Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64955 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Monthy
"PT. UTN adalah sebuah perusahaan baru di industri pemasaran berjenjang. Didirikan pada kwartal ke empat 2004, perusahaan ini mempunyai masalah yaitu bagaimanana caranya untuk menyediakan informasi yang cepat, akurat, dan murah kepada pelanggannya, dalam hal ini para anggota dan stockist dari PT. UTN. Proyek Akhir ini mencoba untuk menjawab permasalahan itu, dengan mengintegrasikan portal PT. UTN dengan aplikasi back-end perusahaan, penulis berharap informasi yang terdapat pada aplikasi back-end dapat secara otomatis disinkronisasikan dengan informasi yang terdapat pada portal, sehingga baik PT. UTN dan pelanggannya akan mendapatkan nilai tambah.

PT. UTN is a new company in network marketing industry. Founded in Q4 2004, this company had an issue, which is how to give fast, accurate, and cheap to deliver information to their customers in this case members and stockists of PT. UTN. This final project try to answer that issue, by integrating portal PT. UTN with their back-end application, writer hopes that information in the back-end application can be automatically synchronize with the information in the portal, therefore PT. UTN and their customers will have additional values."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I.G.N. Rudy Harjono
"Perkembangan dibidang teknologi informasi saat ini adalah pesat sekali. Hal ini bermula dengan ditemukannya teknologi internet dan kemudian berkembang kesegala bidang termasuk dibidang telekomunikasi. Di bidang telekomunikasi, perkembangan internet nirkabel ditandai dengan munculnya handset atau telepon selular yang berteknologi WAP dan GPRS. Dengan teknologi ini setiap orang dapat mengakses internet ditempat dimana saja ia berada hanya dengan menggunakan handsetnya tersebut sepanjang terdapat layanan dari operator telekomunikasi. Seperti diketahui bahwa WAP dikenal sebagai sebuah protokol aplikasi yang dipakai untuk lalu-lintas data di internet nirkabel. Untuk mengantisipasi sekaligus membuka peluang bisnis baru didalam kegiatan internet yang mobile atau berpindah-pindah tempat, KCM telah mempersiapkan dirinya dengan menjadi penyedia konten. Penyedia konten atau content provider adalah merupakan salah satu model bisnis yang dipilih KCM dalam layanan WAP ini, mengingat sebelumnya mereka telah berperan dalam model bisnis yang sama di dunia internet yang menggunakan kabel. Untuk mendukung proses bisnis layanan WAP maka perlu adanya sebuah rancangan sistem yang mampu mengatur sekaligus mengelola kegiatan tersebut. Sistem ini nantinya adalah sebagai salah satu perwujudan KCM dalam melaksanakan kegiatan e-Bisnis di Indonesia yang saat ini mulai tumbuh dan berkembang.

IT development today is growing so fast. The revolutionary development can be traced back to the birth of Internet technology. The sign of wireless Internet development in communication field can be seen from handset tools or cell-phone with WAP and GPRS technology. With this technology, everybody can access the internet anytime and anywhere only with their tools and supports from their communication operator. As we already know, WAP known as an application protocol that can be used as data traffic in wireless internet. To anticipate and to open new business opportunity in mobile internet or nomadic, KCM has already prepared themselves to become a content provider. Content provider is one of KCM business model for WAP services due to their experiences in related business models. To support the WAP service?s business processes, we need to build a system that is able to arrange and manage this kind of activity. This system will be one of KCM efforts to fulfill their e-business activity in Indonesia which is growing so fast."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rd. Anto Nurkristiana
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40469
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachima Fatkhawati
"UMKM di Indonesia menjadi prioritas pengembangan pemerintah. Peta jalan Making Indonesia 4.0 oleh Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa UMKM di Indonesia harus mengadopsi teknologi informasi dalam kegiatan bisnisnya untuk meningkatkan produktivitas dan pangsa pasar. Ditargetkan pada 2030 mendatang, sebanyak 30 juta UMKM di Indonesia telah melakukan transformasi digital. Sistem informasi ini diterapkan guna mendukung operasional bisnis agar tercapai tingkat efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan operasionalnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Agile Kanbandengan pendekatan Object Oriented. Sistem yang dihasilkan berupa Sistem Pemesanan, Sistem Transaksi, Sistem Manajemen Pelanggan, Sistem Manajemen Karyawan, Sistem Input Stok, Sistem Invoice, dan Sistem Manajemen Produk. Penulis juga menggunakan alat bantu dalam melakukan perancangan sistem yaitu dengan use case diagram, use case scenario, entity relationship diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram.Penulis juga merancang high-fi design user interface menggunakan software Figma. Sistem informasi ini menggunakan database server yaitu MySQL.

