UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Efektifitas Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) dan latihan asertif terhadap perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah dengan pendekatan model Hubungan Interpesonal Peplau dan Stress Adaptasi Stuart = Effectivity of Terapi Kelompok Terapeutik (TKT) and assertiveness training at for school age development and assertiveness ability using Peplau's Interpersonal Relationship approach

Eka Malfasari; Mustikasari, supervisor; Ice Yulia Wardani, supervisor (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Tahap perkembangan anak usia sekolah jika tidak tercapai akan menimbulkan perilaku yang menyimpang. Karya ilmiah ini bertujuan melihat efektifitas terapi kelompok terapeutik (TKT) dan latihan asertif terhadap perkembangan dan kemampuan asertif anak usia sekolah dengan pendekatan model hubungan interpesonal Peplau di kota Bogor. Karya ilmiah ini dilakukan di masyarakat dalam program Community Mental Health nursing (CMHN). Pemberian TKT dapat meningkatkan kemampuan anak secara motorik, kognitif, bahasa, moral, spiritual, emosi, kepribadian dan psikososial dan kemampuan asertif anak. Penambahan latihan asertif setelah TKT dapat meningkatkan aspek emosi anak dan beberapa komponen aspek yang terkait emosi dan kemampuan asertif anak. Peplau membantu memudahkan asuhan keperawatan mulai proses pengkajian hingga evaluasiPerawat CMHN dapat menerapakan terapi ini dengan mengikutsertakan keluarga dan kader kesehatan jiwa. Terapi ini bisa diterapkan di sekolah dalam program Usaha Kesehatan Jiwa di Sekolah untuk mencegah penyimpangan perilaku anak.

Lack of behaviour will be occur when school age children can not achive their development. The purpose of this study was to see effectivity of TKT and AT to school age development and assertiveness ability. This study included to CMHN program. TKT increased motoric, cognitive, language, emotional, personality, moral, spiritual and psychososial ability and also assertive ability. After the School age children was given AT, the emotional ability and some of emotional aspect increased and also assertive ability. Peplau helped to do nursing procces in easy way to children using interpersonal relationship. This therapy can be use in community and school.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Eka Malfasari.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xx, 115 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-Pdf 16-17-908389538 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20417213
Cover