UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Resiliensi sebagai Prediktor Teacher Well-Being = Resilience as a Predictor of Teacher Well-Being

Sekar Aulia Winesa; Airin Yustikarini Saleh, supervisor; Fivi Nurwianti, examiner; Pratiwi Widyasari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Beban kerja yang berat dapat membuat guru memiliki persepsi negatif tentang teacher well-being karena itu guru membutuhkan kemampuan resiliensi untuk tetap bertahan dengan beban kerjanya yang begitu berat sehingga dapat menjaga well-being mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah menemukan hubungan antara resiliensi dan teacher well being. Diasumsikan bahwa resiliensi dapat menjadi prediktor terhadap teacher well-being. Partisipan merupakan 263 orang guru yang aktif mengajar di berbagai jenjang sekolah dengan lama mengajar dimulai dari 6 bulan hingga di atas 30 tahun. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi pearson untuk melihat hubungan antarvariabel dan regresi linear sederhana untuk melihat peran resiliensi terhadap teacher well-being. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear memperlihatkan bahwa resiliensi menjelaskan 11,1% variansi teacher well being. Penelitian ini memberikan kesadaran bahwa resiliensi pada guru dapat menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan untuk meningkatkan teacher well-being. Berdasarkan hasil yang didapatkan, peneliti berharap dunia Pendidikan dapat memberikan intervensi terkait resiliensi untuk meningkatkan teacher well being.

eavy workload could make teachers have negative perceptions about teacher well-being, therefore teachers need resilience to withstand the heavy workloads to maintain their well being. Based on the background, the purpose of this study is to find a relationship between resilience and teacher well-being. It is assumed that resilience can be a predictor of teacher well-being. Participants are 263 teachers who actively teach at various levels of school with teaching duration ranging from 6 months to above 30 years. Data analysis was performed using Pearson correlation analysis to see the relationship between variables and simple linear regression to see the role of resilience to teacher well-being. The results of linear regression analysis showed that resilience explained 11.1% of the teacher well-being variance. This study provides awareness that resilience to teachers can be one of the important things to consider to improve teacher well being. Based on the results obtained, researchers hope the world of education can provide interventions related to resilience to improve teacher well being.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Sekar Aulia Winesa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 45 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-06042206 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20499031
Cover