MSMEs in Indonesia are a government development priority. The Making Indonesia 4.0 roadmap by the Ministry of Industry says that MSMEs in Indonesia must adopt information technology in their business activities to increase productivity and market share. It is targeted that in 2030, as many as 30 million MSMEs in Indonesia will carry out digital transformation. This information system is implemented to support business operations in order to achieve a level of efficiency and effectiveness in its operational activities. In addition, it is also necessary to pay attention to the implementation of Customer Relationship Management (CRM) strategies to maintain customer loyalty and customer satisfaction. This study uses the Agile Kanban method with an Object Oriented approach. The resulting systems are Ordering Systems, Transaction Systems, Customer Management Systems, Employee Management Systems, Stock Input Systems, Invoice Systems, and Product Management Systems. The author also uses tools in designing the system, namely use case diagrams, use case scenarios, entity relationship diagrams, class diagrams, activity diagrams, and sequence diagrams. The author also designed a high-fi user interface design using Figma software. This information system uses a database server, namely MySQL."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Apriani
"Fenomena e-Business telah menjadi tren yang mewarnai aktivitas bisnis di negara-negara maju maupun di negara-negara berkembang. Hal ini terjadi karena dengan adanya e-Business, proses dan sistem bisnis (pertukaran barang atau jasa) menjadi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan cara-cara terdahulu (konvensional). Terutama dilihat dari keuntungan maupun manfaat yang diperoleh bagi semua pihak yang memiliki kepentingan, dalam hal ini stakeholder.
PT PQR Indonesia, sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi, perlu mengimplementasikan e-Business untuk meningkatkan kualitas layanan, dalam hal ini penyediaan produk maupun jasa yang diberikan kepada customer, dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin lama semakin kompetitif, sehingga PT PQR Indonesia dapat terus bertahan dalam menjalankan bisnisnya, bahkan diharapkan dapat meningkatkan kesuksesan bisnisnya. Panjangnya rantai channel yang ada membuat PT PQR Indonesia tidak dapat dengan cepat mengatasi permasalahan yang terjadi pada pelanggan korporat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu strategi, model dan desain e-Business yang dapat mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi pada Divisi Supplies PT PQR Indonesia, serta menganalisa teknologi informasi yang diperlukan untuk mendukung penerapan e- Business tersebut.
Dalam studi kasus ini, strategi, model dan desain e-business yang dibuat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan korporat PT PQR Indonesia. Model e-business tersebut menghasilkan kondisi dimana PT PQR Indonesia dapat berhubungan langsung dengan pelanggan korporat dan resellernya, yaitu dengan melakukan strategi e-Channels, melalui Inovasi Jalur Transaksi dan Memperkaya Jalur Transaksi.

E-Business phenomenon has been a major trend in business activity in developed countries as well as in developing countries. With e-Business, system and business process (the exchange of goods and services) become much better compared to conventional method. Especially profit and benefits that stakeholder can get.
As a technology solution company, PT PQR Indonesia, need to implement e-Business in order to raise service quality to customer, by fulfilling new product or services, in order to increase company?s competitiveness. Implementation of e-Business can increase the competitiveness of PT PQR Indonesia in high pace environment, so PT PQR Indonesia can keep surviving in the industry and will achieve company?s goals & profit successfully. Problems that happen when dealt with corporate customer are the length of channel chain. In order to solve the problems which mostly happen in Supplies Division PT PQR Indonesia, strategy, model and design of e-Business, also information technology to support them, were needed.
In this case study, strategy, model and design e-Business that built could increase the corporate customer satisfaction, if PT PQR has direct relation to corporat customer and reseller, through e-Channels strategies, i.e e-Channel Innovation and Transaction Enchancement."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T40232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rama Raditya
"46% perusahaan di dunia saat ini belum memiliki integrasi yang baik antara supply chain dengan perusahaan. Diperlukan suatu alat pembelajaran baru yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Riset ini membuat permaian serious simulation game baru yang memodelkan aspek supply chain dan pemasaran untuk memahami permasalahan integrasi kedua aspek tersebut. Pemain akan memerankan manager pemasaran dan supply chain serta menyelesaikan permasalahan pada setiap dan antara kedua bidang tersebut. Pemain akan mempelajari dan menerapkan konsep-konsep integrasi antara supply chan dan pemasaran selama memecahkan permasalahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa permaianan simulasi ini berhasil mengajarkan konsep-konsep integrasi antara supply chain dengan pemasaran.

