Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11580 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitzsimmons, James A.
Boston: 2004
658FITS001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Insan Rizky
"Perangkat lunak merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu kunci kesuksesan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi banyak perusahaan di era industri 4.0. Kualitas dari perangkat lunak tentu menjadi perhatian perusahaan untuk kelangsungan bisnis mereka khususnya bagi perusahaan yang bergerak di industri perangkat lunak. Cloud Service Provider XYZ (XYZ) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Platform-as-a-Service (PaaS) yang memberikan layanan yang fokus pada developer experience (DX) sehingga bisa memanfaatkan teknologi terkini untuk memberikan nilai lebih pada perangkat lunak yang dibuat. Sebagai startup baru, XYZ berencana melakukan branding dengan menunjukkan bahwa PaaS yang diberikannya memiliki kualitas yang menunjang kebutuhan developer dan meyakinkan mereka bahwa XYZ tidak kalah dengan PaaS yang disediakan oleh perusahaan besar di lingkup internasional. Sehingga, menjaga kualitas perangkat lunaknya merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis mereka. Namun, XYZ menemukan kekurangan pada layanannya dan belum mampu mengukur kesiapan produknya. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan evaluasi kematangan kualitas perangkat lunak yang dikembangkan oleh XYZ. Penelitian ini menggunakan Software Product Quality Maturity Model (SPQMM) dengan ISO/IEC 25010 sebagai acuan karakteristik perangkat lunak yang dievaluasi. Pengukuran karakteristik mengacu pada ISO/IEC 25022 untuk aspek Quality in Use dan ISO/IEC 25023 untuk aspek Software Product Quality. Selanjutnya, peneliti juga menganalisis usulan perbaikan yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas produk perangkat lunak. Usulan perbaikan diperoleh dari hasil pengukuran dan ulasan pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan perangkat lunak XYZ berada pada tingkat 3 yaitu Neutral. Hal tersebut diperoleh dari pemetaan tingkat integritas yang berada pada tingkat Sangat Rendah dan tingkat kualitas keseluruhan sistem sebesar 75,45%. Di samping itu, secara garis besar ulasan perbaikan yang diperoleh adalah diperlukannya sistem logging untuk memudahkan proses penelusuran kejadian, penerapan proses pengujian yang lebih lengkap dan otomatis, diperlukannya sistem monitoring proses, serta beberapa ulasan pengguna dari sisi penambahan fitur seperti kompatibilitas bahasa pemrograman lain dan penambahan channel pembayaran.

Software is an important thing and being one of key success to increase competitive advantage for many companies in 4.0 industry era. The quality of the software is certainly a concern for companies for the continuity of their business, especially for companies engaged in the software industry. Cloud Service Provider XYZ (XYZ) is a company engaged in Platform-as-a-Service (PaaS) which provides a server-side service that aims to facilitate both individual and organizational software developers in the server management process. XYZ provides services that focus on the developer experience (DX) so that they can take advantage of the latest technology to provide more value to the software created. As a new startup, XYZ plans to do branding by proofing its quality supports the needs of developers and assures them that XYZ is not inferior to the PaaS provided by large companies in the international sphere. Thus, maintaining the quality of the platform is very important for the continuity of their business. However, XYZ still often finds errors and mistakes in its services and has not been able to measure the readiness of its products. This research aims to evaluate the maturity of the quality of software developed by XYZ. This used Product Quality Maturity Model (SPQMM) as a main model with ISO/IEC 25010 as a reference of the evaluated software characteristics. Each characteristic measurement refers to ISO/IEC 25022 for Quality in Use and ISO/IEC 25023 for Software Product Quality. Furthermore, the researcher also analysed what proposed improvements which could be implemented as a step to increase the software product quality. Proposed improvements were obtained from measurement results and user feedback. The results are the quality maturity level of XYZ is at level 3 which is Neutral. That was obtained by mapping the integrity level which is at Very Low and the Whole Quality Level of 75,45%. Moreover, the proposed improvements are it is necessary to have logging system for helping the process of tracking events, the application of a more complete and automated testing process, require of monitoring system, and some of user feedbacks in feature additions such as other programming language compatibility additions and payment channel additions."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rotinsulu, Yan Yonathan
"[ABSTRAK
Peluang memperluas target pasar dengan memanfaatkan teknologi komputasi
awan yang sedang berkembang mendorong PT. Indodev Niaga Internet (DataOn)
untuk meluncurkan produk Software as a Service (SaaS) mereka yaitu SunfishHR
SaaS. Pada kenyataannya masih ditemukan masalah yang harus dihadapi
pelanggan saat menggunakan produk tersebut seperti perbaikan yang
menyebabkan fungsi lain terganggu, batas waktu pengerjaan yang tidak konsisten,
dan dokumentasi yang kurang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kualitas
SaaS, menentukan prioritas faktor-faktor tersebut, dan menentukan faktor apa saja
yang perlu diperbaiki oleh DataOn. Seluruh faktor diidentifikasi dengan
melakukan studi literatur dan penelitian sebelumnya yang terkait dengan kualitas
SaaS. Seluruh prioritas ditentukan dengan menggunakan metode Analytic
Hierarchy Process(AHP) dan melibatkan 10 responden yang memiliki
pengalaman di bidang SaaS selama4-18 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 32 faktor yang mempengaruhi
kualitas SaaS. Faktor-faktor tersebut terdiri dari 15 faktor pada kategori terkait
produk, 10 faktor terkait proses, dan 7 faktor terkait organisasi. Prioritas tertinggi
untuk setiap kategori adalah faktor Security pada kategori produk, faktor Quality
Control pada kategori proses, dan faktor Technically Competent Employees pada
kategori organisasi.

