ABSTRAKAnalisis SituasiKompas Khatulistiwa merupakan perusahaan perjalanan pariwisata yang telah berdiri sejak tahun 2010.Saat ini Kompas Khatulistiwa Trip Organizer mengalami stagnansi dan bertahan pada pelanggan loyal.Kondisi pesaing banyak yang menguasai media sosial sehingga menguasai pasar.Kompas Khatulistiwa tidak memiliki perencanaan strategis dalam promosi dan media planning.Rumusan MasalahTerjadinya penurunan nilai brand Kompas Khatulistiwa di kalangan millennials. Membuat masuknya para kompetitor serupa yang memiliki kemampuan dalam promosi media sosial dapat menguasai pasar. Hal ini disebabkan karena Kompas Khatulistiwa tidak memiliki perencanaan strategis dalam promosi dan perencanaan media.SolusiMembuat program MPR yaitu Petualangan Zamrud Khatulistiwa dengan strategi experiental marketing melalui taktik special event, revitalisasi dan promosi media online, dan rekrutmen brand ambassador dan liaison officer.Tujuan ProgramMemberikan pemahaman secara kognisi dan emosional tentang brand Kompas KhatulistiwaMewujudkan pengalaman berkesan untuk memberikan gambaran positif terhadap brand.Memperoleh content sharing dari audiens terkait Kompas Khatulistiwa Trip Organizer.Khalayak SasaranTarget Khalayak PrimerSecara geografis:Masyarakat JabodetabekSecara demografis:Laki-laki dan perempuanMahasiswaSES B-CTarget Khalayak SekunderSecara geografis:Masyarakat JabodetabekSecara demografis:Laki-laki dan perempuanUsia 25-35 tahunSES A-B Pesan KunciPesan kunci yang telah dirancang oleh penulis agar pesan yang disampaikan kepada audience dapat diterima dan sesuai dengan target yang telah ditentukan yaitu: Save Your Culture Nature with Kompas Khatulistiwa. Jadwal ProgramBulan Januari ndash; Bulan Desember 2017Tempat PelaksanaanEvent Save Culture Save Nature:Pusat Studi Jepang, Universitas IndonesiaKerangka EvaluasiTahap InputTahap OutputTahap OutcomeTotal AnggaranRp. 65,100,000
ABSTRACTStuation AnalysisKompas Khatulistiwa is a trip organizer, which has been established for 7 years.Kompas Khatulistiwa was in a stagnant condition and stopped in loyal customers.Many competitors dominate the social media, which in turn dominate the market.The declining in booking order in the primary target.Problem StatementThe depression of brand value from Kompas Khatulistiwa Trip Organizer among millennials. It encouraged the entry of similar competitors who are active in social media promotion, dominate the market. Furthermore, Kompas Khatulistiwa did not provide the exposure of messages effectively and efficiently, due to lack of strategic planning in promotion and media planning.SolutionPetualangan Zamrud Khatulistiwa is a MPR program with experiential marketing strategy through tactics of special events, revitalization and promotion of online media, and recruitment brand ambassador and liaison officer.ObjectiveProvide an understanding of cognition and emotional about the Kompas Khatulistiwa as trip organizer.Create a memorable experience to give a positive image to the brand.Obtain related content sharing from audience of Kompas KhatulistiwaTrip Organizer.Target AudiencePrimary targetGeographically Jakarta and surrounding areasDemographically Man and WomenStudentsSES B CSecondary TargetGeographically Jakarta, Yogyakarta, and Bali.Demographically Man and Women25 35 years oldSES A B Key MessagesA key message that has been designed by the author to have a message delivered to the audience can be received and in accordance with predetermined targets, namely Save Your Culture Nature with Kompas Khatulistiwa.ScheduleJanuary ndash December 2017VenueEvent Save Culture Save Nature Pusat Studi Jepang, Universitas IndonesiaEvaluationInput PhaseOutput PhaseOutcome PhaseBudgetRp. 65,100,000