensi yang paling dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat
kabar cetak adalah dimensi kepastian membeli, sedangkan dimensi yang paling
dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat kabar online adalah
dimensi keinginan membeli, serta terdapat hubungan yang signifikan yang positif
antara faktor-faktor positioning dengan keputusan pembelian, baik pada surat
kabar cetak maupun online = This thesis disscusses about relationship between positioning factors and purchase
intention. This research use quantitative explanatory design, the respondents are
communication college student of University Indonesia, total respondents 170.
Data analysis method are descriptive statistical analysis and Structural Equation
Modeling (SEM) to prove hypothesizing in this research. Results from this
research are: product image is dominant dimension that forms positioning factors
for both printed and online newspapers, definitely would is dominant dimension
that forms purchase intention of printed newspaper, meanwhile likely is dominant
dimension that forms purchase intention of online newspaper, and there is
relationship which significant positive between positioning factors and purchase
intention for both printed and online newspaper