UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Ada Apa dengan Cinta (2002) dari Sudut Pandang Teori Penetrasi Sosial = Ada Apa dengan Cinta (2002) From the Eyes of the Social Penetration Theory

Valeri Putri Hadiningrat; Rossy TriPagiwati, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang keberadaan Komunikasi Antarpribadi yang terdapat di film Ada Apa dengan Cinta (2002). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan berbagai proses dalam hubungan antarpribadi yang terjadi antara Rangga dan Cinta yang bisa dikaitkan dengan Social Penetration theory untuk selanjutnya melihat bagaimana Komunikasi Antarpribadi yang terjalin berdasarkan teori tersebut. Penelitian ini kemudian juga menggaris bawahi usaha film Ada Apa dengan Cinta dalam memperkaya representasi di media, terlihat dari keberadaan karakter-karakter dengan personality yang berbeda serta hubungan antarpribadi yang terjalin di antara para tokohnya. Sebagai riset kualitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah content-based anaysis. Instrumen penelitian ini adalah film. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan Social Penetration theory yang terimplementasi dalam film Ada Apa dengan Cinta yaitu pada jalinan hubungan antara Rangga dan Cinta. Riset ini menyimpulkan bahwa representasi dari hubungan antarpribadi yang terjalin antara Rangga dan Cinta memang sesuai dengan proses yang terdapat pada teori Social Penetration.

This research discusses the existence of interpersonal relationship in the film Ada Apa dengan Cinta (2002). The aim of this study is to analyze and describe various interpersonal relationship processes that occur between Rangga and Cinta which can be associated with the Social Penetration theory to further see how the existing interpersonal relationship relates with the Social Penetration theory. This research also underlines the efforts of the Ada Apa dengan Cinta film in enhancing representation in the media, as can be seen from the existence of characters with different personalities and the interpersonal relationships that exist between the characters. As a qualitative research, this study uses content-based analysis technique. The instrument used in this research is film.The result of this research indicates the relationship of Social Penetration theory which is implemented in the Ada Apa dengan Cinta film on the relationship between Rangga and Cinta. This research conlcudes that the representation of interpersonal relationship that exists between Rangga and Cinta is indeed in accordance with the process contained in the Social Penetration theory.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Valeri Putri Hadiningrat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 20 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas : https://lib.ui.ac.id/unggah/
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-72918486 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522454
Cover