UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh pemaparan hasil survei terhadap peningkatan kepuasan pasien poli umum di Puskesmas I Cilongok terakreditasi utama dan Puskesmas Jatilawang terakreditasi madya Kabupaten Banyumas tahun 2017 = The effect of the exposure of survey results on increasing general patient satisfaction in Puskesmas I Cilongok main accredited and Jatilawang Health Center middle accredited Banyumas Regency year 2017

Reni Oktavia; H. Engkus Kusdinar Achmad, supervisor; Wahyu Sulistiadi, examiner; Puput Oktamianti, examiner; Sinaga, Ganda Raja Partogi, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017)

 Abstrak

Tesis ini membahas pengaruh pemaparan hasil survei kepuasan pasien yangditampilkan dalam bentuk analisis diagram kartesius terhadap peningkatankepuasan pasien. Penelitian dilakukan di poli umum Puskesmas I Cilongok terakreditasi madya dan Puskesmas Jatilawang terakreditasi utama. Respondenpada penelitian ini adalah pasien dewasa yang memanfaatkan fasilitas kesehatanpoli umum yang berjumlah 480 orang. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimendengan model rancangan pre test ndash; post test design. Hasil penelitian menunjukkankarakteristik sosiodemografi responden pada survei awal dan survei akhir terdapattidak homogenitas pada umur dan jenis kelamin sedangkan hasil pemaparan hasilanalisis diagram kartesius kepuasan pasien berpengaruh secara bermakna terhadappeningkatan kepuasan pasien di poli umum Puskesmas I Cilongok dan PuskesmasJatilawang setelah dilakukan intervensi. Hasil lainnya yaitu adanya perbedaanyang bermakna antara kepuasan pasien di Puskesmas I Cilongok yangterakreditasi madya dengan kepuasan pasien di Puskesmas Jatilawang yangterakreditasi utama. Selain itu intervensi berupa pemaparan hasil analisis diagramkartesius kepuasan pasien berpengaruh terhadap pergeseran atribut kepuasanpasien di kuadran A prioritas pada Puskesmas I Cilongok dari 6 atribut menjadi4 atribut dan pada Puskesmas Jatilawang dari 1 Atribut menjadi 3 atributsedangkan pada kuadran D berlebih juga mengalami pergeseran pada PuskesmasI Cilongok dari 2 atribut menjadi 2 atribut dan pada Puskesmas Jatilawang dari 7atribut menjadi tidak ada.

This thesis discusses the effect of exposure of patient satisfaction survey resultswhich is shown in the form of Cartesian diagram analysis to increase consumersatisfaction. The research was conducted in the general public health center ofcilongok 1 middle accredited and jatilawang health center main accredited .Respondents in this study were adult patients who using public health facilitieswhich amounted to 48 people. This research is quasi experiment with pre testdesign model post test design. The result of the research showed that the resultof the analysis of cartesian diagram of patient satisfaction had a significant effecton the increase of patient satisfaction in the general polyclinic of general publichealth center 1 Cilongok and general public health center jatilawang afterintervention, with p value 0,006 for general public health center 1 Cilongok and pvalue 0.0001 for general public health center jatilawang. Other result that there isa significant difference between patient satisfaction at general public health centerI Cilongok which middle accredited with patient satisfaction at general publichealth center jatilawang which main accredited with p value 0.0001. Besides thatintervention in the form of exposure result of analysis of cartesian patient diagramhave an effect on patient attribute shift in quadrant A priority at general publichealth center 1 Cilongok from 6 attribute become 4 attribute and at general publichealth center jatilawang from 1 attribute become 3 attribute.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Reni Oktavia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 92 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-21-09958574 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20456015
Cover