ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa atas pemetaan penelitian
konsep green marketing dari segi definisi, variabel penelitian, industri yang diangkat
menjadi kasus, metodologi, dan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 22 artikel
jurnal ilmiah terkait dengan konsep green marketing yang dilansir oleh pusat data
online Elsevier selama periode tahun 2013 hingga kini (semester 1 2014) dengan
menggunakan teknik traditional literatur review. Hasil dari penelitian ini adalah
industri perhotelan dan turisme sebagai sebuah industri yang dijadikan kasus
penelitian terbanyak dari seluruh jurnal yang dipetakan menunjukkan bahwa adanya
kaitan erat antara penggunaan konsep green marketing pada industri perhotelan dan
turisme. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel behaviour (baik konsumen
maupun pekerja) merupakan variabel yang paling sering diteliti pada konsep green
marketing. Disamping itu, penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan
konsep green marketing, konsumen rela untuk membayar sebuah produk (baik barang
maupun jasa) lebih mahal atau tidak mengambil insentif ekonomi dari transaksi
tersebut, selama mereka merasa diuntungkan secara sosial dan lingkungan.
ABSTRACTThis study aims to analyze the mapping the research of green marketing
concept from definition, research variable, the research cases, methods, and findings
that based on a traditional literature review on 22 scientific journal article from online
central data, Elsevier during the first semester of 2013 until recent (first semester of
2014). The findings of this study are the hospitality and tourism industry are the most
studied case in green marketing concept, it shows a huge connection between the
industries and green marketing concept. This study also found that the most used
variable is behavior (either from the customer and the employee) in this concept
research. On the side of that, this literature review also shows that with the
implementation of green marketing concept, the customer agree to pay higher amount
of money to pay a product (either goods or services) or not taking the economy
incentives from a transaction as long as they have the profit socially and for the
environment.