ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari employer
branding dan efektivitas penggunaan situs karir terhadap intention to apply
dengan daya tarik organisasi sebagai variabel mediasi yang dilihat pada PT.
Unilever Indonesia. Penelitian ini juga memasukan karakteristik generasi Y yang
diindikasikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya.
Responden penelitian berjumlah 160 orang yang merupakan mahasiswa tingkat
akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Metode penelitian
menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model
(SEM). Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Employer Branding
oleh Alniacik dan Alniacik (2008) yang sudah diterjemahkan. Selanjutnya, alat
ukur untuk sikap terhadap situs karir beserta daya tarik organisasi dan intention to
apply diadaptasi dari alat ukur yang tercantum dalam jurnal mengenai efektivitas
penggunaan situs karir perusahaan oleh Birgelen, Wetzels, Dolen (2008). Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh employer branding dan
overall attitude toward corporate employment website terhadap intention to apply
yang dimediasi penuh oleh variabel daya tarik organisasi
ABSTRACTThis study aims to determine the effects of employer branding and the
effectiveness of career employment websites toward intention to apply with
attraction to organization as a mediating variable that is seen in PT. Unilever
Indonesia. This study also includes the characteristics of Generation Y which are
indicated as having different characteristics from other generations. The
respondents numbered 160 people who are final year students of the Faculty of
Economics and Business, University of Indonesia. The research method uses
quantitative methods to the analysis of Structural Equation Model (SEM) using
Lisrel application. Measurement instrument used in this study is the Employer
Branding by Alniacik and Alniacik (2008) which has been translated, then the
measuring instrument's attitudes towards career website along with the attraction
to organization and intention to apply adapted from measurement instrument that
listed in the journal regarding the effectiveness of using career websites by
Birgelen, Wetzels, Dolen (2008). Results from this study showed that the
attraction to organization mediate the full effect of employer branding and overall
attitude toward corporate employment website towards the intention to apply