Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2950 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ashford, Norman J.
New York: Wiley, 1992
629.136 ASH a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ashford, Norman J.
New York: John Wiley & Sons, 1984
629.136 ASH a (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mush`ab Abdu Asy Syahid
"Bandar udara internasional Soekarno-Hatta yang berlokasi di Tangerang, Banten menjadi arsitektur transport hub utama di Indonesia yang mengadakan interaksi global-lokal antardaerah lokal dan internasional. Kekeliruan berulang mengenai letak tapak bandara yang dianggap berada di Jakarta menjadi awal isu penelitian ini. Tesis ini berusaha menggali fenomena sejarah pembangunan arsitektur di Tangerang dengan menggunakan model kerangka teori pusat-pinggir dalam lingkup studi pascakolonialisme. Fokus studinya mencakup bagaimana relasi kuasa pada negara kolonial colonial state dan negara pascakolonial postcolonial state membentuk mekanisme ruang dan identitas melalui pembangunan arsitektur dan teknologi modern.Dengan menggunakan model pusat-pinggir, penelitian ini memaparkan bahwa pembangunan terminal keberangkatan I II bandara Soekarno-Hatta bertendensi untuk merepresentasikan budaya dan identitas nasional, serta menampilkan posisi Tangerang sebagai margin. Hal ini diperkuat dengan hadirnya oposisi biner pada pembentukan ruang kota dan arsitektur di Tangerang, seperti jalinan wacana dan praktik kolonial-pascakolonial, regulasi pusat-daerah yang menempatkan Tangerang sebagai pinggir ibukota Jakarta. Didukung oleh penggalian arsip dan studi kartografi masa kolonial-pascakolonial, tesis ini juga menunjukkan keterkaitan paradigma pembangunan ldquo;modern rdquo; di Tangerang masa kolonial dengan masa Indonesia pascakolonial. Adanya teknologi bandara di daerah juga menghadirkan fenomena ldquo;pusat baru rdquo;, di sisi lain berdampingan dengan ldquo;pinggir lama rdquo;. Pertemuan arus global dan peran lokal selama pembangunan-pembangunan di wilayah pinggir mengaburkan teritorialitas.Tesis ini menyimpulkan bahwa bandara Soekarno-Hatta menjadi representasi dari kecenderungan Orde Baru sebagai pusat untuk membentuk tradisi nasional di wilayah pinggir. Di sisi lain, dengan hadirnya teknologi transportasi dan arsitektur modern umumnya mampu menjadi alat yang turut memengaruhi perkembangan dan dinamika konfigurasi pusat-pinggir di dunia yang semakin cair, meleburkan yang global dan yang lokal. Hal ini terkait dengan bagaimana pembentukan paradigma berpikir pemerintah, arsitek dan masyarakat dalam merancang dan merencanakan pembangunan arsitektur dan ruang kota secara umum di negara pascakolonial.
Soekarno Hatta international airport which is located in Tangerang, Banten is the Indonesia rsquo s main transport hub architecture that provides global local interactions locally and internationally. The initial research issue begins with the case of repetitive misspelling about the airport site location which often emerges as it was perceived located in Jakarta. This thesis is trying to offer fresh view to dismantle the phenomena of history of architecture and urban space development as built environment in Tangerang by the framework of center periphery in postcolonial study. This research focuses on how power relations in colonial state and postcolonial state work to produce spatial mechanism and national identity through the development of modern infrastructure and technology.By concerning centre periphery model configuration, I describe and analyze the planning and desgin development of departure and arrival terminal I II of Soekarno Hatta to represent national identity and culture to display Tangerang as margin. Binary opposition had existed within history of colonialism and political construction of archtiecture and urban space in Tangerang, the discourse and practices of colonial postcolonial, center core region relationship, and global nexus force local agency. Archival and cartography throughout the colonial and postcolonial history, I show the interrelationship of ldquo developmental rdquo paradigm in Tangerang within colonial and postcolonial era. The presence of airport infrastructure in region also provides as catalyst to develop new ldquo centre rdquo , surrounding with the ldquo old periphery rdquo . Modern development and global local intermingling also blur the territoriality and duality of centre and periphery.This thesis conclude that Soekarno Hatta airport becomes a cultural representation from New Order tendency as a centre to create national identity through cultural tradition in space of periphery. The presence of transportation technoloty and modern architecture generally become significance tools in empasizing and developing the relationship of centre periphery configuration and melt between the global and the local. This is also related with how the paradigm of power relation between government, architect and society are constructed in designing and planning their architectural and urban space in the postcolonial state."
