Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9760 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Barabanov, N.
Moscow: Peace, 1973
623.84 BAR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Januar Diniarto
"Penelitian kekuatan material laminasi untuk lambung kapal pinisi adalah sebuah pembahasan ilmiah yang menarik untuk mendapatkan material alternatif yang baru yang dapat diaplikasikan untuk lambung kapal pinisi. Dengan metode laminasi ini sangat memungkinkan sebagai pengganti kayu, karena dengan laminasi, selain memiliki kekuatan yang lebih baik dan mudah didapat juga harga yang lebih murah dibandingkan kayu. Dengan pertimbangan material laminasi ini masih jarang digunakan pada kapal, maka diperlukan pengujian terhadapat material tersebut. Penelitian kali ini dilakukan untuk melihat karakteristik mekanik dan mengevaluasi penggunaan material laminasi.
Adapun uji yang dilakukan meliputi uji tarik dan uji lentur yang di uji di laboratorium untuk melihat kekuatan tarik, modulus tarik, kekuatan lentur dan modulus lenturnya. Hasil Pengujian dari pengujian tarik didapat nilai tensile strength kayu laminasi 7,316 MPa, fiber laminasi 93,9167 MPa dan bambu laminasi 56,583 MPa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa material laminasi yang memiliki nilai terdekat dengan nilai yang ada pada peraturan BKI dan Germanisher Lloyd adalah fiber laminasi.

The research strength of laminated material for hull pinisi is an interesting scientific discussion to get a new alternative materials that can be applied to the hull pinisi. With lamination method is very possible as a substitute for wood, due to the lamination, in addition to having a better strength and easy to obtain also the prices are cheaper than wood. With consideration of these laminate materials are rarely used on ships, the required testing terhadapat material. Research time was carried out to see the mechanical characteristics and evaluate the use of laminated materials.
The test was conducted on the tensile and bending tests in the laboratory test to see tensile strength, tensile modulus, flexural strength and bending modulus. The test results obtained from tensile testing tensile strength values of wood laminate is 7.316 MPa, fiber laminate is 93.9167 MPa and bamboo laminate 56.583 MPa. The test results showed that the laminate material that has a value closest to the existing value in the BKI regulations and Germanisher Lloyd is fiber laminate.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S52166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnu Purno Aji
"Graben merupakan struktur utama yang mendominasi di Laut Utara bagian utara. Pada penelitian ini terfokus pada formasi Statfjord yang berada pada North Viking Graben. Formasi tersebut diendapkan pada zaman Triassic akhir sampai Jurassic awal. Lapisan ini berupa sedimen batupasir. Karakterisasi reservoar pada lapisan tersebut akan dilakukan dengan integrasi analisa atribut seismik dan inversi seismik. Analisa atribut seismik dilakukan guna mengidentifikasi batas lapisan, yang diindikasikan dengan adanya perbedaan antara dua lapisan dan inversi seimik dilakukan untuk memperlihatkan akustik impedansi yang berguna untuk mengetahui karakteristik lapisan. Kedua atribut amplitude seismik dan impedansi akustik diharapkan dapat menginvestigasi reservoar secara lengkap. Berdasarkan hasil intepretasi dan analisa dari atribut seismik dibangun model geologi. Hasil pemodelan geologi dapat digunakan sebagai dasar untuk merlakukan perhitungan volume reservoir dengan metode volumetrik. Pada penelitian ini didapatkan hasil berupa peta distribusi porositas dengan besar nilai porositas sebesar 0,125 ndash; 0.225 dan peta distribusi volume hidrokarbon dengan besar volume sebesar 186 106 sm3.

