Digitalisasi pada era ini sudah merambah ke pangsa jual beli online melalui
aplikasi, dengan banyaknya kompetitor maka lokapasar yang bersaing di
Indonesia harus pintar mencari peluang dan memiliki ide-ide yang kreatif.
Shopee salah satu dari lokapasar online yang bersaing dengan lokapasar lainnya
untuk mengakusisi konsumen pria dengan usia milenial, hal ini dikarenakan
peminatnya masih dalam lingkup gender wanita. Shopee mencoba melakukan
melalui strategi iklan dan sponsorship pada event sepak bola Indonesia untuk
meningkatkan kesadaran merek dan citra merek Shopee di kalangan konsumen
pria. Tesis ini akan membahas seberapa besar pengaruh dari strategi yang
dilakukan oleh Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitati
dengan jumlah responden sebanyak 180 orang pria dengan rentang usia milenial
yaitu 20-34 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masing-masing
variabel pesan iklan dan variabel sponsorship memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap variabel kesadaran merek maupun citra merek. Hasil ini juga diharapkan
menjadi acuan untuk penelitian berikutnya serta evaluasi bagi pemegang merek
tersebut.
Digitalization in this era has penetrated into the online buying and selling marketthrough applications, with so many competitors, competing local markets inIndonesia must be smart in looking for opportunities and have creative ideas.Shopee is one of the online marketplaces that compete with other markets toacquire millennial male consumers, this is because the enthusiasts are still in thefemale gender sphere. Shopee tries to do this through advertising and sponsorshipstrategies at Indonesian football events to increase brand awareness and Shopeebrand image among male consumers. This thesis will discuss how muchinfluence Shopee's strategy has. The approach used is a quantitative approachwith 180 male respondents with a millennial age range of 20-34 years old. Theresults of this study indicate that each advertising message variable andsponsorship variable has a significant effect on brand awareness and brand imagevariables. These results are also expected to become a reference for furtherresearch and evaluation for these brand holders.