ABSTRACT
The opportunity to expand the market with using emerging technology such as
cloud computing encourage PT. Indodev Niaga Internet that also known as
DataOn to launch theirproduct called SunfishHR SaaS (Software as a Service).
But on their way to sell this product, DataOn facing problems reported by
customer such as error, delayed deadline, and less product documentation.
The purpose of this research are to find all factors that related to SaaS quality,
determine the priority of each factor that compare experts and organization‟s
perception, and find what factors DataOn should improve their work. All factors
are identified by combining previous study that related about the quality of SaaS
and also confirmed by experts. All priorities are determined by using Analytic
Hierarchy Process (AHP) method and involved 10 respondents that have
experience in SaaS for 4-18 years.
Results found 32 factors that related to quality of SaaS. They are 15 factors in
product-related category, 10 factors in process-related category, and 7 factors in
organization-related category. The highest priority for product-related category,
process-related category, and organization-related category are Security, Quality
Control, and Technically Competent Employees respectively. , The opportunity to expand the market with using emerging technology such as
cloud computing encourage PT. Indodev Niaga Internet that also known as
DataOn to launch theirproduct called SunfishHR SaaS (Software as a Service).
But on their way to sell this product, DataOn facing problems reported by
customer such as error, delayed deadline, and less product documentation.
The purpose of this research are to find all factors that related to SaaS quality,
determine the priority of each factor that compare experts and organization‟s
perception, and find what factors DataOn should improve their work. All factors
are identified by combining previous study that related about the quality of SaaS
and also confirmed by experts. All priorities are determined by using Analytic
Hierarchy Process (AHP) method and involved 10 respondents that have
experience in SaaS for 4-18 years.
Results found 32 factors that related to quality of SaaS. They are 15 factors in
product-related category, 10 factors in process-related category, and 7 factors in
organization-related category. The highest priority for product-related category,
process-related category, and organization-related category are Security, Quality
Control, and Technically Competent Employees respectively. ]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Cambridge university press, 2008
005.133 MOD
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Rostiarso
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T24333
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Simanungkalit, Tiarma
"Proporsi pembelanjaan teknologi yang beralih ke cloud setelah krisis global pandemi COVID-19 diperkirakan pada tahun 2024 nanti akan makin meningkat mencapai 14,2% dari total belanja teknologi global, bertambah 9,1% dibandingkan tahun 2020 lalu. Software as a Service (SaaS) menjadi segmen pasar terbesar dalam layanan public cloud dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 117,8 miliar USD pada tahun 2021 menurut survei yang dilakukan Gartner pada tahun 2020. Penelitian ini mengambil studi kasus implementasi aplikasi Digital HR SaaS cloud computing yang dilakukan oleh sebuah perusahaan konsultasi global PT XYZ di salah satu klien. Proyek implementasi SaaS di klien PT XYZ tidak tercapai 100% sesuai rencana jadwal implementasi karena adanya kemunduran selama satu bulan dari rencana yang telah ditetapkan yang akhirnya menyebabkan peningkatan total biaya proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metodologi implementasi aplikasi SaaS dan membuat panduan untuk implementasinya di suatu perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip dari Essence Framework. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan pendekatan Design Science Research (DSR). Perencanaan dan pengembangan metodologi implementasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion (FGD) terhadap tim implementasi PT XYZ dan juga expert judgement dengan melakukan wawancara terhadap lima ahli untuk mendapatkan umpan balik dari segi eksternal organisasi. Analisis penelitian ini menghasilkan daftar lima belas praktik yang dapat dipilih dalam metodologi implementasi SaaS yang dapat dijadikan acuan terhadap klien PT XYZ, yaitu (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. Praktik-praktik ini dihasilkan dari FGD dengan tim implementasi PT XYZ berdasarkan metode terpilih dari hasil studi literatur. Metode Agile untuk transformasi yang besar dan kompleks seperti SaaS berdasarkan studi literatur adalah Scrum, Lean dan Extreme Programming. Metode Scaled Agile Framework (SAFe) juga dimasukkan dalam metode terpilih karena SAFe merupakan metode scaling paling populer berdasarkan hasil survei VersionOne tahun 2020.