46% of companies in the world today do not have good integration between the company's supply chain. A new learning tool is meeded that can solve these problems. This research develop a new serious simulation game that models supply chain and marketing aspects of in order to understand integration problem between both aspects. Players will as play the manager of marketing and supply chain and solving the problems in each and between the two fields. Players will learn and apply the concepts of integration between the supply and marketing chan for solving the problem. The results showed that the simulated games or successfully teach the concepts of integration between supply chain to marketing.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35652
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darlim
"Saat ini dunia tengah memasuki persaingan yang cukup ketat dengan berbasis kepada informasi. Informasi dengan memanfaatkan teknologi Informasi menjadi aset yang berharga bagi institusi bisnis dalam memenangkan persaingan bisnisnya. LKBN ANTARA sebagai Kantor Berita Nasional Indonesia perlu melakukan langkah strategis yang ditunjang oleh kejelasan visi, misi, tujuan serta strategi bisnisnya untuk menjadi Penyedia Jasa layanan content yang terkemuka ke depan. Dengan menerapkan e-Business, diharapkan LKBN ANTARA dapat mewujudkan mimpinya tersebut. Penerapan e-Business di LKBN ANTARA ini mempergunakan metodologi yang diadopsi dari Kalakota yaitu : Membangun Pemahaman Dasar, Mengevaluasi Kemampuan Organisasi serta mendesain e-Business yang akan diterapkan. Secara konsepi ideal , LKBN ANTARA akan mendapatkan banyak manfaat dari diterapkannya e-Business ini. Seperti: Penghematan Biaya Operasional, Perampingan Proses dan mekanisme kerja Operasional, memperoleh pangsa pasar dan sumber pendapatan baru serta meningkatnya kinerja dan produktifitas wartawannya. Hanya saja karena keterbatasan waktu yang ada maka pembahasan hanya difokuskan pada sistem yang berhubungan dengan pelanggan secara langsung yang berbasis kepada internet. Ke depan, diperlukan pembahasan lebih dalam lagi terhadap aspek-aspek e-Business pada sektor atau bidang lain pada organisasi LKBN ANTARA agar dapat terwujud manfaatmanfaat di atas.

Nowdays, we are entering in the era of information-based competition. Information used Information and Communication Technology could be valuable asset for business institution againts tight competition. Indonesian National News Agency (LKBN) ANTARA needs to perform strategies step ahead supported by clear and defined vision, mission, objectives and strategies to become a leading Content Service and Provider. By impelementing e-Business concept, Wish LKBN ANTARA could realized its dream. We are using Kalakota Methodology to implement e-Business in LKBN ANTARA which steps are: Knowledge Building, Capability Evaluation and Design e- Business. Ideally, LKBN ANTARA can get many advantages of impelementing e-Business such as: operational cost reduction; sleeming process and mechanism of operational work; get new market (subscriber potency); new income (money /revenue generator) and improve journalist productivity. Due to time constraint in writting this Master Project, we just focus on process and application face to our subscriber directly which called LKBN ANTARA website, internet based application. Next, we need to explore and study more details process related to whole operational to be able to find their advantages in the real world."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T40471
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Roy Sahat
"Era globalisasi menuntut semua organisasi, baik yang berorientasi pada laba ataupun nirlaba, untuk beroperasi secara efesien dan efektif. TUtujuannya untuk meningkatkan kualitas organisasi agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu solusi yang dapat memberikan kemudahan untuk membuat, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi. TI juga memungkinkan terjadinya proses komunikasi yang sebelumnya sulit bahkan tidak mungkin dilakukan.
PT. "XYZ" Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang agrobisnis dan telah berdiri sejak tahun 1993. Seiring perkembangan perusahaan yang semakin pesat, penambahan jumlah karyawan, dan kondisi geografis cabang-cabang perusahaan yang tersebar, hal ini membawa kedala dalam proses workflow perusahaan, hal ini juga dikarenakan proses workflow selama ini masih dijalankan secara manual, walaupun fasilitas komputer telah di sediakan, namun dukungan dari aplikasi yang minim membuat proses berlangsung lama dan berlarut-larut. Menjawab hal tersebut perusahaan membentuk satu divisi Informasi Teknologi (IT) untuk menangani masalah pengembangan aplikasi maupun infrastruktur. Dalam pengembangan aplikasi workflow, divisi IT memilih teknologi e-business dan open source, penerapan teknologi e-business dan open source dipilih karena merupakan kebijakan perusahaan, dipandang dari sisi biaya, ketersediaan sumber daya manusia, dan kehandalan teknologi tersebut.

