Penyebaran pesan komunikasi tengah berkembang pesat seiring dengan munculnya media digital. Segala aspek kehidupan juga mengikuti perkembangan media baru, termasuk bimbingan belajar (bimbel). Berkembangnya teknologi juga menghadirkan bimbingan belajar secara virtual. Salah satunya bimbel online Ruangguru. Ruanggguru dapat diakses dengan praktis lewat handphone, laptop atau perangkat elektronik lainnya. Untuk dapat bersaing, Ruangguru perlu strategi komunikasi yang tepat. Salah satu strategi komunikasi yang dikenal oleh kalangan pemasar adalah positioning. Melalui strategi ini, perusahaan menentukan citra yang tertanam di benak konsumen, mempertimbangkan pesaingnya, serta menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka. Di era digital, berbagai bisnis jasa pembelajaran sepertiĀ Ruangguru, juga mengembangan layanan dan komunikasi pemasarannya melalui medium digital. Positioning bimbingan belajar ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang kini lebih relevan digunakan oleh masyarakat sehari-hari dibandingkan media konvensional. Penelitian ini akan melihat strategi komunikasi yang dilakukan Ruangguru lewat pesan-pesan yang disampaikan melalui konten-konten yang diunggah, KOL yang dipilih dan ditampilkan, serta kampanye di platform-platform media sosialnya.
The spread of communication messages is growing rapidly along with the emergence of digital media. All aspects of life also follow the development of new media, including tutoring. The development of technology also provides virtual tutoring. One of them is online tutoring called Ruangguru. Ruanggguru can be accessed practically via mobile phones, laptops or other electronic devices. To be able to compete, Ruangguru needs the right communication strategy. One of the communication strategies known by marketers is positioning. Through this strategy, the company determines the image that is embedded in the minds of consumers, considers its competitors, and analyzes their strengths and weaknesses. In the digital era, various tutoring businesses, such as Ruangguru, are also developing their services and marketing communications through digital media. The positioning of this tutoring can be done by utilizing social media which is more relevant for everyday use than conventional media nowadays. This study will look at the communication strategy that Ruangguru uses through messages conveyed through uploaded content, choosing KOL, and campaigns on its social media platforms.