ABSTRAKPenelitian skripsi ini menggunakan data sekunder berupa data nasabah dari
sepuluh bank, yaitu: Mandiri, Permata, BII, BNI, BRI, OCBC NISP, CIMB Niaga,
Danamon, BCA dan BTN. Penelitian dilakukan untuk mencari pesaing BNI
berdasarkan customer attachment (CA) dan berdasarkan kepuasan atas
pengalaman perbankan (kepuasan). Kedua hal tersebut merupakan hal yang perlu
diperhatikan oleh setiap bank untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah agar
nasabah tetap terus menggunakan bank terkait. Setelah itu, mengevaluasi BNI
yang ditinjau dari CA (terhadap bank – bank yang bersaing dalam hal CA), dan
kepuasan dalam menggunakan layanan ATM dan kantor cabang (terhadap bank –
bank yang bersaing dalam hal kepuasan). Analisis yang digunakan untuk
keperluan tersebut adalah analisis korespondensi dilanjutkan dengan uji Kruskal –
Wallis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kepuasan menggunakan ATM
dan kantor cabang dari nasabah Bank Permata berbeda signifikan dengan BNI dan
lebih baik dibandingkan dengan BNI. BNI perlu untuk meningkatkan pelayanan
terhadap kedua layanan tersebut karena kedua layanan itulah yang paling sering
digunakan oleh para nasabah. Setelah itu, faktor demografi yang berhubungan
signifikan antara nasabah BNI dan Bank Permata adalah usia dan pengeluaran
rutin per bulan dari nasabah. Maka kedua faktor tersebut perlu dipertimbangan
oleh BNI dalam melakukan evaluasi sebagai upaya perbaikan dan peningkatan
pelayanan kepada nasabahnya.
ABSTRACTThis research using secondary data that is customer data from ten banks, namely:
Mandiri, Permata, BII, BNI, BRI, OCBC NISP, CIMB Niaga, Danamon, BCA
and BTN. The study was conducted to find a competitor of BNI is based on the
customer attachment (CA) and based on the experience of banking satisfaction
(satisfaction). Both of these are things that need to be considered by each bank to
maintain a good relationship with the customers so that customers continue to use
the relevant bank. After that, the BNI evaluate in terms of CA (against the banks
that compete in CA), and satisfaction in using the services of ATMs and branches
(for banks that compete in terms of satisfaction). The analysis used for this
purpose is a correspondence analysis followed by Kruskal - Wallis. The results
obtained showed that the satisfaction of using an ATM and branch offices of Bank
Permata differ significantly from the BNI and better than the BNI. BNI need to
improve the service both of these services because both services that are most
frequently used by the customer. After that, the demographic factors that
associated significantly between BNI and Bank Permata customer's are age and
routine expenses per month from customers. So these two factors need to be
considered by the BNI serve targeted in an effort to evaluate the repair and
improvement services to its customers.