ABSTRAKEnergi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Tanpa
energi, kehidupan seolah seperti mati. Gas bumi sebagai salah satu sumber
energi merupakan bahan bakar yang meiniliki keunggulan bersaing yang
cukup tinggi. Dan sebagai produk utama yang dijual PGN, diperkaya
dengan pelayanan burner secara cuma-cuma ke pelanggan. Dengan jumlah
calon pelanggan yang kian bertambah menunggu untuk mendapat fasilitas
penyaluran gas, ini membutuhkan suatu penyelesaian.
Dari segi usia, PGN telah memiliki cikal bakal usaha semenjak
jaman penjajahan Belanda yaitu dengan memberikan pelayanan gas kota di
Jakarta. Tunas usaha mi terus berkembang dan tentu saja semua ini tidak
terlepas dari kebutuhan akan pendanaan. Upaya penanggulangan dana ini,
PGN telah memperoleh bantuan dana dan World Bank; Exim Bank
Jepang, maupun dan pemerintah dan hasil pemupukan laba.
Sebagai mitra usaha di sektor hulu, peranan Pertamina sangat
penting sekali. Suplai gas yang dialirkan melalui jaringan pipa ke
pelanggan, diharapkan dapat merupakan salah satu energi alternatif bagi
usaha penghematan dan diversifikasi energi. Penanggulangan ini perlu
dijalankan, mengingat cadangan minyak bumi sebagai primadona bahan
bakar mulai memperlihatkan cadangan yang kian menyusut.
Untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada pelauggan
dan umumnya di bidang pemasaran, peranan teknologi informasi dalam
sistem informasi pemasaran sangat mendukung sebagai upaya untuk
pencapaian kepuasan pelanggan.