2017
T48399
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Basuki Heru
Bandung: Alumni, 2000
387.73 HER m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Purbantoro
"ABSTRAK
Bandara Soekarno - Hatta merupakan salah satu bandar udara yang berada dibawah pengelolaan PT. (Persero) Angkasa Pura II, dimana Bandara Soekarno - Hatta mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga beban tugas dan tanggung jawabnya sudah sangat berat, maka sudah selayaknya Bandara Soekarno - Hatta dijadikan sebagai kantor cabang.
Mengacu risalah rapat umum pemegang saham perusahaan Perseroan PT. Angkasa Pura II pada tanggal 30 Desember 1995 disebutkan bahwa struktur organisasi perusahaan diarahkan menjadi organisasi kantor pusat dan cabang termasuk Bandara Soekarno - Hatta.
Berdasarkan acuan tersebut diatas, maka dilakukan perancangan organisasi Bandara Soekarno - Hatta yang pada intinya, untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh Bandara Soekarno - Hatta dalam membentuk organisasi kantor cabang dan faktor-faktor pendorong dan penghambatnya. Atas dasar hal tersebut maka perancangan organisasi Bandara Soekarno - Hatta dilakukan dengan tujuan untuk mendukung pembukaan kantor cabang Bandara Soekarno - Hatta.
Untuk mendukung dalam perancangan organisasi tersebut digunakan kerangka pemikiran dengan memakai teori organisasi dan pendukung lainnya yang berhubungan dengan perancangan organisasi Bandara Soekarno - Hatta.
Penelitian yang dilakukan bersifat analisis deskriptif dengan menggunakan metode survei, penelitian analisa pekerjaan dan aktivitas serta penelitian perpustakaan dan dokumenter.
Adapun perusahaan yang menjadi obyek penelitian adalah Bandara Soekarno - Hatta yang hergerak dibidang jasa kebandarudaraan.
Berdasarkan hasil penelitian dari perancangan organisasi Bandara Soekarno - Hatta, diketahui bahwa adanya perampingan struktur organisasi di lingkungan Bandara Soekarno - Hatta.
Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa perancangan organisasi Bandara Soekarno - Hatta merupakan faktor yang penting dalam suatu perusahaan, hal ini berkaitan dengan pembukaan kantor cabang tersebut. Untuk itu dapat diklasifikasikan Bandara Soekarno - Hatta sebagai pelaksana operasional, sedangkan kantor pusat sebagai perencana.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rao, G. Venkatappa
New Delhi: Tata McGraw-Hill, 1992
629.136 RAO a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Rafli Hakim
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) di Bandara Soekarno-Hatta dengan mengatasi inefisiensi operasional melalui pendekatan yang sistematis. A-CDM yang diimplementasikan sejak tahun 2021 di Bandara Soekarno-Hatta, belum mencapai potensi optimalnya karena implementasinya masih terbatas pada beberapa area operasional. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini menggunakan kombinasi metode analytic hierarchy process (AHP), VIKOR, importance-performance analysis (IPA), dan business process re-engineering (BPR). AHP digunakan untuk menentukan bobot prioritas kriteria pada dimensi operasional, penumpang, biaya, regulasi, dan sumber daya. VIKOR mengevaluasi solusi alternatif dengan mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi saat ini. Temuan dari VIKOR diintegrasikan ke dalam IPA untuk mengklasifikasikan area yang memerlukan perbaikan prioritas, sementara BPR digunakan untuk merancang ulang proses untuk meningkatkan efisiensi dan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, termasuk pengurangan waktu siklus dan inefisiensi operasional sehingga kerangka kerja A-CDM yang diusulkan dapat menjadi referensi dalam meningkatkan proses pengambilan keputusan di bandara secara global.

