Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Budaya Jepang dan sikap masyarakat(proposal studi sikap dan faktor yang mempengaruhinya pada masyarakat konsumen makanan produk budaya Jepang) / Indhi Anava Hasyari

Indhi Anava Hasyari; (Universitas Brawijaya, 2016)

 Abstrak

Berlatarbelakangkan fenomena relatif tingginya minat anggota masyarakat dalam mengkonsumsi makanan berbasis budaya Jepang, KTI (Karya Tulis Ilmiah) berupa proposal riset ini telaahnya difokuskan pada fenomena sikap anggota masyarakat terhadap makanan produk budaya Jepang dan faktor yang mempengaruhinya. Hasil bahasan menunjukkan bahwa secara teoritis ada tiga kemungkinan bagaimana anggota masyarakat dalam menyikapi makanan berbasis budaya Jepang itu, yakni menerima, netral dan menolak, Ketiga jenis sikap dimaksud sendiri berkaitan dalam individu bersikap terhadap obyek. Individu dipengaruhi oleh keterlibatan ego ilvolvement dalam dirinya, yaitu relevansi individu dengan sesuatu masalah. Pelaksanaan penelitian ten tang sikap dimaksud, berdasarkan hasil literatur review tampaknya bersignifikansi tinggi sehubungan masih relatif dikitnya riset menyangkut makanan berbasis budaya Jepang dan apa lagi khususnya menyangkut sikap konsumen, masih relatif belum ada yang melakukannya.Ada tiga kemungkinan bagi penerapannya, yaitu dengan menggunakan metode survai, metode studi kasus atau metode etnografi dan ini tergantung pada kepentingan si peneliti. Sebagai studi awal terkait dengan konsep sikap, sebaiknya penelitian dalam penerapannya lebih mengutamakan penggunaan metode survai agar lebih membantu dalam mengidentifikasi persoalan-persoalan yang lebih jauh yang nota bene dapat diterapkan melalui penerapan pendekatan kualitatif seperti melalui etnografi.
Underlying the relatively high phenomenon of the interest of members of the community in consuming Japanese culture-based food, KTI (Scientific Writing) in the form of research proposal is his study focused on the phenomenon of the attitude of the community members to the food of Japanese culture products and the factors that influence it. The discussion shows that theoretically there are three possibilities of how the members of the society in dealing with the Japanese culture-based food that is accept, neutral and reject, the three types of attitudes referred to themselves in the individual's attitude towards the object. Individuals are influenced by the involvement of the ego ilvolvement in him, that is, the relevance of the individual to the problem. Implementation of the research on such attitudes, based on the results of the literature review seems to be of high significance in relation to the relative lack of research concerning Japanese culture-based food and anything else in particular regarding consumer attitudes, still relatively no one has done it. There are three possibilities for its application, using survey method , Case study method or ethnographic method and this depends on the researcher's interests. As a preliminary study related to the concept of attitude, it is better to research in its application to prioritize the use of survey methods in order to be more helpful in identifying further issues which notes can be applied through the application of qualitative approaches such as through ethnography.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 384 KOMAS 12:2 (2016)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Brawijaya, 2016
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 18584411
Majalah/Jurnal : Komunikasi Massa
Volume : Vol. 12, No. 2, Juli-Desember 2016: Hal. : 91-100
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
384 KOMAS 12:2 (2016) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20451468
Cover