Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35462 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Latah is a social bahavior phenomenon which has been examined theoretical by some anthropologists, historians and psychologists. They tried to explain latah and its relation to gender, ethnicity, colonialism discourse, and mental health...."
150 PJIP 1:1 (2009)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nila Widowati
"Latah sebagai salah satu culture bound syndrome yang dlkaitkan dengan gangguan psikopatologi yang menunjukkan adanya gangguan kecemasan temyata semakin meluas dan tidak hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Latah adalah suatu bentuk reaksi keterkejutan yang tidak dapat dikendalikan. Fenomena latah ternyata juga muncul dan meluas dalam kelompok seni dan dapat menjadi ciri kelompok tersebut. Berkembangnya latah dalam kelompok menunjukkan bahwa latah dapat 'menular', berarti dalam kelompok tersebut diasumsikan perilaku latah timbul akibat dari suatu proses belajar sosial. Tujuan penelitian ini adalah ingin menelaah proses timbulnya latah dalam suatu kelompok seni tari yang dikaitkan dengan teori belajar sosial dari Bandura serta faktor-faktor yang berpengamh dalam proses timbulnya latah. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai anggota kelompok seni tari mahasiswa yang latah dengan ketentuan minimal telah enam bulan mengalami latah.
Dari penelitian kualitatif ini diperoleh hasil bahwa timbul dan berkembangnya latah pada kelompok seni tersebut dapat diterangkan melalui proses modeling. Kekhususan perilaku latah menarik perhatian sekelilingnya sehingga fenomena tersebut mudah diingat. Kemudian dengan banyaknya stimulasi dalam kelompok yaitu upaya untuk saling mengejutkan sesama anggota kelompok membuat adanya proses latihan sehingga latah menjadi mudah diingat dan menjadi suatu kebiasaan. Diterimanya perilaku latah sebagai suatu ciri kelompok serta dianggap bisa memperluas pergaulan dapat menjadi penguat {reinforcement) bagi pelatah.
Untuk penelitian lanjutan dapat mengunakan pendekatan teori lain seperti psikoanalisa sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang perbedaan bentuk-bentuk reaksi latah."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
S2718
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Sulistyorini
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
S3228
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
U. U. Hamidy
Pekanbaru: Bumi Pustaka, 1983
499.28 HAM r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1985/1986
068 BUK
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Osman, Mohd. Taib
Kuala Lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka, 1988
899.230 8 MOH b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Bandono
"Ada 3 pilar isi tesis ini :
pertama. Tarik menarik hubungan antara individu sebagai anggota masyarakat dengan masyarakat sebagai media pengejawantahan individu, telah lama menjadi perdebatan sengit di kalangan ilmuwan. Apakah masyarakat yang mcncntukan individu atau individulah yang membentuk masyarakat Masyarakat. Perdebatan ini ibarat menentukan yang mana lebih dahulu telor atau ayam. Dunia Timur umumnya yang berwajah kolektivisme menyalahkan Dunia Barat yang individualistis, semenatar Dunia Barat menyalahkan Dunia Timur di mana individu terlalu menenggelamkan dirinya ke dalam masyarakat sehingga dianggap tidak otonom. Emile Durkheim yang notabene dari Dunia Barat, justru mengkuatirkan individualisme Barat, yang lama-lama kelamaan akan hancur oleh individualismenya. Sehingga teori Durkheim lebih `membela' pandangan Timur. Namun, Durkheim terlalu ekstrim memandang masyarakat di hadapan individu. Masyarakat dipandang segala-galanya.. Masyarakat sumber dan tujuan manusia. Setiap 'penyakit sosial' selalu dipandangnya sebagai lepasnya individu dari ikatan sosial. Bahkan fenomena bunuh diri pun dianggapnya bukan merupakan patopsikologis, tetapi berkenaan dengan integrasi individu dengan masyarakat. Seolah-olah masyarakatlah yang menentukan segalanya. Karena masyarakat dianggap dewa, maka individu dilihat dari sisi pandangan Durkheim tidak otonom.