This study aims to optimize Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) at Soekarno-Hatta Airport by addressing operational inefficiencies through a systematic approach. Implemented since 2021, A-CDM at Soekarno-Hatta Airport has yet to reach its full potential, as its application remains limited to certain operational areas. To overcome this, the study employs a combination of methods, including Analytic Hierarchy Process (AHP), VIKOR, Importance-Performance Analysis (IPA), and Business Process Re-engineering (BPR). AHP is utilized to determine priority weights for criteria across operational, passenger, cost, regulatory, and resource dimensions. VIKOR evaluates alternative solutions by identifying gaps between ideal and current conditions. The findings from VIKOR are integrated into IPA to classify areas requiring prioritized improvements, while BPR is used to redesign processes to enhance efficiency and collaboration. The results indicate significant improvements, including reduced cycle time and operational inefficiencies, making the proposed A-CDM framework a valuable reference for improving decision-making processes at airports globally. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Contents :
- Preface
- The Use of Ion Exchange Compounds as Corrosion Inhibiting and Sensing
Pigments in Organic Coatings
- A Novel Self-Priming Coating for Corrosion Protection
- SVET Investigations of Protection Mechanism of Mg-rich Primer on Al 2024
- Development of Ni-Si-Nb APS Coatings for Sulfuric Acid Resistance
- Salt Fog Corrosion Testing of Al-Y-Co based Nanocrystalline and Amorphous
Coatings Produced by Atmospheric Plasma Spray
- Advancements In Artificial Heart Valve Disks Using Nanoscale Thin Films
Deposited By CVD and Sol-gel Techniques
- Nucleation Studies of Pulsed Bias Enhanced CVD on Biomaterials
- Machining Cancellous Bone Using Coated Cutting Tools
- Novel Diamond Coated Burs for Dental Drilling Applications
- Immobilization of Doxorubicin on Surfaces of Plasma Synthesized C/Fe and
C/Fe/N Magnetic Nanoparticles for Targeted Drug Delivery
- Developments in CVD of Dental Tools - Aspects of Deposition and
Characterization
- Experimental and Gas-Phase Modeling of Nanocrystalline Diamond Films Grown
by Hot Filament Chemical Vapor Deposition
- Deposition of Polycrystalline Diamond Films on High Speed Steel Using TiN
Interlayers
- Micro/Nanotribological Behavior of Interfaces in Total Replacement Joints
- Effect of Gas Composition on Sputtered TiCN Coatings
- MAX, an Innovative Solution for Measuring Stresses in Hard-to-Access Locations
- Surface Engineering for Improved Tribological Properties of Forming Tools
- Influence of High Pressure Water-Jet Assisted Turning on Surface Residual
Stresses on Ti-6AL-4V Alloy by Measurement and Finite Element Simulation
- Optimization of Thermally Sprayed Metallic Nanocomposite Coatings
- Self-Protective Boronizing Paste for Surface Treatment of Steel and Cast Iron
- Tribological Behaviour of Diamond/HSS Couple : An Experimental and Numerical
Study
- Creation of Various Diffusion Protective Coatings on Steel Parts by New
Scanning Liquid Induction Carburizing (LINCARBTM) Technology
- Effect of Nickel Nano-Interlayers on the Property of CrN Coated Steels
- Pulsed Electrodeposition of Organofunctional Silanes for Imroved Corrosion
Protection of Aluminum Alloys
- Microstructure and Process Induced Residual Stresses of Laser Clad CPM-9V
and CPM-10V Tool Steels
- Plasma Modification of Rutile TiO2 for Improved Photoreactivity
- New Effective and Inexpensive Patented Method for Rapid Creation of Corrosion
Resistant Surface Layer on Inexpensive Iron-Based Alloys
- A quest for a Protective Liner Against Steam Oxidation at High Temperature.
- Development of a Novel DC Plasma Source for Coating and Surface Modification
Under Atmospheric Pressure.
