UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan call center industri perbankan dan telepon seluler dalam proses service encounter

Doni Rizal; Handi Irawan, supervisor ([Publisher not identified] , 2002)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu faktor penting dalam perkembangan suatu perusahaan adalah terciptanya
hubungan harmonis yang terjalin antara produsen dengan konsumen. Pengelolaan kepuasan
pelanggan menjadi suatu strategi untuk memenangkan persaingan untuk itu diperlukan
perhatian khusus dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan.
Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen adalah dengan cara
memberikan pelayanan yang maksimum oleh perusahaan kepada konsumennya. Salah satu
cara pelayanan yang dapat diberikan adalah dengan adanya call center dimana konsumen tidak
perlu datang ke kantor cabang untuk menyelesaikari rnasalahnya sebingga alcan menghemat
waktu dan biaya.
Call center sebenarnya bukan teknologi baru. Di Amerika, teknologì ini sudah ada di
tahun 80-an. Perusahaan-Perushaan pengguna call center pun beragam dari toko-toko pemilik
catalog order, tv shopping network hingga penyedia jasa hiburan. Dalam perkembangannya,
perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan telekomunikasi itu sendiri
marak menggunakan call center.
Pada awalnya, call center hanya dipergunakan untuk menjawab pertanyaan komplain,
pemesanan barang, semuanya dilayani oleh agen maupun petugas operator. call center
kemudian dihubungkan dengan aplikasi bisnis seperti aplikasi perbankan sehingga penelepon
dapat melakukakn transaksi melalui telepon tanpa bantuan agen ataupun operator.
Teknologi call center yang lebih canggih memungkinkan agen untuk secara otomatis menelepon pelanggan (outbound calls) dan menawarkan layanan atau produk yang sesuai dengan profil pelanggan tersebut melalu teknik data mining. Sehingga, layanan dapat dipersonalisasi sesuai dengan detail pelanggan sehingga penjualan layanan atau produk dapat dilakukan secara efektif.
Dengan cakupan yang luas, serta penjualan produk yang efektif, call center dapat
meningkatkan pendapatan melalui akuisisi pelanggan baru maupun penjualan produk-produk
tru kepada pelanggan lama. Di samping itu, call center dapat juga menekan pengeluaran
operasional dengan melakukan sentralisasi pelayanan terhadap pelanggan melalui call center.
LebIh perning ¡agi, dengan call center, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaìk
.
kapan saja dan di mana saja. Sehingga, dapat meningkatkan retensi serta loyalitas pelanggan
dan memperdalam tingkat hubungan dengan nasabah untuk meningkatkan costumer
profitability.
Di samping industri perbankan, industri lain seperti telekomunikasi, retail, serta
asuransi juga mulai merasakan pentìngnya manfaat call center untuk memberikan layanan
pada konsumennya. Sayangnya institusi layanan publik (public services) di sini belum berani
mengadopsi teknologi call center untuk menerima pengaduan dari masyarakat. Padahal,
kebutuhan itu sudah ada dan sudah mendesak sifatnya.
Di Indonesia sendiri belum banyak perusahaan yang memiliki layanan call center
senndiri, hal ¡ni disebabkan karena biaya yang dikeluarkan untuk membangun suatu layanan
Call Center sangat besar, padahal kebutuhan untuk memberikan pelayanan yang maksimum
sangat besar.
Oleh karena itu, dengan meningkatnya kesadaran pentingnya layanan call cerner
rnembuat perusahaan menjalankan strategi outsourcing yang dapat menghemat biaya sehingga
kebutuhan akan pelayanan yang baik dan konsumen dapat terpenuhi.

 File Digital: 1

Shelf

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T6161
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 90 pages : illustration ; 23 cm + appendiix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6161 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20452380
Cover