UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran Dukungan Pengajar dalam Memoderasi Hubungan Gaya Belajar dengan Keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring = The Role of Teacher Support in Moderating Relationship between Learning Styles and Online Student Engagement

Sakina Rahmania; Lucia Retno Mursitolaksmi, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Dewi Maulina, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat inkonsistensi hubungan gaya belajar Kolb (assimilator, diverger, converger, dan accommodator) dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Keterlibatan mahasiswa merupakan kunci untuk mempertahankan keberlangsungan kegiatan pembelajaran daring. Peran pengajar sebagai pemandu dalam kegiatan belajar mengajar ditengarai dapat memperkuat hubungan gaya belajar mahasiswa dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah peran dari dukungan pengajar dapat memoderasi hubungan dari keempat gaya belajar Kolb tersebut dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Sebanyak 206 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia mengisi kuesioner penelitian dari 3 alat ukur yang telah diadaptasi ke dalam bahasa dan budaya Indonesia, yaitu Online Student Engagement Scale, Kolb Learning Style Inventory, dan Teacher as Social Context Questionnaire. Hasilnya, dari keempat gaya belajar tersebut, dukungan pengajar hanya dapat memoderasi hubungan gaya belajar accommodator dengan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menyarankan pengajar untuk meningkatkan dukungannya pada mahasiswa, dengan memberikan lingkungan dan pengalaman belajar daring yang bervariasi sesuai dengan siklus belajar Kolb untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran daring.

Several studies on Kolb learning styles (assimilator, diverger, converger, and accommodator) reveals some inconsistencies in their relationship on online learning. Student engagement is the key to maintain the sustainability of online learning. The teacher’s role as a guide in instructional activities is suspected to be able to strengthen the relationship between student learning styles and online student engagement. The aim of this study is to examine whether the role of teacher support could moderate and enable the relationship of the four Kolb learning styles and online student engagement. A total of 206 students from various public and private universities in Indonesia filled out the research questionnaires consisting three measuring tools that have been adapted into Indonesian version. They are Online Student Engagement Scale, Kolb Learning Style Inventory, and Teacher as Social Context Questionnaire. As a result, among the four learning styles, only the relationship between accommodator learning styles and online student engagement that can be moderated by teacher support. This study underscores the role of teacher to increase their support for students by providing a varied online learning environment and experience according to the Kolb learning cycle, so that students could be more engaged to the online learning.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sakina Rahmania.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 80 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-18663796 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560427
Cover