Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4504 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Routledge, 2009
1010000134
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Dwi Utami
"Penelitian ini merupakan bagian dari tahap adaptasi awal alat tes Luria-Nebraska
Neuropsychological Battery (LNNB). Langkah adaptasi mengacu pada panduan
adaptasi lintaskultur yang dipublikasikan oleh Intemational Test Comission (ITC).
Penelitian ini melanjutkan tahap adaptasi yang sudah dilalui terhadap LNNB
Form I berupa penetjemahan forward dan backward. LNNB Form I Versi
Terjemahan ini belum pemah diujioobakan pada kclompok sampel yang menjadi
target populasi. Penelitian ini mengujioobakan administrasi LNNB Fomt I Versi
Terjemahan tersebut pada 10 individu yang termasuk dalam kelompok Dewasa
Madya. Proses dan kendala yang ditemui dalam administrasi dicatat dan
diinventarisasi sebagai dasar untuk melakukan tahapan adaptasi selanjutnya dari
LNNB Form I Versi Terjemahan.
.Ienis penelitian adalah penelitian exploratory dengan desain deskriptifl Hasil
penelitian menunjukkan bahwa LNNB Form 1 Versi Texjemahan dapat digunakan
pada kelompok dev/asa madya di Indonesia, namun masih perlu dilakukan
penyesuaian terhadap beberapa konten item yang masih terikat kultur Barat., dan
penyesuaian dalam penyampaian instruksi pada beberapa item. Administrasi
LNNB dapat dilakukan dengan baik apabila menggunakan format lembar rekam
respon yang efektif serta diadministrasikan dalam kondisi pengetcsan yang
terkontrol.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T34135
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
McCloskey, George
London: Routledge, 2008
370.15 MCC a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
McCloskey, George
"Presents a blend of theory, research, and practice that offers clinicians a framework for the concept of executive functions (EFs) in educational settings. This book focuses on the practical issues involved in the use of assessment tools, tests, report writing, and the implementation and follow-up of targeted interventions using the EF model. Read less"
New York: Routledge, 2009
370MCCA001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
London: Lawrence Erlbaum Associates, 1997
616.075 ASS
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Zuckerman, Edward L.
New York : Guilford Press , 2006
616.890 014 ZUC c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Anggraini Aprillia
"Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efelctif dalam mengidentiiikasi dan menentukan disfimgsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammelce dan Purisch menyempumakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska Neuropsyohological Battery (LNNB)_ LNNB memilild 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Mcmori. Pcncliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari iimgsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia Untuk menghasilkan alat ukur yang balk diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bil tes tersebut reliabei, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena ilu, penelitian memfolcuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan nonna. Penelitian clilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Regular Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang denan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisicn Alpha., didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi intcmal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen, Rendahnya konsistensi intemal dari Skaia Memori LNNB disebabkan oieh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan mctode criterion prediction validation dcngan tcknik concurren! validation dan kriteria yang digunakan adalah previously available test, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan Ini berarti Skala Memori LNNB valid daiam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan nonna dalam kelompok dengan transformasi linear dengan tcknik T score. Pada penyusunan nonna, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tjdak menyebar sccara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saga.
Untuk selanjutnya disarankan melalcukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori nominal dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabiiitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat nonna gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang normal dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiairi. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori normal dengan mereka yang mengaiami gangguan neurologis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
TA34186
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wanlass, Richard L.
"The neuropsychology toolkit jump-starts confidence and competence by identifying common evaluation errors, of omission, commission, and misjudgment and providing a solid framework for avoiding them. Geared toward best practice as well as clear communication, it covers each step of the process, from gathering background information and other pre-test considerations to interpreting results and reporting conclusions, so the developing practitioner can find his or her own voice without sacrificing crucial detail. This improved evaluation of clients, in turn, will improve the way one’s practice is evaluated by supervisors, colleagues, or the courts. "
New York: Springer, 2012
e20396381
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1995
418 REA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Jessica Alexandra S.
"Regulasi diri menjadi salah satu keterampilan penting yang dapat mencegah berkembangnya masalah perilaku anak. Fungsi eksekutif sebagai komponen dasar umumnya menjadi target intervensi dalam optimalisasi kemampuan regulasi diri. Di masa pandemi COVID-19, tantangan yang dialami anak lebih banyak melibatkan emosi dan motivasi untuk mengambil keputusan, akan tetapi tetapi belum ada penelitian yang meningkatkan regulasi diri pada konteks situasi afektif tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan regulasi diri anak melalui Hot EF yang bekerja pada situasi afektif. Tipe penelitian ini adalah eksperimental dengan melibatkan 62 partisipan berusia 4-6 tahun di area Jabodetabek yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi daring dengan pendekatan Attention Training Technique yang dimodifikasi menggunakan konsep Hot EF berupa kegiatan mendengarkan suara selama 15 menit untuk mendapatkan hadiah, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Dilakukan pengukuran pretest dan posttest pada kelompok eksperimen maupun kontrol pada aspek Hot EF dan regulasi diri. Hasil uji analisis ANCOVA menunjukkan intervensi mampu meningkatkan kemampuan Hot EF anak yang diukur menggunakan Gift Delay Task, namun belum mampu meningkatkan kemampuan regulasi diri yang diukur menggunakan Self Regulation Questionnaire. Dengan demikian, penelitian ini memperluas referensi intervensi berbasis fungsi eksekutif yang dapat meningkatkan kemampuan Hot EF anak prasekolah.

Self regulation become one of the most needed skills in children to prevent the development of behavioral problems. Executive function as a basic component generally targeted for intervention to optimize self regulation abilities. During COVID-19 pandemic, children face challenges on the situation that involves emotion and motivation to make a decision. However, there has been no research so far that improve self regulation in the context of affective situation. The aim of this research is to optimize preschoolers’ self regulation through Hot EF that works on affective situation stimuli. This experimental research involves 62 participants at 4 to 6 years old age around Jabodetabek that were separated into two groups (experiment and control). The experiment group received an online Attention Training Technique-based intervention that modified by Hot EF concept. Participants were asked to listen to a 15 minute sound in order to get the reward. Besides, the control group didn’t receive any treatment. Measurement of Hot EF and self regulation was taken before (pre-test) and after the treatment (post-test). ANCOVA results showed that intervention were able to improve participant’s Hot EF ability as measured using the Gift Delay Task. However, there were no significant differences on participant’s self regulation as measured using Self Regulation Questionnaire. In conclusion, this research broadens research on executive function-based intervention that can improve Hot EF preschoolers abilities."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>