ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai percampuran pemaknaan leisure dalam bermain
Ragnarok Online oleh para pemainnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan menggunakan studi kasus tiga pemain Ragnarok Online yang ikut serta
dalam transaksi bisnis dalam Ragnarok Online. Penelitian meminjam teori leisure
class dan productive class Veblen, serta skema hubungan leisure dan bisnis
Parker dan Smith. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat irisan antara
leisure class dan productive class. Para pemain Ragnarok Online tersebut
memaknai game Ragnarok Online sebagai percampuran bisnis dan leisure dengan
skema hubungan antara keduanya yang unik dan berbeda-beda pada tiap
pemainnya.
ABSTRACTThis thesis discuss the mixing meaning of leisure on playing Ragnarok Online by
the players. This is a qualitative study using study case on three Ragnarok Online
players who participate in business transactions in Ragnarok Online. Research
borrow leisure class theory and Veblen?s productive class, as well as Parker and
Smith‟s relations between leisure and business scheme. Results of the study found
that there is a wedge between the leisure class and the productive class. The
players are to interpret the Ragnarok Online as a mixture of business and leisure
with the relationship between the mix of it‟s unique and different scheme for each
players.