Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 65928 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Widiantoro
"Tujuan utama penelitian ini adalah menerapkan konsep mekanika kolaborasicpada pembuatan prototipe shared workspace. Shared workspace adalah sebuah aplikasi dimana sebuah kumpulan pengguna dapat memiliki akses ke sebuah kelompok informasi yang sama, fungsi-fungsi yang sama, dan dapat mengerjakan transaksi-transaksi secara interaktif. Karena kualitas interaksi yang dapat didukung oleh sebuah shared workspace menentukan efektifitas dari shared workspace tersebut, maka prototipe shared workspace dibuat berdasarkan konsep mekanika kolaborasi. Konsep mekanika kolaborasi adalah konsep yang menerangkan bahwa kolaborasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam sebuah grup dapat diklasifikasikan menjadi satuan-satuan terkecil yang dinamakan mekanika kolaborasi.
Penerapan mekanika kolaborasi pada prototipe shared workspace tersebut dilakukancdengan cara memilih fitur-fitur yang dianggap dapat memenuhinya untuk diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi shared workspace. Implementasi dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan pengujian dilakukan dengan membuat sebuah skenario penggunaan. Skenario tersebut digunakan untuk mengukur sejauh mana prototipe shared workspace yang dibuat dapat memenuhi aspek-aspek dari mekanika kolaborasi.
Dari pengujian tersebut didapatkan bahwa prototipe shared workspace yang dibuat dapat memenuhi seluruh mekanika kolaborasi yang diujikan. Selain itu, beberapa aspek dari mekanika kolaborasi dapat dipenuhi dengan mengubah bentuk komunikasi menjadi bentuk yang dapat direpresentasikan oleh prototipe ini."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elmira Zanjabila
"Skripsi ini membahas tentang perubahan nilai pada objek yang berkaitan dengan organisasi spasial pada ruang bekerja di rumah. Keadaan pandemi Covid-19 menuntut para pekerja dan mahasiswa untuk bekerja jarak jauh dari rumah (Work from Home (WFH)) sebagai remote workers. Kebutuhan fisik dan psikologis yang muncul selama WFH mendorong remote workers untuk melakukan adaptasi dengan melakukan perubahan pada workspacenya, terutama melalui penggunaan dan peletakan objek sebagai aspek yang memiliki keterkaitan yang erat dengan bagaimana manusia memproduksi dan mengalami ruang. Skripsi ini mempelajari mekanisme remote workers dalam melakukan adaptasi ruang dengan mengubah cara mereka memberi value pada objek dan mengorganisasi valued objects tersebut. Studi kasus dilakukan pada 3 remote workers dengan aktivitas dan preferensi yang berbeda-beda. Hasil analisis studi kasus menunjukkan bahwa kebutuhan organisasi objek yang muncul selama WFH bertujuan untuk memberikan kemudahan akses terhadap valued objects yang mendukung aktivitas, mendukung kebutuhan akan kualitas ruang yang nyaman dan menyenangkan, dan ruang yang dapat memproduksi interface yang mendemonstrasikan identitas diri remote workers. Studi ini menemukan bahwa dinamika valued objects bagi remote workers terkait dengan bagaimana objek dinilai, baik sebagai sebagai prosthetic possessions, memiliki attachment terhadap dirinya, menjadi source of attraction, dan source of pride. Organisasi valued objects pada ruang demikian mempertimbangkan kemudahan akses terhadap objek untuk berkegiatan, visibilitas objek pada ruang, dan kualitas cahaya yang baik di dalam ruang agar mudah terlihat saat bekerja dan berinteraksi.

This thesis discusses the changing value of objects that affect the spatial organization of a home-based workspace. Covid-19 pandemic situation requires workers and students to work remotely from home (Work from Home (WFH)) as remote workers. The physical and psychological needs that arise during WFH encourage remote workers to adapt by making changes to their workspace, especially through the use and placement of objects as aspects that are closely related to how humans produce and experience space. This thesis examines the mechanism of remote workers in adapting their workspace by changing the way they value objects and organize the valued objects. The case study was conducted on 3 remote workers with different activities and preferences. The case study analysis shows that the objectives of object organization that emerged during WFH are aimed to provide easy access to valued objects that support activities, supporting the need for comfortable and pleasant qualities of space, and a space that can produce interfaces that demonstrate the self-identity of the workers. The study found that the value dynamics of the remote workers’ objects is shaped by either the objects’ existence as prosthetic possessions for the body in conducting their activities, the meaningful attachment of the objects with the remote workers, and objects that exist as a source of attraction and pride. The organisation of these valued objects in space considers the ease of access towards the objects in doing the activities, visibility of objects in space, and the good light quality for working and interacting purposes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya
"Atmosfer ruang merupakan kualitas yang dirasakan manusia melalui sensorisnya ketika ia hadir dalam suatu tempat. Proses penerimaan atmosfer ruang dapat berpengaruh terhadap keadaan fisik, psikologis, dan emosional seseorang hingga mempengaruhi proses kognitif. Disamping itu, ruang kerja kreatif merupakan kondisi ruang yang mampu mewadahi kegiatan bekerja dan mendorong pekerja untuk berpikir kreatif. Ruang kerja kreatif dapat hadir dimanapun saat seseorang merasa terstimulasi untuk melakukan kegiatan tersebut. Naskah ringkas ini akan membahas terciptanya ruang kerja kreatif pada cafe yang merupakan bagian dari maraknya fenomena work from cafe. Penulis akan menjelaskan bagaimana elemen ruang pada cafe membentuk atmosfer yang menstimulasi kreativitas pekerja. Studi kasus dan wawancara dilakukan dalam membedah atmosfer ruang cafe dan apa yang menjadikan ruang cafe memenuhi kualitas dalam mendukung kerja kreatif. Pada akhirnya, diharapkan penulisan skripsi ini dapat memperjelas kualitas ruang ideal yang dapat menstimulasi creative thinking dalam proses bekerja seseorang.

