UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kontribusi Kesiapan Belajar Daring dan Kemampuan Metakognitif terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Baru di Masa Pandemi COVID-19 = The Contribution of Online Learning Readiness and Metacognitive Ability towards Academic Resilience of First-year University Students during COVID-19 Pandemic

Thoqui Rafael Gratiano; Lucia R.M. Royanto, supervisor; Tjut Rifameutia Umar Ali, examiner; Fivi Nurwianti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali faktor-faktor yang berkontribusi terhadap resiliensi akademik mahasiswa baru angkatan 2020 yang harus bertransisi ke kehidupan perkuliahan secara daring akibat pandemi COVID-19. Hasil analisis statistik menggunakan teknik regresi berganda dengan sampel sejumlah 322 mahasiswa (Musia = 18,09, 72,98% perempuan) menunjukkan bahwa dua faktor, yaitu kesiapan belajar daring dan kemampuan metakognitif, memprediksi sekitar 47% varians dari resiliensi akademik. Dengan demikian, agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan situasi perkuliahan di tengah pandemi, mereka membutuhkan kesiapan untuk belajar daring dan kemampuan metakognitif. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa institusi pendidikan perlu mempertimbangkan kesiapan siswanya ketika memutuskan untuk mengubah pembelajaran menjadi daring sebagai upaya untuk mengatasi disrupsi pendidikan akibat situasi krisis seperti pandemi COVID-19. Intervensi yang menyasar kesiapan belajar daring dan kemampuan metakognitif juga dapat dilakukan untuk membantu pemelajar mengoptimalkan proses belajar mereka. Studi berikutnya disarankan agar mengindentifikasi faktor lain yang berkontribusi terhadap resiliensi akademik, serta menggunakan sampel dengan variabilitas karakteristik lebih tinggi.

This study aims to identify factors that contribute to academic resilience of first-year university students who, due to the COVID-19 pandemic, must switch to online learning in the midst of adapting to college life. A multiple regression analysis using data from 322 first-year students (Mage = 18,09, 72,98% female) found that 47% of the variance in academic resilience score can be attributed to two factors, which are online learning readiness and metacognitive ability. Therefore, online learning readiness and metacognitive ability are needed in order for first-year university students to adapt successfully to challenges associated with online learning in the middle of a pandemic. This result implies that educational institution must consider students’ online learning readiness when choosing to adopt online learning as a response to mitigate the impact of education disruption due to crisis, such as COVID-19 pandemic. Intervention that aims to increase students’ online learning readiness and metacognitive ability can be considered so that students can optimize their learning process. Subsequent studies should seek to identify other factors that contribute to academic resilience and to use a more diverse sample.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Thoqui Rafael Gratiano.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 67 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-52706749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920559054
Cover