Globalization era demands all organizations, whether they are profit or non-profit oriented to operate efficiently and effectively. The purpose is to increase the quality of the organization, so that it can survive in the competitive environment. The implementation of information technology is one of the best solutions to create, process, store, and distribute information. Information technology also makes possible communications to take place, including those that were previously impossible.
PT "XYZ" group of companies, established since 1993, operates in agribusiness sectors. As the company grows rapidly, employees' total number also increases, distributed across company branches which are geographical spread in many areas. This situation brings problems to the company human resource workflow process. The problems are mainly due to the manual workflow process. Although they have had computer facilities and networking infrastructure support, the support from the application is not enough to speed up the processes. To respond to this situation the company establishes the Information Technology (IT) division to build an application and its infrastructure to automate the HR workflow processes. In developing the workflow application, the IT division uses an e-business approach and open source technology. This technology was chosen according to a company policy that was made based on financial considerations, human resources availability, and technology capability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini membahas tentang perancangan Digital Dashboard System pada PT XYZ dan dampaknya pada perusahaan tersebut dalam hal pengambilan keputusan. Digital Dashboard dirancang untuk dapat menyajikan sensitivity analysis kinerja keuangan rugi-labarugi-laba PT XYZ. Pada penelitian ini, proses perancangan Digital Dashboard dimulai dari identifikasi variabel, identifikasi user requirement, perancangan user interface hingga proses pengujian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Digital Dashboard yang baik harus dapat merepresentasikan data yang padat dengan tampilan yang efisien, menarik dan mudah untuk dimengerti. Penelitian ini juga menyatakan bahwa Digital Dashboard yang baik dapat meningkatkan efektifitas eksekutif perusahaan dalam proses pengambilan keputusan.

Abstract
This study discusses the design of the Digital Dashboard System on PT XYZ and its impact on the company in terms of decision making. Digital Dashboard is designed to provide sensitivity analysis of financial performance of PT XYZ's income statement. In this study, the Digital Dashboard design process starts from the identification of variables, identification of user requirements, designing the user interface to the testing process. The results of this study indicate that the good Digital Dashboard should be able to represent the solid data with the efficient view, attractive and easy to understand. The study also states that the good Digital Dashboard can improve the effectiveness of corporate executives in decision-making process"
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia], 2010
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Okky Andrian
"Pasar Telekomunikasi belakangan ini semakin competitif. Bagi Perusahaan telekomunikasi untuk tetap mempunyai pangsa pasar yang besar adalah menjadi tantagan tersendiri. Untuk mencapai kesuksesan tersebut perusahaan telekomunikasi menerapkan data warehouse Informasi Strategis yang diberikan oleh data warehouse menjadi tantangan yang harus dipenuhi untuk kebutuhan analitik bagi perusahaan. Perancangan dan pengembangan sistem data warehouse dengan menggunakan metodologi dan cara-cara yang tepat mesti digunakan dengan baik. Proyek ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Perusahaan telekomunikasi dalam menyediakan perancangan data warehouse sebagai sarana informasi untuk analisis data.

The telecommunications market is becoming increasingly competitive. In order to remain profitable and, many telecommunications companies are implementing data warehouses. The Strategic Information delivered from data warehouse has become a challenge to be fullfiled in order to analytical purpose of the Company. To design and develop the data warehouse system the appropriate methodology and "best of breed" must be applied. This project is believed would statisfy the Telecommunication Company`s needs in designing data warehouse in order to provide information for analytical data."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>