UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ketidakpuasan terhadap tubuh dan komitmen religius pada perempuan muslim berhijab dan tidak berhijab = Body dissatisfaction and religious commitment among muslim female with and without hijab

Putri Miftahul Jannah; Winarini Wilman D. Mansoer, supervisor; Dewi Sawitri, examiner; Ivan Sujana, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Penelitian ini tentang ketidakpuasan terhadap tubuh dan komitmen religius pada perempuan Muslim berhijab dan tidak berhijab. Penelitian ini melibatkan 784 perempuan Muslim usia 12-40 tahun di Indonesia. Untuk mengukur ketidakpuasan terhadap tubuh dan komitmen religius peneliti menggunakan alat ukur Body Uneasiness Test A (BUT A) dan Religious Commitment Inventory 10 (RCI-10), dan Indeks Hijab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan berhijab memiliki skor ketidakpuasan terhadap tubuh yang lebih rendah dan skor komitmen religius yang lebih tinggi dibandingkan perempuan tidak berhijab. Sementara itu, perempuan Muslim usia remaja memiliki skor ketidakpuasan terhadap tubuh yang tinggi dibandingkan perempuan usia dewasa muda. Di sisi lain, tidak terdapat perbedaan komitmen religius yang signifikan pada perempuan Muslim usia remaja dan dewasa muda. Hasil lain menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara ketidakpuasan terhadap tubuh dan komitmen religius pada perempuan Muslim berhijab dan tidak berhijab.

This study examined body dissatisfaction and religious commitment among Muslim female with and without hijab. Participants were 784 Muslim female (age 12-40 years). Data were collected by using Uneasiness Test (BUT A), Religious Commitment Inventory 10 (RCI-10), and part of Hijab Index. Muslim female with hijab reported had lower body dissatisfaction and greater religious commitment than female without hijab. Adolescent Muslim females had higher body dissatisfaction than young adult Muslim females. However, there were no significant difference between adolescent and young adults in religious commitment. Body dissatisfaction negatively related to religious commitment among Muslim females with and without hijab. In general, female who had greater religious commitment showed lower body dissatisfaction.

 File Digital: 1

Shelf
 S59128-Putri Miftahul J.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S59128
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 47 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59128 14-21-950745085 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20412563
Cover