Emonev adalah layanan pengiriman laporan online di Direktorat Jenderal Bina
Upaya Kesehatan. Diketahui Loyalitas pengguna emonev masih rendah, adanya
keluhan pengguna menunjukan adanya permasalahan dengan kualitas layanan
yang dapat berpengaruh terhadap loyalitas , Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui besar pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan,
Usability dengan kepuasan dan loyalitas pengguna emonev.
Lokasi penelitian di Bagian Evapor BUK Kemenkes dengan 119 responden
pengisi laporan. Menggunakan metoda crossectional dengan analisis permodelan
structural Equation Modelling.
Pengujian melalui SEM mendapatkan model mempunyai predictive value 58%.
Pada hasil korelasi ditemukan Kualitas Interaksi dan Usability terbukti secara
signifikan mampu mempengaruhi variabel Kepuasan sebesar 30%. Sedangkan
Kepuasan terbukti mempengaruhi Loyalitas sebayak 40 %. Sedangkan kualitas
informasi emonev tidak terbukti berpengaruh terhadap kepuasan. Pada hasil
analisis deskriptif bahwa emonev sulit untuk dipelajari dan tidak memiliki fasilitas
yang cukup untuk berinteraksi. Kualitas Informasi mempengaruhi secara
langsung terhadap Loyalitas sebesar 18 %, Kualitas Interaksi mempengaruhi
Kepuasan secara langsung sebanyak 8.5 %. Kualitas Interaksi layanan
mempengaruhi secara tidak langsung loyalitas sebesar 2.9 %. Usability
mempengaruhi secara langsung terhadap Loyalitas sebesar 25%.
Peningkatan kepuasan dan loyalitas dapat dilakukan dengan mempertahankan
faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas dan
mengintervensi hasil analisis diatas. Hasil model penelitan disimpulkan
pemilihan indicator yang kurang tepat maka dari itu diperlukan indikator yang
lebih kompleks untuk dapat meningkatkan predictive value model.
Emonev is the online report service in the Direktorat Jenderal Bina UpayaKesehatan. Emonev users Loyalty known is still low, Many user complaintsindicate there were a problems with the quality service that could influence theloyalty, this study was conducted to determine the influence of InformationQuality, Service Quality Interaction, Usability with emonev user satisfaction andloyalty.Location of the study in Subbagian Evaluasi dan Pelaporan BUK MoH with119 respondents. Using a cross-sectional method with analytical modeling ofstructural equation modeling. Through SEM, reseachers get the model that canpredict value 58%. On the results of the correlation analysis found InteractionQuality and Usability proven significantly, influencing Satisfaction by 30%. andSatisfaction shown to affect Loyalty as much as 40%. Information qualitydirectly affects the loyalty by 18%, Interaction Quality Satisfaction directly affectas much as 8.5%. Interaction service quality affects loyalty indirectly by 2.9%.Usability directly influence the loyalty by 25 %.But the Information Quality noproven effect on satisfaction. In the descriptive analysis that emonev hard to learnand does not have adequate facilities to interact.Improving customer satisfaction and loyalty can be done by maintaining theproven factors influence satisfaction and loyalty and intervening on that analysis.Model of election outcomes research concluded that less precise indicatortherefore it required a more complex indicators that could improve the predictivevalue for the model.