ABSTRAKSemakin ketatnya persaingan bisnis dengan munculnya banyaknya saingan baru. Hal ini membuat marketers
menggunakan strategi komunikasi pemasaran seperti iklan. Walaupun begitu dengan menggunakan iklan,
seseorang bisa terpapar iklan sebanyak 600 kali dalam sehari sehingga marketers mulai menggunakan celebrity
endorsement sebagai strategi komunikasi pemasaran. Kini marketers mulai menggunakan K-pop idol sebagai
celebrity endorser brand mereka. K-pop kini mulai menjamur dan menjadi tren di seluruh dunia. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran komunikasi pemasaran dengan menggunakan K-pop idol
sebagai celebrity endorser dimulai dari lingkup periklanan di Korea Selatan hingga di Indonesia. Ditemukan
bahwa alasan penggunaan K-pop idol sebagai celebrity endorser karena popularitas yang dimiliki mereka. K-pop
idol juga memiliki citra yang baik dan kesamaan dengan brand dan konsumen. Penggunaan K-pop idol sebagai
celebrity endorser dengan tepat akan meningkat penjualan dari brand tersebut.
ABSTRACTIn business competition, it is getting intense with new competitors enter the market. To solve this matter,
marketers use marketing communication strategy such as advertisements. On the other hand, by using
advertisements, someone can be exposed to advertisements 600 times a day, so marketers decided to start using
celebrity endorsement as a marketing communication strategy. Nowadays marketers start to use K-pop idols
as their celebrity endorser for their brand. K-pop is now starting to spread and become a trend around the world.
The purpose of this study is to examine communication marketing strategies using K-pop idols as celebrity
endorsers, from advertising promotions in South Korea to Indonesia -pop idols as celebrity endorsers because
of their recognized popularity. K-pop idols also have a good image and similarity with brands and consumers.
The use of K-pop idols as celebrity endorsers will increase sales of the brand, if the brand uses it accurately.