Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154832 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Okke Saleha K. Sumantri Zaimar
Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008
404.41 OKK s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Marisa Intan Rizonna
"Dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin berkembang, sastra pun ikut terpengaruh dalam hal produksi karya sastra, yaitu memanfaatkan jaringan internet sebagai wadah para pengarang mengekspresikan sesuatu dalam sebuah karya sastra, seperti Kurzgeschichte, Gedichte atau Roman atau istilahnya adalah Netzliteratur. Netzliteratur ini hanya menyediakan karya sastra dalam bentuk digital, seperti dalam webiste atau forum khusus untuk para pengarang mengunggah karyanya. Contohnya website e-Stories yang merupakan website terbesar di Jerman yang memiliki karya Netzliteratur paling banyak dengan para pengarang yang terdaftar yang juga terhitung banyak.
Dalam penelitian ini, korpus data yang akan diambil adalah tiga buah cerpen Netzliteratur yang terdapat di dalam website www.e-stories.de yang memiliki kesamaan objek yang digunakan pada masing-masing cerpen, yaitu Spiegel. Cerpen-cerpen tersebut adalah Die Frau im Spiegel karya Stephani Herman, Der Spiegel Erz hlt- Gestern und Heute karya Hella Sch mann dan Das Spiegelbild karya Sunni Be. Penelitian ini akan berfokus pada pemaknaan objek Spiegel melalui tinjauan semiotik oleh Charles Sanders Peirce. Pemaknaan ini akan menampilkan bahwa pada masing-masing cerpen tersebut, tokoh di tiap cerpen mengekspresikan adanya sebuah masalah pada identitas diri mereka.

With the development of technology that has been growing, literature was also influenced in terms of production of literary works, namely utilizing the Internet network as a container for authors to express something in a literary work, such as Kurzgeschichte, Gedichte or Roman or the term is called ldquo Netzliteratur rdquo. This Netzliterature only provides literature in digital form, as in webiste or special forum for authors to upload their work. For example e Stories website which is the largest website in Germany that has the most Netzliteratur works with registered authors who are also counted.
In this study, the data which is going to be retrieved is three short stories Netzliteratur contained in the website www.e stories.de which has similar objects used in each short story, namely ldquo Spiegel. The short stories are Stephani Herman 39 s Die Frau im Spiegel, Der Spiegel Erz hlt Gestern und Heute by Hella Sch mann and Sunni Be 39 s Das Spiegelbild. This research will focus on the meaning of Spiegel object through semiotic review by Charles Sanders Peirce. This meaning will show that in each of these short stories, the characters in each short story express a problem on their self identity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regita Fidiyastuti
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji penggambaran perempuan ideal yang dibangun oleh sampul 2016 majalah Femina. Empat sampul majalah dipilih secara acak dari Agustus sampai November 2016. Sampul majalah dianalisis dengan kerangka semiotik Roland Barthes 39; 1991 dengan melihat elemen visual dan judul utama / sub-judul sebagai teks verbal. Analisis juga mengeksplorasi mitos atau signifikasi wanita ideal setelah tanda-tanda diproses melalui tingkat denotasi dan konotasi. Temuan ini menunjukkan penggambaran Femina untuk wanita ideal sebagian besar berkisar pada ide kecantikan yang terdiri kulit yang putih, sempurna, dan tampak sehat dengan make up ringan dan tubuh ramping. Selain itu terlihat juga perwujudan sifat perempuan feminin, berani, mandiri, sukses dan muda. Seperti yang diperlihatkan oleh temuan tersebut, ada implikasi bahwa meskipun sifat dominan terlihat mencolok, majalah Femina tetap berupaya untuk menampilkan sosok perempuan dengan sifat tradisional yang penurut.

