UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Konstruksi Makna Merchandise Pada Penggemar Musik K-Pop Dilihat Dalam Perspektif Material Culture = Construction of Merchandise Meaning for K-Pop Music Fans Seen from a Material Culture Perspective

Muhammad Rafly Febryan; Salfia Rahmawati, supervisor; Imam Ardhianto, examiner; Iman Fachruliansyah, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Masuknya pengaruh yang dibawa oleh Korean Wave atau yang lebih dikenal sebagai Hallyu ke Indonesia, seakan tidak bisa ditolak oleh beberapa kalangan masyarakat, yang pada akhirnya menciptakan aktivitas baru yang berhubungan dengan fan culture. Salah satu bentuk aktivitas dari fan culture itu sendiri, terlihat dengan bagaimana penggemar seakan berbondong-bondong untuk membeli merchandise dari idola favorit mereka. Selama pandemi COVID-19, aktivitas pembelian merchandise yang dilakukan oleh para penggemar K-Pop seakan meningkat. Dilihat dengan bagaimana mulai bermunculan fenomena pengunggahan merchandise ke berbagai media sosial, yang dilakukan oleh para penggemar. Di satu sisi, penelitian ini mencoba untuk mengedepankan perspektif material culture, yang telah memberikan banyak sudut pandang multidisiplin dengan melihat hubungan manusia dengan objek yang mereka miliki. Data yang diperoleh melalui depth interview dan observasi, yang dibalut oleh pendekatan etnografi digital, memperlihatkan adanya beberapa jejaring penggemar yang memiliki hubungan erat dengan merchandise K-Pop. Tiap-tiap jaringan tersebut telah memberikan konstruksi makna yang beragam terkait dengan merchandise yang mereka miliki. Makna-makna tersebut pun seakan bersifat melampaui apa yang terlihat, sesuai dengan apa yang coba ditunjukkan oleh perspektif material culture, terkait dengan pemaknaan dan fungsi objek terhadap pemiliknya.

The influx of influence brought by the Korean Wave or better known as Hallyu to Indonesia, seems to be undeniable by some circles of society, which in the end creates new activities related to fan culture. One form of activity from fan culture itself, can be seen by how fans seem to flock to buy merchandise from their favorite idols. During the COVID-19 pandemic, the activity of purchasing merchandise by K-Pop fans seemed to be increased. Judging by how the phenomenon of uploading merchandise to various social media began to emerge, which was carried out by fans. On the one hand, this research tries to put forward a material culture perspective, which has provided many multidisciplinary perspectives by looking at the relationship between humans and the objects ttha they have. The data obtained through in-depth interviews and observations, that also wrapped by a digital ethnographic approach, show that there are several fan networks that have close relationships with K-Pop merchandise. Each of these networks has provided various constructions of meaning related to the merchandise that they have. These meanings also beyond what it seems, in accordance with what the material culture perspective is trying to show, related to the meaning and function of objects to their owners.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Rafly Febryan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 101 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-95770742 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20526777
Cover