UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Perencanaan program pemasaran digital untuk peningkatan brand awarenes usaha opatan copee = digital marketing program planning to increase brand awareness of copee's opatan business

Cesar Rizquino Raharjo; Snezana Swasti Brodjonegoro, supervisor; Wahyuni Pudjiastuti, examiner; Wisnhu Triwibowo, examiner (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Profil Usaha Opatan Coffee adalah sebuah kedai kopi yang didirikan pada bulan 29 Agustus 2015 yang berlokasi di Jalan Seremped Wetan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor dengan jam operasional setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. Kedai kopi ini menjual kopi dan memiliki spesialisasi di bidang manual brewing.
Analisis Situasi
Strength
Memiliki figur “Babeh” yang dikenal oleh penikmat kopi di Kota Bogor
Service Quality yang sudah diakui pelanggan
Memiliki koneksi dengan komunitas penikmat kopi Kota Bogor
Memiliki spesialisasi dalam manual brewing & single origin coffee
Weakness
Brand Awareness yang minim
Minimnya sumber daya manusia (Operasional dan Pemasaran)
Budget yang terbatas untuk ekspansi dan pemasaran
Tempat yang tidak terlalu instagramable
Penyajian menu yang tidak spesial
Tidak memiliki perencanaan publikasi dan pemasaran
Opportunity
Online-shopping (GoFood, Grab, Shoppe Food)
Memiliki banyak pelanggan loyal
Lokasi yang dekat dengan perumahan
Jam Operasional hingga larut malam
Industri kopi yang sangat berkembang
Harga yang murah
Threat
Pandemi COVID-19 dan kebijakan PPKM
Banyaknya kios brand besar produk kopi/minuman di sekitar lokasi (Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Es Teh)
Banyaknya kedai kopi baru dengan keunggulan konsep tempat
Lokasi yang tertutup dari jalan besar
Pernyataan Masalah
Brand awareness target pasar mengenai Opatan Coffee masih rendah karena minimnya publikasi dan program pemasaran yang dilakukan oleh Opatan Coffee.
Tidak adanya perencanaan program pemasaran yang dilakukan oleh Opatan Coffee
Usulan Program
Program “Berbagi Rasa” dari Opatan Coffee dengan pesan kunci “Finding the Real Coffee Taste” yang sesuai dengan motto Opatan Coffee yang terdiri dari:
Opatan In Your Area
IlmuHITAM
#KataGue (Influencers Endorsement)
Tujuan Meningkatkan brand awareness target pasar terhadap Opatan Coffee
Target Khalayak
Demografis
Laki-laki & Perempuan
Usia 17-35 tahun
Pelajar, Mahasiswa, dan Pekerja
SES B-C
Geografis
Berdomisili di Kota Bogor dan sekitarnya (Jabodetabek)
Behaviour
Memiliki kebiasaan nongkrong
Memiliki kebiasaan minum kopi (kafein)
Menggunakan media sosial untuk mencari informasi
Suka untuk mencoba tempat baru untuk nongkrong
Memiliki kelompok pertemanan dengan kebiasaan dan minat yang sama
Psikografis
Suka bercengkrama dengan orang lain
Memiliki ketertarikan tentang kopi dan penyajiannya
Memiliki kecenderungan mencari barang berkualitas dengan harga terjangkau
Menyukai tempat dengan konsep yang sederhana
Tidak melihat sebuah tempat dari prestise-nya
Tidak terlalu menyukai tempat yang ramai dan berisik
Jadwal September - Desember 2022
Anggaran Rp. 14.800.000
Monitoring & Evaluasi
Input
Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan
Output
Monitoring & Evaluasi terhadap Key Performance Indicator setiap kegiatan
Outcome
Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program dengan brand awareness target pasar terhadap Opatan Coffee

Company Profile Opatan Coffee is a coffee shop that was established on 29 August 2015 located at Jalan Seremped Wetan, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, operating everyday from 16.00 to 00.00 This coffee shop sells coffee and specializes in manual brewing.
Situation Analysis
Strength
Has "Babeh" figure (Opatan Coffee Barista) who is well known by customer
High customer service quality
Has connection with many coffee communities in Kota Bogor
Specializing in manual brewing & single origin coffee
Weakness
Low brand awareness
Lack of human resources (Operation and Marketing)
Limited budget for expansion and marketing
Not an instagramable place
Mediocre product presentation
Does not have a publication and marketing program
Opportunity
Online-shopping platforms (GoFood, Grab, ShopeeFood)
Has many loyal customers
Close to residential area
Operational hours until midnight
Large growth of coffee industry
Affordable prices
Threat
The COVID-19 pandemic and PPKM policies
Bigger brands coffee/beverage shops around the location (Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Es Teh Indonesia)
Growing number new coffee shops with place advantage
The location is far from the main road
Problem Identification
Brand awareness in the target market regarding Opatan Coffee is still low due to the lack of publications and marketing programs carried out by Opatan Coffee.
There is no marketing program planning carried out by Opatan Coffee.
Programs
The key message of "Berbagi Rasa" campaign program by opatan coffe is"Finding the Real Coffee Taste," which is in accordance with the Opatan Coffee slogan. The program will include three activities:
Opatan In Your Area
IlmuHITAM
#KataGue (Influencers Endorsement)
Goals Increasing target market brand awareness to Opatan Coffee.
Target Audience
Demographic
Male & Female
Age 17-35 Years Old
Students and Workers
SES B-C
Geographic
Live in Bogor and other cities (Jabodetabek)
Behaviour
Have a habit of hanging out with friends
Have a habit of drinking coffee/caffeine
Use social media to find information
Love to try new places to hang out
Have a group of friends with the same habits and interests
Psychographic
Like to talk with people
Have an interest in coffee culture
Have a tendency to look for quality goods at affordable prices
Have an interest to a place with simplistic concept
Does not see a place by its prestige
Does not prefer crowded and noisy places
Schedule September - December 2022
Budget IDR. 14.800.000
Monitoring & Evaluation
Input: Monitoring & Evaluation of planning and implementation of each activity
Output: Monitoring & Evaluation of Key Performance Indicators for each activity
Outcome: Monitoring & Evaluation of results and impact of the program with brand awareness of the target market on Opatan Coffee

 File Digital: 1

Shelf
 Ta-Cesar Rizquino Raharjo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 47 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 145-22-89109507 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20518699
Cover