ABSTRACT
This study examines the portrayal of idealized women constructed by the covers of 2016 Femina magazine. The four covers of the magazine are chosen randomly from August 2016 to November 2016. The magazine covers are analyzed using Roland Barthes rsquo semiotic framework 1991 by looking at the visual element and headlines sub headlines as verbal text. The analysis also explores the myth or signification of idealized women after the signs are processed through the level of denotation and connotation. The finding shows Femina 39 s portrayal of idealized women mostly revolves around the beauty idea consisting fair, flawless, and healthy looking skin with light makeup and slender looking body that also embodies women 39 s traits of being feminine, bold, independent, successful and young. As the finding suggests, there is an implication that despite the glaring dominants traits, the magazine attempts to assert the elements of submissive traditional women tropes."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Okke Saleha K. Sumantri Zaimar
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Irfan Hidayatullah
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T39666
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eco, Umberto
Bloomington: Indiana Universuty Press, 1979
801.95 ECO r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hendricks, William O.
Paris: Mouton, 1973
419 HEN e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mentari Putrirahayu Prawira
"Penelitian ini membahas film The Lobster (2015) karya Yorgos Lanthimos yang dikategorikan sebagai film distopia. Dengan menggunakan teori film dan konsep distopia, strategi naratif film The Lobster menunjukkan bahwa film ini tidak menggambarkan sebuah dunia apocalypse atau teknologi yang futuristik dalam membangun latar distopianya. Dunia pada film ini digambarkan seperti halnya masyarakat masa kini. Hal utama yang mengkonstruksi latar distopia pada film ini adalah pengaturan terhadap seksualitas masyarakat. Analisis dengan konsep kekuasaan dan wacana seksualitas Foucault menunjukkan bahwa hal film ini merupakan sebuah sindiran atau kritik terhadap pengaturan pernikahan. Film ini juga berusaha menunjukkan bahwa ideologi konservatisme akan seksualitas yang ‘sehat’ pada abad ke 18 dan 19 masih ada hingga kini dan menyebabkan hirarki dan diskriminasi.

This research is an analysis of the text of the film that discusses The Lobster (2015) by Yorgos Lanthimos which is categorized as a dystopian film. Analysis using film theory and the concept of dystopia, the narrative strategy of The Lobster shows that this film does not depict an apocalyptic world or futuristic technology in constructing its dystopian setting. The world in this film is depicted like today's society. The main thing that constructs the dystopian setting in this film is the control of the sexuality. This film also shows the contestation of sexuality discourse which is depicted in the three dominant settings of the film, namely the city, the hotel, and the forest. Analysis with Foucault’s concept of and sexuality discourse shows that sexuality is a practice of power to discipline society. The results of this study also show that the film The Lobster is a satire or criticism of marriage arrangements. The film The Lobster tries to show that the ideology of conservatism of 'healthy' sexuality in the 18th and 19th centuries still exists today and causes hierarchy and discrimination. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manullang, Rianti Demerista
"Tesis ini mengkaji bagaimana memori konflik Indonesia-Belanda (1945-1949) dimediasi dan ditransformasi antar generasi melalui narasi dalam sastra berbasis memoar, De Tolk van Java (2016) serta narasi dalam dua museum di Belanda, yaitu Verzetsmuseum di Amsterdam dan Museum Bronbeek di Arnhem. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan tiga konsep utama, yaitu framing, memori dan postmemory. Melalui pendekatan Cultural Studies dengan metode analisis wacana yang dilandaskan pada kontekstualisasi dan historisitas sebuah peristiwa, akan dibahas bagaimana sebuah peristiwa di masa lalu diingat dengan cara-cara tertentu, diinterpretasi dan diartikulasikan dalam sebuah karya sastra untuk membentuk makna pada masa kini dan bagaimana sebuah teks narasi memori institusional di dalam dua museum milik Belanda memperlihatkan kompleksitas dan posisi memori personal kelompok Indo antargenerasi serta memori kolektif Belanda.

This thesis examines how the memory of the Indonesian-Dutch conflict (1945-1949) is mediated and transformed between generations through narratives in the memoir-based literature, De Tolk van Java (2016) and narratives in two museums in the Netherlands, namely the Verzetsmuseum in Amsterdam and the Bronbeek Museum in Arnhem. This research will be conducted using three main concepts, namely framing, memory, and postmemory. Through a Cultural Studies approach with a discourse analysis method based on the contextualization and historicity of an event, it will discuss how an event in the past is remembered in certain ways, interpreted and articulated in a literary work to form meaning in the present and how a narrative text the institutional memory in the two Dutch museums shows the complexity and position of the intergenerational personal memory of the Indo group as well as the collective memory of the Dutch. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>