Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15141 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Mansell Pub, 1986
023.2 INF
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tella, Adeyinka
Hershey: Information science reference, 2012
020.9 TEL l (1);020.9 TEL l (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Windy Puspita Destiani
"Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, industri jasa konstruksi dinilai merupakan industri yang paling lambat dalam mengadopsi inovasi proses dan teknologi dalam mengelola bisnisnya dibanding industri lain yang bahkan posisinya lebih rendah dibanding sektor pertanian (Mckinsey, 2017). Saat ini digitalisasi industri jasa konstruksi di Indonesia khususnya dalam penggunaan BIM sudah diwajibkan oleh pemerintah melalui PERMEN PU No. 22/PRT/M/2018 tentang Pedoman Pembangunan Bangunan Gedung Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel dan indikator pada TAM yang memiliki pengaruh terbesar pada penerimaan teknologi di lingkungan PT XYZ; menganalisis hubungan antara variable TAM perceived ease of use (PEOU), perceived usefulness (PU), consensus on aprropriation, individual intention, dan organizational intention; dan menghasilkan rekomendasi strategi percepatan implementasi BIM agar dapat berkontribusi untuk meningkatkan kinerja Proyek Konstruksi PT XYZ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi organisasi dan Kualitas teknologi berhubungan positif terhadap Perceived Ease of Use dimana Perceived Ease of Use berhubungan secara signifikan terhadap Perceived Usefulness dan Consensus on Appropriation yang berhubungan dengan Organizational Intention. Selanjutnya, Kompetensi personal berhubungan positif dengan Perceived Usefulness dimana Perceived Usefulness berhubungan signifikan terhadap Individual Intention. Sedangkan untuk Behaviour control, tidak menunjukkan hubungan positif terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use maupun Individual Intention dan Organizational Intentio

In the midst of rapid technological developments, the construction service industry is considered the slowest industry in adopting process and technological innovations in managing its business compared to other industries whose position is even lower than the agricultural sector (Mckinsey, 2017). Currently the digitization of the construction service industry in Indonesia, especially in the use of BIM, has been required by the government through PERMEN PU No. 22/PRT/M/2018 concerning Guidelines for the Construction of State Buildings. This study aims to identify the influence between variables and indicators on TAM which has the greatest influence on technology acceptance within PT XYZ; analyze the relationship between TAM variables perceived ease of use (PEOU), perceived usefulness (PU), consensus on appropriation, individual intention, and organizational intention; and generate strategic recommendations for accelerating the implementation of BIM in order to contribute to improving the performance of the PT XYZ Construction Project. The results of this study indicate that organization competency and technology quality are positively related to Perceived Ease of Use where perceived ease of use is significantly related to perceived usefulness and consensus on appropriation which is related to organizational intention. Furthermore, personal competency is positively related to perceived usefulness where perceived usefulness is significantly related to individual intention. As for behavior control, it does not show a positive relationship to perceived usefulness and perceived ease of use or individual intention and organizational intention."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riki Fahmi Mubarok
"Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis revitalisasi pola pengasuhan taruna akademi kepolisian berbasis teknologi informasi pada lembaga pendidikan dan pelatihan Polri. Upaya pola pengasuhan taruna akademi kepolisian berbasis teknologi informasi menjadi penting dilakukan, mengingat berbagai tantangan global yang mengharuskan para siswa akpol adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil Penulisan ini menjelaskan bahwa pertama, kondisi faktual pengasuhan taruna Akpol sebelum tahun 2022, pola pengasuhan belum berjalan secara maksimal karena berbagai faktor, diantaranya kurangnya jumlah pengasuh, adanya pengasuh yang kurang kompeten, pengasuh belum seluruhnya mendapatkan pelatihan dasar, masih adanya tradisi kekerasan serta pola hidup hedonism para Taruna Akademi Kepolisian dan tidak adanya pedoman pola pengasuhan yang dimiliki oleh para pengasuh dalam melaksanakan pengasuhan kepada para Taruna Akpol. Kedua, Revitalisasi Pola Pengasuhan Taruna Akademi Kepolisian Berbasis Teknologi Informasi dilakukan melalui berbagai tahapan. Pada revitalisasi proses pengajaran menggunakan platform aplikasi antara lain; email, e-calender, Drive, e-Classroom, Docs, SIA (sistem informasi akademik), Taruna Care, E-Learning, dan Blog Mahasiswa. Kemudian revitalisasi proses pelatihan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengukur seberapa jauh jarak tempuh lari taruna Akpol. Revitalisasi proses pengasuhan dilakukan dengan aplikasi zoom meeting, seperti diskusi penugasan, konsultasi daring taruna dengan pengasuh, dan adanya ruang pusat pengawasan melalui CCTV disetiap area di sekitar Akademi Kepolisian guna menghindari terjadinya tindakan pelanggaran. Para Pengasuh juga selalu memonitor kegiatan Taruna pada saat pesiar/cuti melalui Whatsapp Group dan pengecekan melalui Video Call. Dari penjelasan tersebut, upaya revitalisasi dilakukan didasarkan juga pada kemampuan pengasuh untuk memanfaatkan teknologi informasi.

