Tesis ini meneliti faktor-faktor yang berpengaruh dalam perilaku penggunaan obat bebas (OTC) dengan melihat juga
perceived benefit dan perceived barrier responden terhadap obat bebas (OTC) dan obat herbal. Variabel yang digunakan pada riset ini berdasarkan
Health Belief Model dan modifikasinya terutama melalui model dari penelitian yang dilakukan oleh Jones et al pada 2016 yang memperlihatkan pengaruh
exposure selain variabel yang sudah ada seperti
barriers, benefit, efficacy, dan
threat terhadap perilaku terhadap kampanye vaksin H1N1. Hasil
Focus Group Discussion terhadap 4 grup pengguna obat bebas
(OTC) dan pengguna Non-OTC dengan pembeda kelas ekonomi memperlihatkan adanya pengaruh variabel
exposure, benefit, dan
barrier dalam perilaku pemilihan obat bebas (OTC) dan Non-OTC. Hasil ini kemudian direkonfirmasi melalui uji kuantitatif terhadap 404 responden diambil dengan metode
convenience sampling di media digital. Hasil kuantitatif kemudian diuji statistik melalui
Structural Equation Model (SEM) untuk menentukan besarnya pengaruh variabel
benefit, barrier, dan
perceived trust towards exposure terhadap pemilihan obat bebas (OTC).
This thesis examines factors that involved in consumer behaviour towards OTC medicine by also study respondent's perceived benefit and perceived barrier towards OTC and herbal medicines. Variables that uses in this research based on existing The Health Belief Model and its derivatives, particularly the result from Jones et all on 2016 that also include exposure besides existing variables, barrier, benefit, efficacy, and threat influence on behaviour at H1N1 vaccine campaign. Focus Group Discussion to 4 OTC and Non-OTC users groups showed that exposure, benefit, and barriers have influences in consumer behaviour towards OTC and Non-OTC drug medicines. The FGD result then reconfirmed to 404 respondents that select using convenience sampling in digital media. Quantitative result then statistically test by Structural Equation Model (SEM) to determined influence and relation between benefit, barrier, and perceived trust towards exposure variable to behaviour towards OTC medicine.