Graben is the dominant main structure in the northern North Sea. The study area is located on North Viking Graben. In this study focused on the formation of Statfjord. The formation was precipitated during the late Triassic until the early Jurassic. This layer is a sandstone sediment. The reservoir characterization of the coating will be done by integration of seismic attribute analysis and seismic inversion. Seismic attribute analysis is performed to identify the boundary layer, which is indicated by the difference between the two layers and the inversion seimik done to show the acoustic impedance which is useful to know the characteristics of the layer. Both attributes seismic amplitude and acoustic impedance are expected to investigate the complete reservoir. Based on the results of interpretation and analysis of the seismic attribute will be built geological model. The results of geological modeling can be used as a basis for treating reservoir volume calculations by volumetric methods. In this research, the results obtained in the form of porosity distribution map with a large porosity value of 0.125 0.225 and STOIIP distribution map with a large reservoir volume of 186 106 sm3.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2017
T47678
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andes G. Hadi S.
"Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai potensi besar dalam memajukan industri kemaritiman sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian negara. Kondisi sungai yang besar sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam mendistribusikan hasil kekayaan alam yang berasal dari pedalaman menuju pesisir pantai, dan selanjutnya akan diangkut melalui laut. Pelaksanaan sistem transportasi sungai di Indonesia saat ini sedang berkembang. Banyaknya pilihan dalam menciptakan alat transportasi sungai, adalah dasar dari pembuatan skripsi ini dalam menganalisa dan merancang alat angkut sumber daya alam yang efisien melalui sungai. Tongkang yang biasa ditarik oleh sebuah kapal Pusher Tug merupakan alat angkut transportasi sungai yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Namun, kelemahan pada sistem alat angkut ini adalah sistem sambungan yang kurang efektif dan berakibat buruk pada manuver kapal. Salah satu solusinya adalah tongkang didorong oleh sebuah Pusher Tug dan menjadi sebuah kombinasi Pusher Barge. Proses penyambungan pusher barge ini dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam melakukan proses sambungan, nyaman, cepat, dan efektif. Sambungan ini kemudian dihitung untuk mendapatkan nilai pembebanan yang terjadi akibat gaya yang timbul oleh gelombang sungai. Gaya tersebut adalah gaya enam derajat kebebasan yang selanjutnya menjadi dasar dalam menentukan batas suatu material bahan yang akan digunakan untuk proses sambungan pusher barge.

Indonesia as an archipelago country has a large potential of maritime industry as one way to increase its economi. Big rivers has been used as an alternative way to distribute the yields of natural sources from the rural area to the coastal area, then carried by the sea. The implementation of river transportation system in Indonesia is developing vastly. Various choices in creating river transportation facility is the base of this thesis to arrange, analyze, and design an efficient facility to carry the natural sources through river. Barge that is pulled by a boat is the most used in river transportation in Indonesia nowadays. But this carrying system has many weakness aspecially in its connection system that has bad effect for the ships's maneuver ability. Barge being pushed by a pusher tug is one of the solution. The connecting process of this pusher barge is designed advancely, so the connecting process can be done easily, comfortably, quickly, and effectively. Then this connection/joint is using calculated to get its force value that appeared because of the river's wave. Using six degrees of freedom as the basic determation limits."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38707
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anderson, Desmond
"Meningkatnya volume perdagangan ternak hidup antar negara di dunia, khususnya sapi, berdampak besar terhadap armada cattle carrier sebagai kapal pengangkut ternak lintas negara. Selain keharusan untuk menambah jumlah armadanya, ruang muat pada cattle carrier juga harus dirancang seideal mungkin agar selama dalam pelayaran sapi tidak mengalami stress, cedera atau hal-hal lain yang dapat menyebabkan nilai jual muatannya menjadi turun akibat menurunnya kualitas daging. Maka untuk itu, terlebih dahulu perlu diketahui kondisi fisik sapi seperti berat rata-rata, konsumsi pakan dan air, kotoran, dan mempelajari sisi psikologis seperti suhu dan perilakunya dalam kawanan, agar dapat membuat rancangan dari jalur masuk dan keluar, konstruksi kandang yang berbentuk diagonal, lantai anti slip, ruang pakan, ventilasi, kelistrikan, tangki air dan tangki kotoran, yang nyaman buat sapi. Selain itu, hal-hal seperti perlunya ruang karantina, untuk sapi yang sedang cedera, hamil, atau kemungkinan penyakit hewan yang dapat menular ke sapi lain atau manusia, juga menjadi faktor penting dalam merancang ruang muat cattle carrier.

Increasing of livestock trading volume between country ini the world, especially for cattle, has make impact to cattle sarrier units as cross country livestock ship. Beside the quantity of transportation units must be upgraded, the design of catle carrier cargo hold must be ideal so cattle not get stress when shipping, injured, and oyhers, which can make the decreasing of cargo value as meat quality. So first, cattle,s phisic condition must be known, include average weight, food and water consumption and its habbit in group, to make a design of of lanes system, diagonal pens construction, non-slip flooring, food room, ventilation, electrical, water and septic tank, which can make cattle comfort. Otherwise, carantine room for injured, pregnant cattle or probability of animal desease that can influence to other cattle or human, also be an important factor to design the cattle carrier cargo hold."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52196
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nersesian, Roy L.
Oklahoma: PennWell, 1981
387.5 NER s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bai, Yong
Oxford: Butterworth-Heinemann is an imprint of Elsevier, 2016
627.98 BAI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lubbock, Basil
London: Hennel Locke, 1958
910.09 LUB r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lubbock, Basil
London: Hennel Locke, 1958
910.09 LUB r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Taranath, Bungale S.
New York: McGraw-Hill, 1988
624.17 TAR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>