UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penerapan Lean Manufacturing dan Life Cycle Assessment untuk Mengurangi Waktu Siklus dan Dampak Lingkungan pada Industri Plastik Biodegradable = Lean Manufacturing and Life Cycle Assessment to Reduce Cycle Time and Environmental Impact in Biodegradable Plastic Industry

Muthia Khadijah; Novandra Rhezza Pratama, supervisor; M. Dachyar, examiner; Farizal, examiner; Rahmat Nurcahyo, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Dalam skala dunia, plastik menghasilkan jejak karbon yang besar selama proses produksi hingga menjadi pelet plastik. Plastik biodegradable adalah solusi berkelanjutan untuk masalah lingkungan ini. Selain itu, lean manufacturing telah terbukti memberikan keuntungan bagi perusahaan manufaktur berupa menghilangkan pemborosan untuk meningkatkan nilai produk dan kepuasan pelanggan. Value stream mapping (VSM) digunakan untuk mengidentifikasi dan mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah. Life Cycle Assessment (LCA) adalah metode sistematis untuk mengevaluasi beban lingkungan dengan mengidentifikasi dan mengukur energi dan bahan yang dikonsumsi serta limbah yang dilepaskan ke lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan konsep lean manufacturing dan life cycle assessment pada tahap gate-to-gate di industri plastik biodegradable untuk mengurangi waktu siklus dan dampak lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lean manufacturing merupakan alternatif yang baik dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi waktu siklus dan dampak emisi CO2 pada Industri Plastik Biodegradable.

On a global scale, plastic produces a large carbon footprint during the production process to become plastic pellets. Biodegradable plastic is a sustainable solution to this environmental problem. In addition, lean manufacturing has been proven to provide benefits for manufacturing companies in the form of eliminating waste to increase product value and customer satisfaction. Value stream mapping (VSM) is used to identify and reduce non-value added activities. Life Cycle Assessment (LCA) is a systematic method for evaluating environmental loads by identifying and measuring energy and materials consumed and waste released into the environment. This study aims to implement the concept of lean manufacturing and life cycle assessment at the gate-to-gate stage in the biodegradable plastics industry to reduce cycle time and environmental impact. The results of the study show that the application of lean manufacturing is a good alternative in making decisions to reduce cycle times and the impact of CO2 emissions in the Biodegradable Plastics Industry.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Muthia Khadijah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 97 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-24718463 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920526115
Cover