Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived job characteristics yang terdiri dari tiga dimensi (responsibility, knowledge of results, dan work meaningfulness) dan atribut organisasional terhadap intensi untuk melamar kerja pada PT Aneka Tambang (ANTAM). Penelitian ini melibatkan 111 sampel mahasiswa aktif S1 Teknik Metalurgi tingkat akhir pada enam perguruan tinggi dengan menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan secara simultan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menemukan bahwa responsibility berpengaruh positif terhadap intensi untuk melamar pekerjaan.
Sementara knowledge of result dan work meaningfulness tidak berpengaruh terhadap intensi untuk melamar pekerjaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu memberikan otonomi dalam pekerjaan untuk meningkatkan rasa tanggungjawab dalam bekerja. Selain itu, ditemukan bahwa organizational attractiveness memediasi penuh hubungan antara atribut organisasional dengan intensi untuk melamar pekerjaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu meningkatkan daya tariknya untuk menimbulkan keinginan pelamar untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut melalui informasi terkait atribut organisasional pada iklan rekrutmen.
This research aims to analyze the effect of perceived job characteristics which comprise of three dimensions (responsibility, knowledge of results, and work meaningfulness) and organizational attributes towards intention to apply at PT Aneka Tambang (ANTAM). This research involved 111 sample of final year Metallurgical Engineering students at six colleges using questionnaire. The data was tested simultaneously using Partial Least Squares (PLS) method. The result found that responsibility have positive effect on intention to apply. While knowledge of result and work meaningfulness did not affect intention to apply. This findings showed that employer should give more autonomy at work to increase sense of responsibility.
Beside, the result showed that organizational attractiveness fully mediated the relationship between organizational attributes and intention to apply. This findings showed that employer should enhance their attractiveness to force applicants? intention to apply using employment ads with information of organizational attributes