ABSTRAKWalau konsep Brand Origin (BO) sudah banyak diteliti, namun masih jarang
yang berfokus pada produk experiential seperti musik. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi BO sebagai faktor
objektif dengan product usage experience sebagai faktor subjektif terhadap minat
beli produk musik yang berasal dari dua BO berbeda, yaitu Indonesia (lokal) dan
Amerika Serikat (asing). Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif,
dengan mayoritas responden berumur muda berjumlah 137 orang. Data empiris
yang dikumpulkan lewat survei digunakan untuk menguji dua set hipotesa terkait
BO Indonesia dan BO Amerika Serikat. Hasil penelitian menunjukkan jika
persepsi BO memiliki pengaruh langsung terhadap persepsi kualitas namun tidak
memiliki pengaruh langsung terhadap minat beli produk musik baik Indonesia
maupun Amerika Serikat. Sedangkan product usage experience memiliki
pengaruh langsung terhadap persepsi kualitas dan minat beli. Hasil penelitian ini
juga menunjukkan jika persepsi kualitas memiliki pengaruh langsung terhadap
minat beli produk musik Amerika Serikat namun tidak memiliki pengaruh
langsung terhadap minat beli produk musik Indonesia.
ABSTRACTAlthough the concept of Brand Origin (BO) has been widely studied, but it was
rarely focused on experiential products such as music. The purpose of this study is
to investigate the influence of BO perception as an objective factor and product
usage experience as a subjective factor to the perceived quality and purchase
intention of music products that come from two different BO, namely Indonesia
(local) and the United States (foreign) among Indonesian consumers. The method
used is quantitative research, involving 137 respondents with the majority of
young respondents. Empirical data collected via surveys were used to test two sets
of hypotheses related to the BO of Indonesia and the United States. The results
indicated that the BO perception has a direct influence on perceived quality but
has no direct influence on purchase intention both Indonesia and the United States
music products, while product usage experience has direct influence both on
perceived quality and purchase intention. The results also demonstrate that
perceived quality has a direct influence on purchase intention of United States
music products, but has no direct influence on purchase intention of Indonesia
music products.