UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Bagaimana Pengaruh Ketidakamanan Pekerjaan dan Dukungan Organisasi yang Dirasa terhadap Kinerja Generasi Z: Identifikasi Organisasional sebagai Mediator = How Job Insecurity and Perceived Organizational Support Impacts Performance on Generation Z: Organizational Identification as Mediator

Nabila Firyal Adiba; Aryana Satrya, supervisor; Riani Rachmawati, examiner; Elok Savitri Pusparini, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keamanan pekerjaan dan juga dukungan dari organisasi. Seperti yang disebutkan dalam hasil survei Deloitte yang berjudul "Selamat datang di Generasi Z" yang dilakukan pada tahun 2022, tercatat bahwa salah satu perilaku yang ditunjukkan oleh karyawan Generasi Z adalah keinginan untuk memiliki keamanan pekerjaan yang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang dampak ketidakamanan pekerjaan dan juga dukungan organisasi yang dirasakan terhadap kinerja karyawan di tengah maraknya pemutusan hubungan kerja yang saat ini terjadi di Indonesia. Penelitian ini akan dilakukan pada 256 karyawan Generasi Z, dengan menyebarkan kuesioner. Setelah data terkumpul, pengolahan data akan dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel dengan menggunakan pendekatan CB-SEM. Temuan menunjukkan bahwa kinerja karyawan dipengaruhi secara positif oleh dukungan organisasi yang dirasakan dan identifikasi organisasional. Selain itu, kinerja karyawan juga dipengaruhi secara negatif oleh ketidakamanan pekerjaan. Identifikasi organisasional juga berperan sebagai faktor mediasi antara dukungan organisasi yang dirasakan dan kinerja karyawan. Tetapi, identifikasi organisasional ditemukan tidak dapat memediasi hubungan antara ketidakamanan kerja dengan kinerja karyawan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi perusahaan mengenai pengaruh ketidakamanan pekerjaan dan dukungan organisasi yang dirasakan dalam meningkatkan kinerja karyawan melalui identifikasi organisasional di kalangan karyawan Generasi Z.

Employee performance can be influenced by various factors, including job security and also support from the organization. As stated in the Deloitte survey results titled "Welcome to Generation Z" conducted in 2022, it is noted that one of the behaviors exhibited by Generation Z employees is the desire for stable job security. This study aims to look deeper into the impact of job insecurity and also perceived organizational support on employee performance with the storm of layoffs that are currently happening in Indonesia. This research will be conducted on 256 Generation Z employees, by distributing questionnaires. After the data is collected, data processing will be carried out and find out the relationship between variables using CB-SEM approach. Finding shows that employee performance is positively influenced by perceived organizational support and organizational identification. Furthermore, employee performance is negatively affected by job insecurity. Organizational identification also serves as a mediating factor between perceived organizational support and employee performance. However, organizational identification was found to be unable to mediate the relationship between job insecurity and employee performance. This research provides insights to companies on the influence of job insecurity and perceived organizational support in enhancing employee performance through organizational identification among Generation Z employees.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nabila Firyal Adiba.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 78 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-31479398 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920528592
Cover