The atmosphere of space is a quality that can be felt through human senses when they are present in a place. The receiving process of the atmosphere can affect a person's physical, psychological, and emotional state, then affect their cognitive. In addition, a creative workspace is a space condition that can accommodate working activities and encourage workers to think creatively. Creative workspaces can be present anywhere when someone feels stimulated to carry out these activities. This thesis will discuss the presence of creative workspaces in cafes which are part of the work from cafe phenomenon. The author will explain how the space elements create an atmosphere that stimulates creativity. Case studies and interviews were conducted to identify the cafe atmosphere and what makes the atmosphere quality of the cafe support creative work. Hopefully, the writing of this thesis can clarify the ideal quality of space that can stimulate creative thinking in a working process"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fillah Amalia
"Peningkatan jumlah pelaku usaha kosmetik lokal di Indonesia semakin positif. Namun, hadirnya produk brand impor turut menjadi ancaman bagi produk kosmetik lokal dalam memenuhi kebutuhan pasar sehingga dibutuhkan strategi inovasi yang tepat. Perilaku inovatif menjadi salah satu upaya perusahaan dalam mendorong karyawan agar lebih kompetitif. Mengingat bahwa karyawan merupakan aset utama milik perusahaan yang perlu dijaga dan dikembangkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge sharing terhadap innovative behavior dengan shared leadership sebagai variabel mediasi pada karyawan perusahaan kosmetik lokal di Indonesia. Proses pengumpulan data penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu Agustus 2023 hingga Desember 2023 dengan total 155 responden yang berasal dari 14 perusahaan kosmetik lokal di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap innovative behavior, dan shared leadership memediasi secara positif dan signifikan dalam hubungan antara keduanya pada karyawan perusahaan kosmetik lokal di Indonesia.

The increase in the number of local cosmetic business actors in Indonesia is increasingly positive. However, the presence of imported brand products also poses a threat to local cosmetic products in meeting market needs, so an appropriate innovation strategy is needed. Innovative behavior is one of the company's efforts to encourage employees to be more competitive. Recognize that employees are the company's main assets whose quality needs to be maintained and developed. This research aims to analyze the influence of knowledge sharing on innovative behavior with shared leadership as a mediating variable in employees of local cosmetic companies in Indonesia. The data collection process for this research was carried out in the period August 2023 to December 2023 with a total of 155 valid respondents from 14 local cosmetic companies in Indonesia. This type of research is explanatory using a quantitative approach. The results of this research show that knowledge sharing has a positive and significant effect on innovative behavior, and shared leadership mediates positively and significantly in the relationship between the two among employees of local cosmetic companies in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Telah dilakukan analisis sistem mekanik dan pengujian sistem kendali dan akusisi data pada Prototipe Portal Monitor Pencitraan Peti Kemas. Analisis sistem mekanik meliputi support pemegang penting dilakukan untuk menjaga kelangsungan pengoperasian. Sedangkan analisis sistem akuisisi data dan elektrik dilakukan padasisi sistem` catu daya motor penggerak conveyor . Tujuan dilakukan analisis dan karakterisasi untuk penyempurnaan desain. Proses analisis statik struktur rangka conveyor dilakukan melaluisimulasi dalam software ANSYS 1.4. Pada sistem data akuisisi dan sistem elektrik telah dilakukan pengujian. Dari hasil analisis mekanik menunjukkan bahwa desain yang dibuat telah memenuhi kriteria keamanan dan keselamatan. Sedangkan pada pengujian sistem akuisisi data sistem dapat menampilan data melalui jaringan internet dengan baik."
JPN 8:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Telah dilakukan analisis sistem mekanik dan pengujian sistem kendali dan akusisi data pada Prototipe Portal Monitor Pencitraan Peti Kemas. Analisis sistem mekanik meliputi support pemegang penting dilakukan untuk menjaga kelangsungan pengoperasian. Sedangkan analisis sistem akuisisi data dan elektrik dilakukan padasisi sistem` catu daya motor penggerak conveyor . Tujuan dilakukan analisis dan karakterisasi untuk penyempurnaan desain. Proses analisis statik struktur rangka conveyor dilakukan melaluisimulasi dalam software ANSYS 1.4. Pada sistem data akuisisi dan sistem elektrik telah dilakukan pengujian. Dari hasil analisis mekanik menunjukkan bahwa desain yang dibuat telah memenuhikriteria keamanan dan keselamatan. Sedangkan pada pengujian sistem akuisisi data sistem dapat menampilan data melalui jaringan internet dengan baik."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam setiap kegiatan militer terutama perang udara, radar berperan penting sebagai mata sekaligus telinga baik dalam sistem pertahanan maupun sistem penyerangan udara. Radar menentukan tempat kedudukan sasaran serta memberi peringatan dini akan adanya sasaran yang membahayakan. Mengingat kegunaan radar dalam kehidupan militer demikian banyak maka dalam kegiatan militer wajib mengetahui sistem radar mulai prinsip kerja hingga hingga perkembangan dan kegunaannya. Perkembangan terbaru dari teknologi radar saat ini adalah dikembangkannya teknologi tandingan dari radar yaitu sistem anti radar yang memungkinkan suatu benda tidak dapat dideteksi radar.
Penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam ilmu pengetahuan khususnya tentang material anti radar yang dikembangkan oleh berbagai negara maju serta mencapai kemandirian bangsa dalam bidang pertahanan. Sasaran yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah penyerapan absorber gelombang radar yang dapat diterapkan pada berbagai perangkat tempur seperti pesawat, Unmanned Aerial Vehicle (UAV), kapal dan peralatan tempur lainnya."
321 LPI 17:33 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ayudya Handayani A.P.
"ABSTRAK
Kegiatan ini merupakan penerapan proses konsultasi yang bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan yang dihadapi oleh PT X. PT X tidak memiliki visi yang jelas sehingga kegiatan organisasi tidak selaras, karyawan dinilai kurang fokus dalam bekerja dan kinerjanya tidak optimal. untuk itu disarankan PT X untuk menyusun visi perusahaan. visis yang dipandang tepat untuk family business enterprise adalah shared future vision. proses perencanaan paralel dari carlock dan ward (2001) memberikan panduan pengembangan shared future vision sekaligus perencanaan strategi bagi perusahaan.