This research aims to analyze the revitalization of information technology-based parenting patterns for police academy cadets at National Police education and training institutions. Efforts to provide information technology-based parenting patterns for police academy cadets are important, considering the various global challenges that require police academy students to be adaptive to developments in information technology. This research uses a qualitative method with a case study approach. The results of this research explain that first, the factual condition of caring for Police Academy cadets before 2022, the pattern of care has not been running optimally due to various factors, including the lack of caregivers, the presence of caregivers who are less competent, caregivers have not all received basic training, there is still a tradition of violence and the hedonistic lifestyle of Academy Cadets. The police and the absence of guidance on parenting patterns that caregivers have in carrying out care for Police Academy Cadets. Second, the revitalization of information technology-based parenting patterns for police academy cadets is carried out through various stages. In revitalizing the teaching process using application platforms, including; email, e-calendar, Drive, e- Classroom, Docs, SIA (academic information system), Taruna Care, E-Learning, and Student Blog. Then revitalize the training process, one of the applications used to measure how far the Police Academy cadets have run. The revitalization of the care process is carried out using the zoom meeting application, such as assignment discussions, online consultations between cadets and their caretakers, and the existence of central monitoring rooms via CCTV in every area around the Police Academy to avoid violations. The Caretakers also always monitor Cadet activities while on vacation/leave via Whatsapp Group and checking via Video Call. From this explanation, revitalization efforts are also based on the ability of caregivers to utilize information technology."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Tri Muryanto
"Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT sebagai lembaga litbangyasa mempunyai lima fungsi yaitu: intermediasi, technology clearing house, pengkajian teknologi, audit teknologi dan solusi teknologi. Dalam menjalankan perannya tersebut BPPT mempunyai berbagai program yang dikelola melalui kerangka kerja kerekayasaan. Suatu program litbangyasa harus dikelola dengan baik agar sasaran yang dicapai terus berkembang sehingga dapat meningkatkan tingkat technology readiness level yang lebih baik. Akan tetapi pada kenyataannya hasil litbangyasa tidak terkelola dengan baik. Sehingga hal tersebut dapat menghambat proses inovasi karena dapat memicu reinventing the wheel. sehingga sasaran program tidak tercapai sesuai dengan road map.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun arsitektur SI/TI yang sesuai dengan kebutuhan PTIPK dalam mengelola kegiatan litbangyasa. Dengan pendekatan strategi Business Process Reengineering BPR diharapkan sistem informasi tidak hanya mempermudah organisasi dalam pengelolaan kegiatan tapi juga dapat meningkatkan fungsi bisnis menjadi lebih efisien dalam menjalankan visi dan misinya. Proses BPR dilakukan dengan merujuk pada praktik terbaik dan memperhatikan kesesuaian dengan aturan internal yaitu sistem tata kerja kerekayasaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan arsitektur yang sesuai kebutuhan proses litbangyasa dapat dilakukan desain ulang proses bisnis dengan strategi e-business.

