UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Informasi dan pengaruh normatif dalam E-WOM: Kerangka diagnosis adopsi dalam ulasan secara online. Studi kasus: AIRBNB = Informational and normative influences in E-WOM: a diagnosticity adoption on online reviews. Case study on Airbnb / Dewi Rachmawati

Dewi Rachmawati; Adrian Achyar, supervisor; Fandis Ekyawan, examiner; Milla Sepliana Setyowati; Maeyta Selli, promotor; Arga Hananto, examiner ([Publisher not identified] , 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Konsumen semakin menggunakan ulasan konsumen online untuk memahami kualitas produk. Dengan demikian penting bagi pemasar untuk memahami apa yang membuat ulasan konsumen online membantu konsumen dan bagaimana evaluasi ini mempengaruhi keputusan mereka. Teori dual-proses telah diadopsi dalam penelitian ini untuk menyelidiki prediktor informasi dan normatif informasi diagnostisitas dan hubungannya dengan adopsi informasi konsumen. Sampel penelitian ini adalah responden yang telah membaca ulasan konsumen online di Airbnb 3 (tiga) bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas informasi (information quality) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity), namun kualitas informasi (information quality) memiliki pengaruh signifikan terhadap kredibilitas sumber (source credibility). Sedangkan kredibilitas sumber (source credibility) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Namun, kuantitas informasi (information quantity) berpengaruh terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Peringkat keseluruhan produk (overall product ranking) tidak berpengaruh signifikan terhadap diagnostisitas informasi (information diagnosticity). Hasil penelitian juga menunjukan diagnostisitas informasi (information diagnosticity) berpengaruh terhadap adopsi informasi (information adoption).

ABSTRACT
Consumers are increasingly using online consumer reviews (OCRs) to learn about product quality. It is thus paramount for marketers to understand what makes OCRs helpful to consumers and how this evaluation affects their decisions. Dual-process theory has been adopted in this study to investigate the informational and normative predictors of information diagnosticity and its links with consumers' information adoption. Data for this research were collected from respondents who had read online consumer reviews on Airbnb in the last 3 (three) months. They were then analyzed using Structural Equation Modelling method. The result of this research shows that information quality does not have significant effect on information diagnosticity. However, information quality has possitive affect on source credibility. Meanwhile source credibility does not have significant effect on information diagnosticity. However information quantity has possitive affect on information diagnosticity. Furthermore, the result showed that information diagnosticity has possitive affect on information adoption

 File Digital: 1

Shelf
 S59002-dewi_rachmawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59002
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 110 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59002 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412548
Cover