ABSTRACT
This activity is the implementation of a consultation process that aims to reveal the problems faced by PT X. PT X does not have a clear vision so that organizational activities are not aligned, employees are considered less focused on work and performance is not optimal. for that, it was suggested PT X to develop the company's vision. visis which is considered appropriate for family business enterprises is shared future vision. Parallel planning processes from Carlock and Ward (2001) provide guidance on the development of shared future vision as well as strategic planning for companies."
2010
T38214
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Setiyadi
"Observer bertugas memantau dan mengambil objek yang berada diperairan selama misi pemantauan pada pesawat patroli maritim. Hal tersebut dilakukan dengan posisi duduk membungkuk sambil mengambil gambar dengan kamera yang dapat menimbulkan cedera pada tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang ruang kerja observer sesuai postur kerjanya dalam virtual environtment dengan menggunakan software simulasi ergonomi, Jack 6.1.
Postur kerja observer akan diujikan dengan 8 konfigurasi berbeda dengan menggunakan metode Posture Evaluasion Index (PEI). Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi desain dengan tinggi kursi sebesar 37 cm, tinggi bubble window sebesar 68 cm dan tinggi hand rest sebesar 70 cm.

The tasks of an observer are to monitor and to take images of the objects on the water during the surveillance mission on maritime patrol aircraft. Those tasks are done by hunched-sitting position while taking pictures with the camera, which can cause musculoskeletal disorder on the body. The purpose of this study is to analyze and redesign the workstation of the observer according to his working posture in the virtual environment by using ergonomic simulation software: Jack 6.1.
The observer’s working posture will be examined with eight different configurations by Posture Evaluasion Index (PEI) method. The result of this study would be a proposal of design configuration of a chair with 37 cm high, bubble window with 68 cm high, and hand rest with 70 cm high.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46697
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tomkinson, Ray
"Despite the pressure for local councils to follow the lead of the private sector and develop shared service and partnership arrangements, the barriers in terms of culture, differences in priorities across councils and lack of experience are formidable - yet this is the most likely source of meeting government targets for reduced overheads and improved organizational effectiveness. By using extensive case studies drawn from across local councils in England, Ray Tomkinson explains the implications of sharing service delivery, addresses concerns about loss of control and accountability, and demonstrates the potential advantages. He shows how to set up collaborative ventures, formal partnerships, shared service centres or special purpose vehicles, while pointing out possible pitfalls, thus enabling senior managers to follow all the necessary project steps to create an appropriate shared service. It seeks to examine the evidence of the cost, effectiveness and quality improvements achieved from sharings. This ground-breaking book has been written for everyone in local government; it explores the political and cultural barriers, and legislative/legal framework for joint workings, explains how to find an appropriate governance vehicle, and how to gain the commitment of partners. It deals with political and managerial concerns, risk aversion and parochial issues, and the possible impact on the reputation and performance of both sharers. Shared Services in Local Government is the only comprehensive study for the UK and it will ensure any public sector organization pursuing this route is able to approach the task of creating a shared service with a real understanding of the issues involved."
London: Routledge, 2016
e20497025
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>