Penelitian ini membahas mengenai kepuasan pelanggan dalam lembaga keuangan non
bank. Penelitian akan melihat seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan dan dimensi
apa saja yang memberikan pengaruh terbesar dan terkecil dalam pembentukan tingkat
kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan karena sebagai sebuah organisasi keuangan
non bank, kepuasan pelanggan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk
kebelangsungan hidup oragnisasi tersebut.
Peneliti menggunakan SERVQUAL sebagai metode untuk mengukur tingkat
kepuasan pelanggan karena metode ini adalah metode paling komprehensif dalam
meneliti faktor pembentukan kepuasan pelanggan.
Hasil temuan dapat digunakan untuk merumuskan strategi komunikasi yang lebih
fokus. Strategi komunikasi dapat diarahkan untuk menyasar ke faktor yang paling
berpengaruh dalam membentuk kepuasan pelanggan.
Bagi kajian ilmu komunikasi, hasil peneltian ini sangat berguna untuk melihat
bagaimana dalam sebuah organisasi keuangan non bank kepuasan pelanggan
terbentuk, dan faktor-faktor apa saja yang memiliki pengaruh lebih besar dari yang
lainnya.
This study discusses the customer satisfaction measurement in the non-bank financialinstitutions. The study will look the level of customer satisfaction and whatdimension gives the largest and smallest influence in the formation of customersatisfaction levels.This is done because as a non-bank financial organization, customer satisfaction isone of the requirements that must be met for the organizations for its lifecycle.Researchers using SERVQUAL, as a method to measure the level of customersatisfaction, due to its comprehensiveness to examine the formation of customersatisfaction.The findings can be used to formulate a more focused communication strategy.Communication strategies can be directed to targeting the most influential factor inshaping customer satisfaction.For the study of communication science, the results of this research are very useful tosee how in a non-bank financial organization established customer satisfaction, andwhat are the factors that have greater influence than others