ABSTRAKPT. X. merupakan perusahaan EPC (Engineering Procurement Construction)
nasional yang sedang berkembang dan mempunyai visi dan misi menjadi
perusahaan berkelas dunia. Dengan pelanggan yang tidak hanya dari lokal, PT. X.
berusaha mendapatkan pelanggan internasional dimana para pelanggan ini ratarata
telah mempunyai kebijakan memprioritaskan K3L. Dewasa ini PT. X
dihadapkan kepada permasalahan nilai kepuasan pelanggan yang semakin
menurun dari tahun ke tahun serta penerapan K3L yang masih perlu ditingkatkan.
Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat faktor-faktor dengan level risiko
sangat tinggi yang dapat mempengaruhi melesetnya target kinerja K3L suatu
proyek EPC. Penelitian ini juga membuktikan bahwa laporan kinerja K3L
mempunyai hubungan yang erat dengan nilai kepuasan pelanggan meskipun
proyek tersebut telah memenuhi harapan pelanggan dalam hal on budget, on
schedule dan on quality
ABSTRACTPT. X. is a developed national EPC (Engineering Procurement Construction)
company which has a vision and mission to become a world class EPC company.
With its customer not only from local, PT. X is trying to get more and more
international customer which averagely they have company policy to prioritize
safety more than anything. Nowadays, PT. X are having their customer
satisfaction value decreasing each year and safety performance issue that need
improvement. This research proves that there are factors at a very high level of
risk that may affect the K3L?s performance targets slipping at an EPC project .
This research also proved that the K3L?s performance report has close links with
the value of customer satisfaction even though the project has met the
expectations of customers in terms of on-budget , on schedule and on quality