UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi Komunikasi Ruangguru dalam Membangun Positioning di Media Sosial = Ruangguru's Communication Strategy in Building Positioning on Social Media

Nadia Raissa; Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Pinckey Triputra, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penyebaran pesan komunikasi tengah berkembang pesat seiring dengan munculnya media digital. Segala aspek kehidupan juga mengikuti perkembangan media baru, termasuk bimbingan belajar (bimbel). Berkembangnya teknologi juga menghadirkan bimbingan belajar secara virtual. Salah satunya bimbel online Ruangguru. Ruanggguru dapat diakses dengan praktis lewat handphone, laptop atau perangkat elektronik lainnya. Untuk dapat bersaing, Ruangguru perlu strategi komunikasi yang tepat. Salah satu strategi komunikasi yang dikenal oleh kalangan pemasar adalah positioning. Melalui strategi ini, perusahaan menentukan citra yang tertanam di benak konsumen, mempertimbangkan pesaingnya, serta menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka. Di era digital, berbagai bisnis jasa pembelajaran sepertiĀ  Ruangguru, juga mengembangan layanan dan komunikasi pemasarannya melalui medium digital. Positioning bimbingan belajar ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang kini lebih relevan digunakan oleh masyarakat sehari-hari dibandingkan media konvensional. Penelitian ini akan melihat strategi komunikasi yang dilakukan Ruangguru lewat pesan-pesan yang disampaikan melalui konten-konten yang diunggah, KOL yang dipilih dan ditampilkan, serta kampanye di platform-platform media sosialnya.

The spread of communication messages is growing rapidly along with the emergence of digital media. All aspects of life also follow the development of new media, including tutoring. The development of technology also provides virtual tutoring. One of them is online tutoring called Ruangguru. Ruanggguru can be accessed practically via mobile phones, laptops or other electronic devices. To be able to compete, Ruangguru needs the right communication strategy. One of the communication strategies known by marketers is positioning. Through this strategy, the company determines the image that is embedded in the minds of consumers, considers its competitors, and analyzes their strengths and weaknesses. In the digital era, various tutoring businesses, such as Ruangguru, are also developing their services and marketing communications through digital media. The positioning of this tutoring can be done by utilizing social media which is more relevant for everyday use than conventional media nowadays. This study will look at the communication strategy that Ruangguru uses through messages conveyed through uploaded content, choosing KOL, and campaigns on its social media platforms.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nadia Raissa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 81 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-03412724 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560370
Cover