Kedua, agama telah dipercayai sebagai salah satu pengikat solidaritas sosial. Agama seringkali hanya dilihat dari sisi ritualnya belaka. Agama dalam pengertian yang dipahami umum hanya berkenaan dengan sesuatu yang adi kodrati, supra natural, sesuatu yang berkenaan dengan dunia ghaib. Durkheim memandang lain mengenai agama. Agama dipandangnya merupakan aspek sakral dari masyarakatnya. Agama, menurutnya, tidak berkenaan dengan supra natural, tetapi berkenaan dengan sesuatu yang sakral. Agama adalah masyarakat dalam bentuk lain. Agama bersumber, berasal, terletak di masyarakat. Agama bukanlah metafenomenal yang Bering dipahami selama ini, tetapi sebuah fenomena kemasyarakatan.
Ketiga, Agama penurut pandangan Durkheim telah kehilangan 'roh' nya sebagai pengikat solidaritas sosial. Karena agama yang dipahami orang adalah abstrak dan tidak membumi. Maka agama masyarakatlah yang mampu mengiukat masyarakat Tesis ini berusaha menelusuri akar-akar pemikiran Durkheim tentang Agama. Pilar pembahasan diawali dengan pandangan Durkheim tentang masyarakat, Sosiologi (fakta sosial) , moralitas dan agama. Kemudian faktor-faktor dan akar-akar pemikiran durkheim diidentifikasikan dan dianalisis.
Dari pembahasan ditemukan bahwa agama dalam pengertian Durkheim adalah kepercayaan masyarakat yang turun temurun, bukan agama dalam pengeritan agama samawi. Pemikirannya tentang agama sangat positivistik-sekuler dan reduksionistis.Moralitas pun oleh Durkheim hanya dipahami `sejauh sesuai atau tidak sesuai dengan nilai-nilai kolektif, yang berseberangan dengan pandangan Immnuel Kant yang menekankan hati nurani..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T37276
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuanita Tanuwijaya
"Skripsi ini membahas upacara minum teh di Cina. Pembahasan meliputi tata cara, jenis, bentuk, dan bahan dasar upacara minum teh di Cina. Upacara minum teh di Cina yang dibahas dalam skripsi ini adalah Upacara Teh Taois (��������) dan Upacara Teh Wu-Wo (��������) dengan metode penyajian teh yang paling umum digunakan adalah Gongfu Cha (������). Berdasarkan keseluruhan definisi kebudayaan dapat disimpulkan bahwa upacara minum teh merupakan sebuah hasil karya dan penelitian yang telah dilakukan oleh masyarakat Cina, yang kemudian diteruskan turun-temurun oleh anggota masyarakat lainnya. Tradisi upacara minum teh di Cina juga memiliki tata cara dan aturan-aturan tersendiri yang mengandung nilai estetika, spritual, dan moral. Tradisi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tersebut dihubungkan dengan definisi kebudayaan yang meliputi seni sastra, seni rupa, seni musik, seni pahat, dan pengetahuan filsafat sebagai sebuah kesatuan dalam the body of art. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa upacara minum teh merupakan bagian dari kebudayaan Cina.

This thesis discuses the tea ceremony in China which covers the method, variety, form, and basic ingredients. The tea ceremonies analyzed in this thesis are the Taoist Tea Ceremony (��������) and Wu-Wo Tea Ceremony (��������) with the Gongfu Cha (������) as the most common tea serving method. Based on the whole definition of culture, it can be concluded that the Chinese tea ceremony is a form of art and research that has been conducted by the Chinese society which furthermore passed on from generation to generation and amongst the other member of society. The tradition of tea ceremony in China also possesses its own methods and rules that embodied the aesthetic, spiritual, and moral value. The tradition and values contained in the ceremony also linked with the definition of culture that covers the art of literature, music, sculpture, philosophy, and fine arts unified in the body of art. Thus, the tea ceremony can be concluded as a part of Chinese culture."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S13098
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gondomono
Depok: FSUI, 1997
305.895 1 GON m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Asyura
Kalimantan Barat : Balai Pelestarian Nilai Budaya , 2019
900 HAN 3:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>