Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170640 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menggunakan strategi bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa, khususnya mahasiswa yang memprogramkanMKR? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penggunaan strategi bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam pembelajaran retorika,....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hove Psychology Press 1997
RB 401 G 429 g
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yang, Huanzi
"ABSTRAK
Pemelajaran bahasa pada hakikatnya adalah sebuah proses yang berlangsung sepanjang hayat dan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terdapat di sekitar pemelajar, seperti lingkungan sosial dan kebudayan yang melekat pada bahasa itu, serta aspek-aspek lain dari dalam diri pemelajar, seperti motivasi dan strategi pemelajaran. Penelitian ini
merupakan studi kasus terhadap tiga mahasiswa Indonesia yang mempelajari kemampuan berbicara bahasa Mandarin di sebuah universitas di Tiongkok dan masing-masing merepresentasikan tiga kelompok mahasiswa yang berkemampuan bagus, sedang dan lemah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi kompensasi dan strategi sosial sebagai bagian dalam strategi pemelajaran bahasa oleh mahasiswa dengan capaian belajar yang tinggi dan sedang sangat berperan untuk menumbuhkan motivasi belajar bahasa Mandarin. Kedua strategi ini melibatkan hal-hal pragmatis yang dibutuhkan dan terjadi di kehidupan sehari-hari mahasiswa sehingga mahasiswa dapat melakukan evaluasi mandiri dan menumbuhkan motivasi diri. Di sisi lain, minimnya motivasi belajar juga memberikan dampak negatif pada
proses pemelajaran mahasiswa dengan capaian belajar yang rendah.

ABSTRACT
Language learning is essentially a process that lasts a lifetime and is influenced by factors surround the learner, such as social and cultural environment inherent to the language, as well as other aspects of the learner's self, such as motivation and learning strategies. This research is a case study of three Indonesian students studying Mandarin at a university in China and each represents three groups of students who have high, medium and low learning outcomes. The results showed that the use of compensation strategy and social strategy as part of language learning strategies by students with high and medium learning achievements held an important role to foster motivation in
learning Mandarin for they involved pragmatic things needed and occured in daily life so students could do self-evaluation and foster self-motivation. On the other hand, the lack of motivation to learn also brought negative impact on the learning process of student with low learning outcomes."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"This article discusses research results centered on identifying teaching competency as demonstrated by teachers in classroom comparedto standard competency to be achieved as stated in program curriculum...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kushartanti
"Teaching Indonesian in formal schools today is regarded as a challenge by many Indonesian teachers. In a country like Indonesia, in which language situation is very complex due to many languages and dialects (and also the fast-growing English usage in big cities), this phenomenon can be understood. Since the country?s independence, there have been several curricula?one of them is Kurikulum Berbasis Kompetensi (competence-based curriculum), the newest being Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Unit Level of Education-Based Curriculum). The latter seems to be regarded as the most ideal curriculum, because it can be adjusted to the regions? policy. The problems are that there are still Ujian Nasional (national examination) and that the ?readability? of the curriculum is still a big question for many teachers. This paper is focused on the elementary school teacher?s strategies on applying the curriculum. This paper also discusses the curriculum, some principles on language learning, and the emergence of literary matters."
University of Indonesia, Faculty of Humanities, 2007
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tarida Alvina Simanjuntak
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) untuk mengetahui kemampuan dalam menulis surat pribadi (Persönlicher Brief) mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi menulis surat pribadi (Persönlicher Brief), (3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Jerman mahasiswa pada materi menulis surat pribadi (Persönlicher Brief). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 2 (dua) yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah mahasiswa 10 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik total sampling (sampel total). Maka sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang ada.
Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Pre Test diperoleh nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 75, rata-rata skor adalah 64,5. Sedangkan pada hasil Post Test yang telah diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD diperoleh nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90, rata-rata skor adalah 81,5. Pada kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi diperoleh hasil nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90, rata-rata skor adalah 82,86. Sedangkan pada kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah diperoleh skor hasil belajar terendah 70 dan tertinggi 85, serta skor rata-rata 78,33.
Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa harga F hitung ( ) = 2,99 dengan taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05 dengan dk = 1
ISSN 0853 - 0203
VISI (2017) 25(3) 3261-3287
3261
adalah ( ) = 2,89, sehingga dapat dinyatakan (2,99) > (2,89). Dengan demikian dapat disimpulkan pernyataan hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat interaksi antara model pembelajaran koperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil menulis surat pribadi (Persönlicher Brief) telah teruji kebenarannya pada taraf signifikan α = 0,05.
"
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
050 VISI 25:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Masalah kualitas hasil belajar pada mata kuliah pengelolaan pendidikan (KD304) yang teridentifikasi dalam bentuk rendahnya penguasaan mahasiswa dalam kompetensi yang disyaratkan pada mata kuliah tersebut. Hal ini menyebabkan kurang termotivasinya mahasiswa sebagai calon pendidik untuk menjalani profesinya sebagai pendidik karena pemahaman mengenai bagaimana pendidikan harus dikelola tidak dipahami secara utuh, seolah-olah apa yang dipelajari tidak berkaitan dengan praktek. Hal ini coba dipecahkan melalui pengembangan knowledge center manajemen pendidik untuk website yang berisis sejumlah pengetahuan teoritik dan praktek mengenai bagaimana pendidikan dan manajemen pendidikan. Produk inovasi ini dikembangkan dengan cara menganalisis kompetensi mata kuliah, pengembangan silabus mata kuliah, penyusunan desain perkuliahan, penyusunan bahan ajar perkuliahan, penyusunan knowledge center dalam bentuk website mata kuliah dan aplikasi knowledge center. Knowledge center ini diintegrasikan pada website jurusan untuk menjadi bagian dari kekayaan jurusan Administrasi Pendidikan FIP UPI dan digunakan untuk semua dosen yang membina mata kuliah pengelolaan pendidikan. Website dengan domain http://adpend.upi.edu/lopen ini selama tiga minggu diakses oleh 446 mahasiswa."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>