The Agency for Assessment and Application of Technology as an R D institution has five functions intermediation, technology clearing house, technology review, technology audit and technology solution. In carrying out its role, BPPT has various programs managed through the engineering framework. An R D program should be well managed so that the goals achieved and grow to improve the technology readiness level better. But in reality the R D programs are not well managed. So it can hinder the innovation process because it can trigger reinventing the wheel. so that the goals are not achieved in accordance with the road map.
This study aims to develop the architecture of IS IT in accordance with the needs of BPPT to manage R D activities. With the Business Process Reengineering BPR strategy approach, information system is expected not only to facilitate the organization to manage the activities but also to improve the business function to be more efficient in carrying out its vision and mission. The BPR process is done by referring to best practices and paying attention to conformity with the internal rules of the engineering framework. This research concludes that to get the appropriate architecture needsof R D process can be done by business process re design with e business strategy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jefferson, North Carolina, and London: McFarland, 1989
025.1 LEA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Kresnady
"Tesis ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan jasa informasi spasial yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial dilihat dari sisi pengguna informasi spasial sebagai pelanggannya menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, empathy, assurance, dan responsiveness, dan untuk menganalisis proses transformasi organisasi BAKOSURTANAL menjadi BIG menggunakan framework 4R. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian adalah bahwa masih ada indikator kepuasan yang penyampaiannya masih dibawah harapan, dilihat dari kesenjangan antara harapan pelanggan dengan kenyatan yang diterima. Namun secara keseluruhan kualitas pelayanan informasi spasial dari BIG dipersepsikan sangat memuaskan oleh pelanggannya. Dalam proses transformasi yang sudah dijalankan dan masih dijalankan sampai saat ini, kekurangan yang dirasakan terutama dari sisi peran pimpinan organisasi. Saran yang diberikan adalah perbaikan terhadap atribut kualitas pelayanan yang masih dipersepsikan dibawah harapan, serta peningkatan peran pimpinan dalam proses transformasi organisasi.

This thesis aims to analyze the quality of spatial information service provided by the Geospatial Information Agency in terms of spatial information users as customers using the five dimensions of service quality, that is tangible, reliability, empathy, assurance, and responsiveness, and to analyze the process of organizational transformation from BAKOSURTANAL to BIG using 4R framework. This research is a quantitative and qualitative type of research with descriptive design. Result of the study is that there are still indicators of satisfaction which delivery is still below expectations, indicated by the gap between customer expectations with services perceived. However, the overall quality of spatial information services provided by BIG, perceived by the customer as most satisfying. In the process of transformation that has been run and still running to this day, the shortcomings perceived is especially the role of the leaders of the organization. Advice given is the improvement of the service quality attributes that are still perceived below expectations, as well as increased leadership role in the process of organizational transformation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42431
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Maryana
"Kontribusi TIK pada sistem produksi secara keseluruhan dalam ekonomi dianggap
sebagai salah satu faktor pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional.
Tujuan penelititan ini adalah menyelidiki kontribusi sektor TIK terhadap perekonomian
Indonesia melalui peran sektor TIK dalam mendorong pertumbuhan sektor lain dengan
analisis keterkaitan, analisis nilai pengganda dan analisis matriks kausatif. Lebih lanjut,
penelitian ini menyelidiki sumber pertumbuhan sektor TIK dengan mendekomposisi
sumber perubahan outputnya. Secara khusus, pendekatan input-output diadopsi untuk
menggambarkan aktivitas produksi dan difusi sektor TIK pada perekonomian Indonesia
periode 2000-2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain memiliki pengganda
output yang besar, sektor Manufaktur TIK juga mendorong ekspor. Hasil dekomposisi
diketahui bahwa pengaruh koefisien teknologi sebelumnya memberikan kontribusi yang
cukup signifikan terhadap output sektor TIK. Namun, nilai-nilai tersebut telah berkurang
dalam beberapa periode terakhir sehingga peran sektor TIK Indonesia sebagai sektor GPT
menjadi kurang optimal

The contribution of ICTs to the overall production system in the economy is considered
as one of the factors for growth and development of the national economy. The purpose
of this research is to investigate the contribution of the ICT sector to the Indonesian
economy through the role of the ICT sector in encouraging the growth of other sectors
with linkage analysis, multiplier analysis and causative matrix analysis. Furthermore, this
study investigates the sources of growth in the ICT sector by decomposing the sources of
change in its output. In particular, the input-output approach is adopted to describe the
production activities and diffusion of the ICT sector in the Indonesian economy for the
period 2000-2014. The results show that apart from having large output multipliers, the
ICT Manufacturing sector also encourages exports. The results of the decomposition
show that the influence of the previous technology coefficient has a significant
contribution to the output of the ICT sector. However, these values have diminished in
recent periods so that the role of the Indonesian ICT sector as a GPT sector has become
less than optimal.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bell, Simon
London: Routledge , 1996
658.403 8 BEL l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>