- A Comparison of EBPVD and Thermal Spray Thermal Barrier Coating Systems
- New & Affordable Technical Solutions for Turbine Component Coatings
- Investigation of Micro/Nanoscale Friction Behavior of Grafted Poly-
(Nisopropylacrylamide) on Silicon
- Nanotribological Properties of Nanocomposite CrBN and TiBN Thin Films
- P.R.I.M.E. Surface Coating - A Novel Technique of Applying Thick Ceramic
Coatings
- Development and Characterization of Near Friction Less Carbon Coatings using a
Large Area Filtered Arc Deposition System
- Friction and Wear Characteristics of a Modified Composite Solid Lubricant
Plasma Spray Coating
- Hybrid Deposition Methods for Nanocomposite Coating Growth
- Deposition of Nanocrystalline Diamond Using A New Film Growth Regime
- Nano-engineered, Nanocomposite PVD Coatings for Superior Tribological
Properties
- Magnetron Sputtered Nc-TiC/a-C Nanocomposite Coatings: Processing,
Characterization and Properties
- Effect of Substrate Bias on Sputtered TiN Coatings
- Greening of Cleaning: Renewable Feed-Stock Alternatives in Surface Cleaning
Bio-Based Alternative Solvents: How Well Do They Work
- Review of Thermally Sprayed Thermal Barrier Coatings
- Initiation and Growth of Delamination Cracks in Vacuum Plasma Sprayed
Thermal Barrier Coatings
- Thermal Conductivity of Plasma and EBPVD Thermal Barrier Coatings
- Laser-based Inspection of Thermal Barrier Coatings
- Study of the Relationships Between Processing Parameters, Microstructure and
Properties of Ni-Based Plasma Sprayed Thermal Coatings
- Sinter-Brazing of Carbides to P/M Steel
- The Surface Morphology of Rubber Compounds Studied by AFM
- Side Laser Cladding Deposition and Residual Stress in a Co-based Layer on
Steel
- Characterization of (111) and (100) Textured CVD Diamond Sheets Using FTIR
spectroscopy
- Growth and Characterization of N-doped Polycrystalline Diamond Films
- Author Index
- Keyword Index "
Materials Park, Ohio: ASM International, 2005
e20442577
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Indah Susilowati
"Penelitian ini akan membahas mengenai fungsi apa yang dapat diintegrasikan kedalam Proyek Soekarno-Hatta International Airport Rail Link untuk meningkatkan daya saing proyek, risiko utama apa yang paling mempengaruhi nilai investasi dari proyek tersebut serta cara memitigasi risiko utama tersebut. Fungsi yang dapat diintegrasikan pada proyek SHIARL adalah adanya integrasi dengan proyek MRT dan Tunnel pengendali banjir serta utility shaft yang akan mengurangi permasalahan perkotaan yaitu kurangnya aksesibilitas, kemacetan dan banjir. Fungsi-fungsi tersebut diilustrasikan pada FAST Diagram. Selanjutnya dicari risiko utama dari proyek tersebut akibat penambahan fungsi. Setelah didapatkan risiko utama maka selanjutnya dilakukan mitigasi terhadap risiko tersebut.Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey kuisioner, survey kuesioner dilakukan sebanyak dua kali. Kuesioner pertama untuk mengidentifikasi fungsi-fungsi tambahan apa yang dapat diintegrasikan pada proyek SHIARL. Kuesioner ke dua adalah untuk mencari risiko dominan pada proyek tersebut. Lalu dilakukan validasi pakar untuk mendapatkan rekomendasi mitigasi risiko tersebut.

This research will discuss about functions that can be integrated into Soekarno-Hatta International Airpor tRail Link project in order toenhance project competitiveness, the major risks that mostly affect the investment value of the project as well a show to mitigate these major risks. Functions that can be integrated on SHIARL project are the integration with MRT project and Tunnel flood contrlo,and also utility shafts that will reduce urban problems to include the lack of accessibility, congestion and flooding. The functions are illustrated in FAST Diagram. Subsequently, the major risk of this project due to the addition of functions will besought. Having obtained the major risks, the mitigation is done towards these risks. The data collection is done using questionnaire survey, where it was conducted twice. The first questionnaireis to identify what additional functions that can be integrated in the project SHIARL. The second questionnaire is to look for the dominant risk in the project. Expert validation is then conducted in order to get the risk mitigation recommendations.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T38671
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>