Global technology spending for cloud computing is expected to increase further after the COVID-19 pandemic crisis. Year 2024 spending has reached to 14.2% of total global technology spending, an increase of 9.1% from year 2020 spending. Software as a Service (SaaS) is the largest market segment in public cloud services. According to Gartner survey in 2020, the SaaS spending figure is expected to grow to 117.8 billion USD by 2021. This research was based on a case study of Digital HR SaaS cloud computing implementation done by one of the biggest global consulting firm in one of its clients. The implementation was delayed for one month thus failed to achieve its 100% target implementation timeline and led to an increase of the overall project cost. This research aimed to develop implementation methodology for SaaS application and to create guidance of its implementation in an organisation based on the principles of The Essence Framework. This research used Design Science Research (DSR) approach. Planning and development of the implementation methodology was carried out using Focus Group Discussion (FGD) with implementation team in PT XYZ and conducting expert judgment by interviewing five experts to get feedback from external point of view. The analysis of this research resulted in list of fifteen practices that can be selected for the SaaS implementation methodology to be used as reference for PT XYZ clients, namely (1) Identify Value, (2) Sprint Planning, (3) Daily Scrum, (4) Sprint, (5) Sprint Review, (6) Acceptance Criteria, (7) Stories, (8) Whole Team, (9) Informative Workspace, (10) Energized Work, (11) Pair Programming, (12) Weekly Cycle, (13) System Demo, (14) Inspect and Adapt, (15) Solution Demo. These practices are chosen through FGD with implementation team in PT XYZ based on Agile methods defined from the literature review for large transformation as SaaS, namely Scrum, Lean and Extreme Programming. In addition, Scaled Agile Framework (SAFe) method is also included as it is the most popular scaling method based on VersionOne survey in 2020. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Alang Sunding
"Laporan ini berisi simulasi cross-dock dengan menggunakan software Arena. Dalam simulasi ada empat tahapan yang dilakukan dalam melakukan analisa cross-dock, yaitu: Membuat model, menjalankan model, melakuan simulasi dan menganalisa hasil simulasi. Ada tiga scenario yang akan dimodelkan, disimulasikan dan dibandingkan untuk mendapatkan scenario terbaik. Analisa system cross-dock focus pada pusat aktifitas cross-dock dengan melakukan analisa pada : Jumlah produk yang keluar pada sistem cross-dock, waktu antar kedatangan, interval dan waktu tunggu diarea penyimpanan.

This report consist of simulation cross dock using the arena simulation software. The cross-docking project that analyzed in this work is made up of four steps: Create a basic model, refine the model, simulate the model, and analyze simulation results. There are three cross-dock scenarios to be modeled, simulated and compared to determine the best model. The analysis will be conducted focusing on the cross dock center with four measurement parameters are: number of products out of the cross dock, time between arrival, time interval, and waiting time in staging area."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30082
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Retno Ayu Setyautami
"Software product line engineering (SPLE) adalah salah satu pendekatan pengembangan perangkat lunak yang mempertimbangkan aspek commonality dan variability. SPLE memiliki mekanisme untuk menghasilkan beberapa produk pada suatu domain secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pendekatan model-driven SPLE (MDSPLE) berdasarkan delta-oriented programming (DOP). Pendekatan yang diusulkan mencakup proses SPLE pada problem domain dan solution domain. Pada problem domain, digunakan feature model dan Unified Modeling Language (UML) yang dilengkapi oleh UML-VM profile. UML profile ini didefinisikan berdasarkan variability modules (VM) untuk mendukung pemodelan variasi pada UML. Pada domain implementation, diusulkan metode baru yang disebut dengan Variability Modules for Java (VMJ). VMJ merupakan architectural pattern di Java yang disusun berdasarkan DOP dengan memanfaatkan design pattern dan Java module system. Selain itu untuk memodelkan variasi abstract user interface, pada domain implementation juga dilakukan pemodelan dengan Interaction Flow Modeling Language (IFML) yang dilengkapi dengan DOP Extension. Pendekatan MDSPLE pada penelitian ini juga dilengkapi oleh alat bantu yang dikembangkan pada Eclipse IDE, yang disebut dengan PRICES-IDE. Proses pengembangan dengan PRICES-IDE meliputi pemodelan dengan diagram editor, model transformation, domain implementation, dan product generation. Penerapan MDSPLE dengan PRICES-IDE ditunjukkan dengan studi kasus yang dievaluasi berdasarkan applicability dari UML-VM profile, degree of automation pada code generator, dan juga process improvement. Evaluasi juga dilakukan dengan membahas Threats to Validity yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Dengan demikian, penelitian pada disertasi ini memiliki kontribusi pada pengembangan perangkat lunak dengan mengusulkan pendekatan MDSPLE berbasis DOP yang dilengkapi dengan alat bantu yang terintegrasi.

