UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Parfum Sebagai Identitas Diri: Kontribusi Iklan Digital dalam Mengarahkan Preferensi Konsumsi Konsumer = Perfume as Self-Identity: The Contribution of Digital Advertising in Directing Consumers' Consumption Preferences

Danis Azwa Safrina; Lugina Setyawati Setiono, supervisor; Seda, Francisia Saveria Sika Ery, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstract

Dalam budaya konsumer, konsumsi ditandai melalui makna dan tanda yang melekat pada barang yang dikonsumsi. Banyak studi menyebutkan bahwa parfum merupakan salah satu komoditas budaya yang sarat akan makna dan menjadi sarana untuk merepresentasikan identitas sosial individu. Di era digital, saluran online menjadi arena baru yang menawarkan pengalaman konsumsi yang berbeda dengan offline, dimana iklan digital memiliki peran sentral dalam memengaruhi preferensi konsumsi. Iklan digital parfum memfasilitasi membentuk citra yang sangat dekat dengan realitas dunia nyata. Studi ingin mengupas bagaimana preferensi konsumsi parfum konsumer sebenarnya didorong oleh iklan digital yang menuntun konsumsi berdasarkan nilai simbolik untuk representasi identitas. Dengan menggunakan konsep Hiperrealitas dari Baudrillard dan mode of consumption dari Featherstone, peneliti berargumen bahwa nilai spesial parfum yang digunakan iklan digital membuat konsumer melakukan tindakan konsumsi yang didasarkan atas konsumsi nilai simbolik dan kesesuaian dengan identitas diri. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi digital. Hasil penelitian menemukan bahwa iklan digital berkontribusi dalam mengarahkan konsumer untuk memaknai konsumsi parfum sebagai representasi identitas melalui narasi deskripsi dan visual parfum yang sangat dekat dengan realitas dunia nyata. Selain itu, ditemukan juga bahwa saluran online melengkapi ruang belanja offline sebagai saluran eksekusi konsumsi konsumer.

In consumer culture, consumption is marked through the meanings and signs attached to the goods consumed. Many studies mention that perfume is one of the cultural commodities that is loaded with meaning and becomes a means to represent an individual's social identity. In the digital era, online channels have become a new arena that offers a different consumption experience from offline, where digital advertising has a central role in influencing consumption preferences. Digital advertising of perfumes facilitates the shaping of images that are very close to real-world reality. The study aims to explore how consumers' perfume consumption preferences are actually driven by digital advertising that guides consumption based on symbolic values for identity representation. Using the concepts of Baudrillard's Hyperreality and Featherstone's mode of consumption, the researcher argues that the special value of perfume used by digital advertising makes consumers perform consumption actions based on the consumption of symbolic value and conformity to self-identity. Qualitative method was used in this study with data collection techniques of in-depth interviews and digital observation. The results found that digital advertising contributes to directing consumers to interpret perfume consumption as a representation of identity through narrative descriptions and perfume visuals that are very close to real world reality. In addition, it was also found that online channels complement offline shopping spaces as a channel for consumer consumption execution.

 Digital Files: 1

Shelf
 S-Danis Azwa Safrina.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S-pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
Cataloguing Source LIbUI ind rda
Content Type text
Media Type computer
Carrier Type online resource
Physical Description xiv, 103 pages : illustration + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S-pdf 14-25-42562366 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 9999920572120
Cover