Software product line engineering (SPLE) is an approach that enables the development of software with shared commonality and variability. It offers a reusable mechanism for creating various products within a specific domain. In this research, we aim to design a model-driven SPLE (MDSPLE) approach based on delta-oriented programming (DOP). The proposed approach encompasses the SPLE process in both the problem and solution domains. In the problem domain, we use feature models and Unified Modeling Language (UML). A UML profile, namely the UML-VM profile, is defined based on variability modules (VM) to model variations in UML diagrams. We introduce a new implementation approach called Variability Modules for Java (VMJ) in the solution domain. VMJ is an architectural pattern in Java that follows DOP principles. Furthermore, we employ the Interaction Flow Modeling Language (IFML) with DOP extensions to model abstract user interfaces (UI) within the solution domain. A set of tools has been designed within the Eclipse IDE to support the development process, called Prices-IDE. The process in Prices-IDE encompasses modeling in the diagram editors, model transformation, domain implementation, and product generation. The practical application of the proposed MDSPLE approach is demonstrated through a case study. The evaluation of the approach focuses on three perspectives: the applicability of the UML-VM profile as a foundation, the degree of automation in the code generator, and the process improvement. We also discuss threats that could affect the validity of this research. In conclusion, this research contributes to the advancement of SPLE methodologies based on DOP through the proposed MDSPLE approach."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geraldine Dewarani
"Software sebagai produk digital terbukti meningkatkan kolektivitas dan efisiensi. Teknologi kecerdasan buatan menjadi solusi untuk berbagai masalah dalam bisnis, membuat produk software menjadi kebutuhan vital dalam kehidupan masyarakat. Salah satu produk yang menjadi inti bisnis banyak perusahaan adalah Software as a Service (SaaS). SaaS adalah aplikasi berbasis Internet dengan menggunakan sistem cloud. Produk aplikasi SaaS memiliki karakteristik yang unik, salah satunya adalah memiliki layanan kustomisasi untuk memenuhi kebutuhan unik setiap pelanggan. Oleh karena itu, SaaS menjadi solusi yang cocok untuk perusahaan dari semua jenis dan ukuran termasuk usaha kecil dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa adakah pengaruh yang ditimbulkan dari proses customer involvement pada pengembangan aplikasi SaaS untuk masing masing pelanggan terhadap customer engagement, co-creation of service, satisfaction dan loyalty dengan dengan level of co-creation sebagai moderasi. Data dikumpulkan menggunakan questionnaire dari 200 pengguna aplikasi SaaS dan merupakan penentu keputusan dari provider SaaS yang dipilih kemudian dianalisis menggunakan structural equation modelling. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukan proses customer involvement pada pengembangan aplikasi SaaS mempunyai hubungan signifikan terhadap co-creation of service, satisfaction dan loyalty.

The use of software as a digital product has been shown to improve collectivity and efficiency. Artificial intelligence technology facilitates a variety of facets in business, making software products a vital necessity in people's lives. One product that is the core business of many companies is Software as a Service (SaaS). Software as a service (or SaaS) is a way of delivering applications over the Internet—as a service by using a cloud computing system. SaaS application products have a unique characteristic, it has customization services to meet customer’s unique needs. Hence, SaaS becomes a solution that is suitable for companies of all types and sizes including small and medium enterprises. The purpose of this research is to find out and analyze an effect of the customer involvement process on the development of SaaS applications for each customer on customer engagement, co-creation of service, satisfaction and loyalty with level of co-creation as moderation. Data were collected using a questionnaire from 200 users of the SaaS application who were the decision makers of the selected SaaS provider and then analyzed using structural equation modeling. The results of the analysis conducted show that the process of customer involvement in the development of SaaS applications has a significant relationship to co-creation of service, satisfaction and loyalty. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>